Suzuki V-Strom 250 SX.
Harga barunya cuma Rp 59,5 juta.
Pajak tahunan tak sampai Rp 1 juta.
Motor CBU India.
Suzuki V-Strom 250 SX jadi motor touring adventure 250 cc yang paling terjangkau harganya saat ini.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melabeli motor tersebut dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta.
Suatu harga yang menarik, dikala para kompetitornya sudah bermain diangka Rp 70 jutaan bahkan Rp 90 jutaan!
Motor ini sendiri pertama kali dikenalkan pada ajang IMOS 2022, dengan status CBU dari India.
Pajak Tak Sampai Rp 1 Juta
Kembali pada bahasan utama, berapa sih pajak tahunan dari motor ini?
Ternyata tak sampai Rp 1 juta untuk kepemilikan kendaraan pertama ya.
Secara total untuk biaya BBNKB dan pajak kendaraan baru, maka biayanya mencapai Rp 5.197.500.
Baca juga : Suzuki Burgman 125 EX Siap Hadir di IMOS+ 2023?
Biaya tersebut terdiri dari BBNKB, PKB, SWDKLLJ, administrasi STNK dan administrasi TNKB.
Lantas untuk biaya pajak tahunannya, makanya besarannya Rp 690 ribu saja, tak sampai Rp 1 juta tuh!
Pajak tahunan cuma Rp 600 ribuan.
Tapi biaya tersebut juga ditambahkan dengan SWDKLLJ sebesar Rp 35.000 saja.
Sehingga total biaya yang harus dikeluarkan untuk pajak tahunan dari Suzuki V-Strom 250 SX ini sebesar Rp 725.000.
Murah!
Sekilas Suzuki V-Strom 250 SX
Suzuki V-Strom 250 SX tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal.
Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal.
Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun.
Motor terasa lincah dipakai.
Lalu ada short-style dual-exit muffler dan separate seat memberikan tampilan sporty bagi pengendara seperti yang diinginkan.
Suzuki V-Strom 250 SX tergolong punya fitur lengkap, dengan sematan rem ABS (anti-lock braking system) dua channel alias kedua roda.
Kemudian panel meter sudah full digital dengan tampilan negatif display, serta tersedia power outlet.
Baca juga : Part Motor MotoGP Suzuki GSX-RR Diecer, Sasisnya Cuma Rp 24 Juta!
Handguard pun sudah tersemat sebagai standarnya, dengan kualitas dan kekuatan yang lebih baik dari kompetitor.
Tangki 12 liter memungkinkan motor ini bisa melaju jauh, dengan sekali pengisian bahan bakar.
Berikutnya bobot motor ini pun terhitung ringan, yakni 167 kg saja, lebih ringan dari kompetitor macam Kawasaki Versys-X 250.
Mesinnya punya torsi kuat.
Perkara jantung pacu pun menarik untuk dibahas, mengingat motor ini mengusung mesin satu silinder dan berpendingin oli.
Spesifikasi mesinnya 40tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).
Mesin 249 cc tersebut mampu hasilkan tenaga 26,8 PS @9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm @7.300 rpm, via transmisi 6 percepatan.
Karakter mesinnya cenderung halus namun mengisi, sehingga tak liar dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh.