Ingat, Motor Injeksi Bukan Berarti Bebas Perawatan! Jangan Lupa Cek Bagian Ini
Harry · 26 Agu, 2021 13:00
0
0
Dulu saat peralihan motor karburator menjadi injeksi, ada anggapan kalau motor injeksi itu bebas perawatan. Ini karena salah persepsi masyarakat yang menganggap minim perawatan artinya bebas perawatan.
Padahal motor injeksi tetap perlu dirawat, namun memang ada sedikit beda proses ketika melakukan servis. Waktu untuk servis motor injeksi pun juga lebih singkat karena tak perlu bongkar karburator lagi.
"Dengan teknologi injeksi yang digunakan pada sepeda motor, membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen supaya kondisinya tetap bagus," ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha Palembang-Bengkulu, PT. Thamrin Brothers.
Sebagai pengganti karburator, throttle body ini menjadi komponen yang mengatur debit masuk udara menuju ruang bakar. Dan terkadang, masih ada saja partikel debu yang tak tersaring filter udara, yang mengendap pada komponen ini.
2. Injector
Piranti yang menyemprotkan bahan bakar ini rawan kotor dan mampat karena lubangnya yang sangat kecil. Semprotan injector normal akan halus seperti embun, sehingga campuran dengan udaranya lebih presisi.
Disarankan untuk melakukan perawatan injector setiap 10.000 km dan kelipatannya. Bengkel resmi Yamaha memiliki alat khusus berupa injector cleaner, yang mampu merontokkan kotoran membandel.
3. Kuras Tangki
Meski sudah ada filter bensin, namun tangki bahan bakar tetap perlu dikuras. Selain karena kotoran, kuras tangki untuk mencegah adanya air yang juga bisa menyebabkan tangki berkarat dan bocor.
4. Fuel Pump & Filter
Selain membersihkan kedua komponen tadi dari partikel kotoran, juga bisa sekaligus memeriksa kinerjanya. Pastikan tekanan fuel pump dalam kondisi normal, jika tekanannya menurun bisa menyebabkan mesin loyo.
Filter bensin tentu bisa diganti jika sudah sangat kotor, toh harganya pun tak begitu mahal. Filter yang sudah sangat kotor akan membebani kinerja fuel pump.
5. Filter Udara
Karena udara untuk pembakaran haruslah bersih, maka filter udara haruslah rutin diganti. Kinerjanya sebagai garda terdepan menyaring partikel debu agar tak menyumbat beragam sensor pada sistem injeksi motor.
Selain 5 komponen tersebut, jangan lupa untuk rutin mengganti oli mesin sesuai petunjuk pabrikan. Walau motor injeksi, tetap butuh perawatan kok, tentunya supaya menjaga kinerja mesin tetap optimal dan awet.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil