Jadi Motor Matic Bergaya Petualang, Siapa Kompetitor Honda ADV 160 2022?
Harry · 13 Jul, 2022 17:00
0
0
Kompetitor di Indonesia belum ada sampai saat ini.
Di pasar global banyak pesaing dari brand Tiongkok.
Sejak dikenalkan tahun 2019 lalu, Honda ADV 150 sukses menjadi pelopor motor matic bergaya petualang untuk versi mesin kecil. Motor ini pun menjalani debut globalnya di Indonesia.
Begitu pula ketika PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda ADV 160 2022, yang merupakan versi terbarunya pada awal Juli 2022 lalu. Indonesia lagi-lagi menjadi lokasi debut global untuk motor matic tersebut.
Posisi Honda ADV 160 berada di atas Honda PCX 160 dan Honda Vario 160 yang juga sama-sama masuk kategori matic premium. Pun soal mesin yang seluruhnya sudah menggunakan generasi terbaru eSP+ dengan kubikasi mesin lebih besar.
Harga Honda ADV 160 2022 kini dipatok Rp 36 juta untuk tipe CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System). Harga tersebut on the road Jakarta.
Banderolnya ini hanya naik tipis, sekitar Rp 300 sampai Rp 400 ribuan saja. Terhitung murah kenaikannya untuk segala perubahan yang didapatkan pada model barunya ini.
Jika tengah meminang Honda ADV 160 namun ingin melihat siapa kompetitornya sebagai perbandingan, di Indonesia sendiri produk ini masih melenggang sendirian. Dari pabrikan Jepang lain pun tak memiliki model motor matic bergaya petualang dengan kapasitas mesin setara.
Namun secara global, Honda mendapat perlawan dari sejumlah merek non Jepang dan mayoritas dari brand Tiongkok. Misalnya Dayang ADV 150 dan juga Lifan KPV 150.
Namun yang disebut tadi sedikit banyak justru meniru sosok Honda ADV 150. Tapi jika mau bersabar, bisa tunggu hingga akhir pekan ini, karena akan ada kompetitor yang bersaing langsung dengan Honda ADV 160 di Indonesia.
Motor itu adalah Aprilia SR GT 200 2022, yang sudah dikenalkan disejumlah negara Asia Tenggara. Berstatus produk CBU dari Vietnam, kami memprediksi harganya akan berada diangka Rp 60 jutaan.
Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Sebagai gambaran, Honda ADV 160 menawarkan desain bodi baru namun tetap menggunakan lampu depan-belakang lawas, sehingga nampak tak berubah banyak. Kemudian windshield punya lekuk baru dan ketinggian bisa diatur sampai 75 mm.
Panel meternya full digital negatif display, dengan informasi lengkap, dengan tambahan takometer, namun kalender hilang dan juga grafik bar konsumsi bahan bakar real time juga tak ada. Ukuran bagasi pun membesar jadi 30 liter.
Di atas kertas, mesin Honda ADV 160 mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari versi 150 cc.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil