Kenali Penyebab Lampu Motor Bisa Rusak, Bahayakan Diri Sendiri dan Bisa Kena Tilang Lho!
Harry · 30 Jul, 2022 15:00
0
0
Hindari sering parkir di cuaca terik.
Periksa kondisi kelistrikan motor secara berkala.
Jika modifikasi, pastikan pengerjaan benar.
Lampu pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Tak hanya lampu utama saja, tapi juga lampu belakang, lampu rem dan lampu sein sebagai penanda arah jika hendak berbelok.
Bahkan kini lampu utama sudah otomatis menyala ketika mesin motor dihidupkan, ini menyesuaikan regulasi agar motor mudah terlihat saat siang hari. Bahkan jika lampu depan mati saat siang, bisa ditilang polisi.
Siang saja melanggar aturan, apalagi saat malam hari. Tanpa adanya lampu akan merepotkan saat perjalanan, dan juga membahayakan keselamatan sendiri dan pengendara lainnya.
Oleh karena fungsi dan peranannya yang vital, seiring usia motor yang bertambah, maka komponen kelistrikan juga ikut melemah. Tak jarang hal ini menyebabkan kondisi lampu menjadi tak maksimal.
Ada baiknya kenali dulu bermacam-macam penyebab lampu motor redup, seperti yang disampaikan Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) dalam keterangan resminya. Yuk disimak!
Jangan kemasukan air
Seperti kita ketahui, semua perangkat listrik tidak boleh terkena air. Hal tersebut dikarenakan air dapat menyebabkan terjadinya korsleting. Begitu pula dengan lampu pada sepeda motor. Kalian harus memastikannya bebas dari air.
Caranya dengan rutin mengecek kondisi batok penutup lampu sudah terpasang dengan baik. Pastikan pula tidak ada celah-celah yang berukuran cukup lebar di sela-selanya, terutama saat kondisi hujan lakukan pengecekan secara berkala.
Faktor utama dalam merawat lampu motor yaitu harus merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin. Berkendara dengan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan yang dapat membuat pelindung lampu atau batok motor rusak.
Memarkirkan motor di tempat teduh merupakan salah satu cara menjaga kondisi batok motor agar tidak cepat menguning dan dapat mengganggu penerangan lampu. Tahu sendiri, motor sering terjemur panas kerap membuat mika lampu retak-retak.
Modifikasi dengan matang
Pecinta motor kerap melakukan modifikasi pada motor kesayangan mereka, termasuk pada bagian lampunya. Dalam melakukan modifikasi ini, harus tetap memperhatikan jangan sampai modifikasi yang dilakukan justru mengakibatkan lampu motor Anda mati atau korsleting di bagian kelistrikan motor.
Jika melakukan retrofit, pastikan seal antara mika dan reflektor lampu sudah benar-benar terpasang rapat. Terkadang ada yang berembus lantaran ada bagian tak tertutup rapat seal.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil