window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin?

Fariz · 8 Jul, 2022 11:00

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin? 01

Kaki-kaki Honda ADV 160 2022 beda dengan ADV 150
  • Suspensi depan punya redaman yang lebih lembut
  • Pelek belakang berbeda pada bagian tengahnya
  • Suspensi belakang serupa namun punya redaman lebih keras

Honda ADV 160 2022 terlihat memiliki sedikit perbedaan pada eksterior, itu karena masih menggunakan desain lampu yang sama dengan Honda ADV 150. Padahal desain bodi  Honda ADV 160 2022 lebih kekar dan tegas.

Selain lampu yang sama, jika melihat kaki-kaki juga terlihat tidak ada perbedaan. Masih menggunakan model pelek palang 12 dengan lingkar 14 inci di depan dan lingkar 13 inci di belakang.

Suspensi depan yang digunakan juga masih sama, pakai model teleskopik. Begitu pula dengan suspensi belakang, pakai sepasang suspensi Showa dengan tabung peredam tambahan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Walau terlihat sama, tapi ternyata di area kaki-kaki ada sedikit ubahan diantara model baru dan model lama. Apa saja? Mari kita bahas!

Baca juga: Merasakan Mesin Baru Honda ADV 160 2022, Beneran Lebih Ngejambak?

Suspensi Depan

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin? 01

Meski fisik sama, tapi ada perbedaan damping pada suspensi ADV 160 2022

Menurut informasi yang didapatkan AutoFun.co.id, secara spesifikasi tidak banyak ubahan pada suspensi depan teleskopik Honda ADV 160. Itu berarti masih menggunakan diameter as 31 mm.

Lalu tetap dengan panjang travel 130 mm yang siap meredam jalur tidak rata dengan minimnya bottoming. Namun saat kami melakukan first ride, nyatanya suspensi depan terasa lebih lembut dibanding Honda ADV 150.

Sangat terasa ketika melakukan pengereman dan melewati obstacle polisi tidur, karakter damping suspensi depan begitu lembut. Bahkan bisa dibilang karakter redamannya hampir menyerupai suspensi motor sport.

Setelah ditelisik, ternyata memang ada perbedaan pada suspensi depan Honda ADV 160 2022. Bukan secara fisik, perbedaan justru ada pada bagian dalam suspensi yang membuat karakter redamannya berubah.

Baca juga: First Ride Honda ADV 160 2022, Asli Beda Banget Dari Versi 150 Cc!

“Suspensi depan lebih empuk. Karena ada perbedaan pada lubang suling shock depan, diameternya sedikit lebih gede sehingga sirkulasi lebih cepat. Kapasitas oli shock juga berubah lebih sedikit, dari 127 ml menjadi 125 ml,” sebut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Suspensi Belakang

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin? 02

Suspensi belakang ADV 160 dilengkapi ganjalan plastik

Masuk ke bagian belakang, secara fisik jelas kalau Honda ADV 160 2022 masih menggunakan sepasang suspensi Showa dengan sub tank warna emas. Per yang digunakan juga masih tipe progressive spring.

Di mana ulir per di sisi atas lebih rapat dan ulir bawah lebih renggang. Dengan begitu suspensi memberikan 2 karakter redaman. Redaman awal terasa lebih lembut dan redaman tengah hingga amblas akan terasa lebih keras.

Informasinya panjang suspensi Honda ADV 160 masih sama dengan Honda ADV 150, itu berarti panjang suspensi belakang tetap 395 mm dengan travel suspensi 120 mm. Tapi jika dilihat lebih dekat, ternyata ada sedikit perbedaan secara fisik.

Baca juga: Antrean Honda ADV 160 2022 Sampai 2 Bulan, Nih Cara Biar Dapat Lebih Cepat

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin? 03

Suspensi belakang ADV 150 tidak dilengkapi ganjalan plastik

Terlihat di sisi bawah ada plastik yang mengganjal pada per, plastik ini tidak ada pada suspensi belakang Honda ADV 150. Dan ternyata terpasangnya plastik ini memang ada tujuan serta fungsi.

“Panjang suspensi sama, hanya saja dibuat lebih keras. Makanya ada plastik tambahan di bawah itu buat menekan per. Tujuannya biar imbang dengan kenaikan berat 2 kg pada Honda ADV 160.”

“Apalagi kan torsi mesinnya lebih besar, jadi traksi akan lebih baik ketika suspensi lebih keras, karena kalau empuk tentu jadi ngayun. Gak perlu khawatir terasa keras, karena kan bobot motor naik 2 kg. Jadi rasanya gak beda jauh dengan generasi sebelumnya,” rinci Endro.

Pelek Belakang

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin? 04

Sisi tengah pelek ADV 160 2022 lebih besar, menyesuaikan rumah gearbox baru

Bagian kaki-kaki lainnya yang juga berbeda ada pada pelek belakang. Padahal pakai model palang, lebar, serta diameter yang sama dengan Honda ADV 150, kok bisa berbeda dengan versi barunya?

Baca juga: Simak 5 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Harga Naik Tipis Layak Dibeli?

Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin? 05

Sisi tengah pelek ADV 150 mengerucut menyesuaikan rumah gearbox

Ternyata jawabannya karena penggunaan mesin baru yang mana punya basic sama dengan Honda PCX 160 dan Honda Vario 160. Karena Honda Vario 160 masih ada versi rem belakang tromol, membuat adanya perbedaan pada rumah gearbox.

“Honda Vario 160 masih ada varian tromol, karena itu rumah gearbox lebih besar sebagai dudukan kampas rem. Beda dengan rumah gearbox Honda ADV 150 yang mengerucut.”

”Ini bikin sisi tengah pelek Honda ADV 150 dengan Honda ADV 160 berbeda. Sisi tengah pelek belakang Honda ADV 150 lebih kecil, sedangkan Honda ADV 160 punya sisi tengah yang besar menyesuaikan rumah gearboxnya,” tunjuk Reza Resdie, yang juga dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });