IRC hadir sebagai salah satu pendukung acara Kawasaki Mandalika Experience
IRC MBR-110 terpasang di unit Kawasaki Ninja ZX-25RR dan Kawasaki Ninja 250
Soft compound dari IRC MBR-110 mumpuni melahap Sirkuit Mandalika
IRC Tire dengan ban IRC MBR-110 terbaru melakukan pembuktian dengan melahap Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Kawasaki Ninja ZX-25RR.
Melalui ajang Kawasaki Mandalika Experience pada Senin (30/7/2024),
PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC turut hadir sebagai salah satu sponsor acara.
Keikutsertaannya kali ini pun diperlihatkan melalui penggunaan ban IRC MBR-110 yang nyatanya cocok untuk motor sport 250 cc seperti Ninja ZX-25RR.
Ukuran Baru IRC MBR-110
"Kami bangga bisa menjadi bagian dari acara ini. Seperti kita ketahui, Kawasaki Ninja punya penggemar tersendiri dan cukup besar di Indonesia. Bertepatan juga dengan event ini kami menghadirkan IRC MBR-110 ukuran terbaru yaitu 150/60-17," kata Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk.
Ukuran tersebut menjadi opsi baru dari ban belakang IRC MBR-110 sebelumnya yang berukuran 140/70-17. Sementara untuk ban depan, disediakan ukuran 110/70-17.
Selain pilihan di atas, Dodiyanto mengatakan ban IRC MBR-110 ini memiliki keunggulan dalam hal perancangan. "Bannya didesain untuk harian, tapi sudah menggunakan soft compound. Jadi, sangat bisa untuk pemakaian di sirkuit," ungkapnya.
Lantas mengenai impresinya, tim Motofun Indonesia yang menjadi salah satu peserta Kawasaki Mandalika Experience mencoba secara langsung kombinasi 110/70-17 (depan) dan 150/60-17 (belakang) dari IRC MBR-110 yang dipasangkan kepada Ninja ZX-25RR maupun Kawasaki Ninja 250.
Performa Ban IRC MBR-110 di Sirkuit
"Sesuai dengan tagline-nya ban harian soft compound. Ban yang ditujukan untuk penggunaan harian tapi dibekali dengan kompon lunak, bisa langsung dipakai trackday," buka Fariz Ibrahim selaku perwakilan Motofun.
Lebih lanjut, Fariz mengapresiasi performa IRC MBR-110 setelah melahap Sirkuit Mandalika sekitar 20 lap.
"Dari segi kompon sama sekali gak ada masalah, sangat bisa mengakomodir bobot serta tenaga yang dihasilkan dari Ninja 250 maupun ZX-25RR. Motor punya cengkraman sangat maksimal meski dipacu melewati tikungan dalam kecepatan tinggi," paparnya.
"Overall bannya cukup mumpuni. Ini bisa terlihat dari hasil keritingnya atau tergerusnya kompon ban setelah digunakan trackday dengan kondisi cukup ngepush dengan para pembalap Motul Sniper Kawasaki ARRC kelas AP250," tambah Fariz.
Keberadaan IRC MBR-110 tentu saja bisa menjadi pilihan baru para bikers yang gemar melakukan track day. Dengan kata lain, giat tersebut bisa langsung dilakoni tanpa harus membeli ban khusus balap (slick tire).
Apalagi mengenai harga di mana IRC MBR-110 ini dijual cukup terjangkau. "Dibandingkan dengan kompetitor, mungkin selisihnya bisa setengahnya kalo mengacu kepada HET (harga eceran tertinggi)," pungkas Dodiyanto.
Sekadar informasi, PT Gajah Tunggal Tbk juga memproduksi IRC MBR-110 berdiameter 14 inci untuk pilihan motor matic seperti Honda Vario 160 maupun Yamaha Aerox 155. Ini daftar lengkap ukuran dan harga IRC MBR-110 (pricelist):
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!