Jadi supersport terbaru Yamaha.
Pakai mesin 3 silinder segaris.
Berbasis Yamaha MT-09.
Gantikan R6 untuk balap tahun depan.
Beberapa waktu lalu Yamaha resmi mengenalkan R9 sebagai supersport terbarunya.
Motor yang diluncurkan di Eropa itu menggunakan basis mesin Yamaha MT-09 , dengan 3 silinder segaris.
Kehadirannya mengikuti tren pasar yang mana menghadirkan motor supersport yang lebih ramah lingkungan.
Motor ini pun akan menjadi andalan Yamaha Racing tahun depan untuk balap World Supersport (WorldSSP) menggantikan R6.
Dan siapa sangka, motor ini juga akan dipacu Aldi Satya Mahendra, pembalap Indonesia yang juara dunia balap World Supersport 300.
"Terima kasih utuk keluarga, penggemar dan juga tim BrCorse. Terima kasih untuk Yamaha Racing untu kepercayaanya saya melangkah balap WorldSSP tahun depan dengan R9," kata Aldi usai balap.
Lantas seperti apa detail dari motor Yamaha R9 ini?
Yamaha R9 hadir namun bukan sebagai pengganti R6, karena motor ini masih mempertimbangkan untuk penggunaan jalan raya.
Baca juga : Yamaha Kenalkan Varian Baru Fazzio, Harga Jadi Rp 21 Jutaan
Tawarkan performa dengan kesenangan berkendara.
Secara bentuk, Yamaha R9 tampil dengan bahasa desain R Series terkini, dengan penerapan winglet serta lampu depan tunggal.
Winglet pada motor ini pun terintegrasi dengan fairing, sehingga tidak terlalu lebar.
Paket aerodinamika ini mampu membantu pengendalian motor, terutama pada trek lurus kecepatan tinggi.
Bentuk tangkinya mirip dengan R1, Sedangkan buntutnya mirip dengan R7 bahkan R15 terbaru.
Mesin Crossplane Yamaha R9
Mesin Yamaha MT-09.
Dalam kondisi standar, Yamaha R9 dibekali dengan mesin 3 silinder segaris, Crossplane atau biasa disebut CP3.
Berkubikasi 890 cc, tidak ada yang berubah dari spesifikasi MT-09. Perbedaan ada pada mapping bahan bakar.
Kemudian ukuran gir belakang turun 2 gigi dari 45 menjadi 43, sehingga kecepatan bisa lebih tinggi.
Keluaran standar mesin ini pada Yamaha MT-09 yakni sekitar 120 PS dengan torsi menyentuh 85,4 Nm.
Punya setingan berbeda.
Mesinnya ini dirancang dengan menggabungkan performa trek balap dengan kemudahan motor jalan raya.
Transfer tenaga halus, dengan handling yang ringan dipadu perlengkapan elektronik berupa rider assistance canggih.
Baca juga : 1.000 Bikers Sambangi Maxi Yamaha Day di 3 Kota
Beragam Perangkat Elektronik
Mulai dari 6-axis IMU, Power Delivery Mode, Lean-sensitive Traction Control System, Slide Control System, Lift Control System (LIF).
Brake Control System, ABS Rear ABS off, Engine Brake Management, Back Slip Regulator, Launch Control.
Punya beragam komponen elektronik canggih.
Kemudian ada Yamaha Ride Control, preset and customizable settings Yamaha Variable Speed Limited, Cruise Control dan Smartphone connectivity.
Tentunya semua kelengkapan tadi akan ada seting ulang yang dilakukan oleh Yamaha Racing, untuk balap World Supersport.
Sasis dan Kaki-Kaki Yamaha R9
Spek balap dengan Ohlins dan Brembo.
Kalau banyak yang beranggapan motor ini adalah MT-09 yang dikasih baju, hal itu tidak sepenuhnya benar.
Rangka aluminiumnya dibuat dengan teknik berbeda, sehngga menghasilkan bobot yang ringan.
Suspensi dipasok KYB dengan tipe upside down dei depan dengan setelan high compression dan low compression.
Punya winglet, yang bantu aerodinamika di trek lurus.
Suspensi belakang mengandalkan monosok dengan setelan preload. Pengeremannya dimodali Brembo Stylema 4 piston ditiap sisi.
Ukuran cakram pun lebih besar, 320 mm berbanding 298 mm dari MT-09, lengkap dengan fitur ABS.
Tentunya akan ada sejumlah penyesuaian dan upgrade untuk Yamaha R9 yang dipakai balap World Supersport.
Baca juga : Jelajah Nusantara, Jadi Cara Yamaha Buktikan Ketangguhan NMax Turbo
Knalpot Akrapovic jadi andalan.
Yamaha Motor Europe Motorsport Research & Development telah mengembangkan Yamaha R9 sebagai paket balap.
Motor yang dipersiapkan selama setahun terakhir di markas mereka di Italia itu, dikembangkan dengan masukkan dan support dari Jepang.
Nantinya motor ini akan bertarung dengan Ducati Panigale V2, MV Agusta F3 hingga Triumph Street Triple , Kawasaki ZX-6R bahkan Honda CBR600RR .