Kawasaki Stockman 2023 Punya Fitur Unik, Gak Ada di KLX230 Nih!
Fariz · 10 Jan, 2023 13:00
0
0
Memiliki fitur berbeda yang tidak ada di tipe lain
Dijual secara off the road
Apa saja fitur Kawasaki Stockman 2023? Sebelumnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kerap kali meluncurkan produk dengan konsep anyar di Indonesia. Pabrikan ini pernah menjadi pembukan kelas baru, seperti trail 150 cc, sport 250 cc 2 silinder, sport retro di kelas 175 cc, dan terakhir ini mendatangkan motor dengan tema agricultural bikes.
Motor tipe agricultural bikes sendiri sebenarnya bukan konsep sepeda motor baru, karena di beberapa negara motor ini sudah jadi motor umum, biasanya ada di negara-negara yang memiliki hutan atau pertanian yang luas seperti Australia dan New Zealand.
Kawasaki Stockman yang diluncurkan KMI pun ditunjukan untuk penggunaan di perkebunan, perhutanan, dan pertambangan yang tidak melewati kota-kota besar. Karenanya tidak heran kalau motor ini dijual secara off the road dengan harga Rp 57,5 juta.
Dengan konsep baru, ada beberapa hal unik dari motor dengan warna Green Olive ini. Berikut beberapa yang unik dari Kawasaki Stockman 2023.
Penahan Kopling
Pertama yang cukup aneh dan jarang ditemui pada motor-motor pada umumnya adalah adanya penahan untuk handle kopling. Ini bisa dioperasikan dengan mudah hanya dengan menggunakan jari telunjuk.
Fitur unik Kawasaki Stockman ini ternyata ditunjukan untuk memudahkan pengendaranya saat ingin parkir, dengan begitu pengendaranya tidak perlu mencari posisi neutral agar bisa memindahkan motornya. Karena ketika penahan handle kopling difungsikan, maka motor bisa dipindahkan meski tidak berada di posisi neutral.
Standar Kanan
Berikutnya hal unik di motor ini adalah adanya dua buah standar samping, sisi kiri seperti motor pada umumnya dan ada tambahan standar sisi kanan untuk Stockman. Dudukan standar kanannya berbeda dengan standar kiri, karena bertumpu pada swing arm bukan pada rangka utama.
Tujuan adanya standar kanan ini karena untuk memudahkan pengendaranya ketika ingin parkir di daerah dengan jalur yang tidak merata. Misal di sisi kiri jalurnya amblas, maka pengendara bisa menggunakan standar kanan untuk memarkirkan Stockman.
Front & Back Rack
Stockman mengambil basic dari KLX230S, namun ada beberapa komponen yang beda dari keduanya. Paling terlihat tentu saja ada front rack di depan lampu utamanya, front rack ini juga lengkap dengan penjepit untuk mengunci barang bawaan.
Di depannya terlihat ada stiker bertuliskan kalau front rack ini bisa menampung beban maksimal seberat 2 kg. Kemudian ada back rack yang cukup panjang hingga memakan sedikit ruang pada jok belakang.
Di bawahnya terdapat stiker peringatan kalau back rack ini bisa menopang beban maksimum 20 kg. Baik front rack maupun back rack menggunakan bahan besi yang cukup tebal dan kuat, dengan begitu tidak akan mudah patah asal sesuai dengan beban maksimumnya.
Banyak Protector
Karena akan digunakan di daerah dengan kondisi jalan yang tidak menempu, maka Stockman dibekali dengan banyak protector untuk melindungi saat terjatuh. Terlihat ada hand guard kanan dan kiri untuk melindungi tangan pengendara agar tidak terjepit saat jatuh.
Perlindungan berikutnya untuk bodi kanan dan kiri serta untuk bak kopling serta bak magnet agar tidak langsung terkena impact saat motor jatuh. Yang terakhir untuk melindungi mesin sisi bawah dari pentalan batu atau ketika melewati batu bahkan potongan kayu yang besar.
Hand guard dan crash guard dibuat menggunakan bahan besi tebal dan sangat kuat sedangkan engine guard di bawah pakai plastik tapi cukup tebal. Keuntungan pakai bahan plastik adalah lebih ringan dan lebih mudah meluncur saat tersangkut.
Sepakbor Lebar
Terakhir yang juga jadi fitur unik Kawasaki Stockman adalah dimensi sepakbor belakangnya yang lebih lebar dibandingkan KLX230 series lain. Basicnya sepakbor ini sama seperti milik KLX230 lain, tapi di sisi bawah terdapat plastik tambahan.
Plastik tambahan yang lebar ini dibaut pada lubang untuk pelat nomor. Lebarnya sepatbor belakang dimaksudkan agar lebih ampuh untuk menahan cipratan kotoran dari roda belakang, dengan begitu pentalan dari roda belakang tidak akan mengotori bodi maupun badan pengendara.