Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh!
Harry · 10 Apr, 2021 17:00
0
0
Ada banyak sekali komponen kelistrikan pada sepeda motor yang berfungsi menunjang kinerja motor secara keseluruhan. Termasuk komponen sekring yang terdiri dari beberapa buah sekring untuk mengontrol komponen kelistrikan motor.
Sekring sendiri punya tugas untuk menjaga agar arus listrik tidak melewati batas kebutuhan motor. Jika suplai listrik berlebihan, maka sekring akan jadi komponen pertama yang putus, sehingga tak merembet pada komponen elektrik motor lainnya.
Sekring yang putus, bisa dilihat dari beberapa tanda dari komponen motor yang tiba-tiba menjadi tidak berfungsi. Apa saja kira-kira ya? Dilansir dari situs Wahana Honda, ini beberapa komponen yang tak berfungsi jika sekring putus.
1. Lampu Motor
Sekring lampu jika putus tentu arus listrik menuju lampu motor tidak ada, dan pastinya lampu jadi tak bisa menyala. Namun mesin motor tetap bisa nyala dan motor juga bisa dikendarai normal.
Hanya saja lampu motor yang tak bisa menyala akan membahayakan pengendara, karena tak bisa menerangi jalanan saat malam hari, bisa tak terlihat pengendara lain dari belakang dan tak bisa memberi isyarat lampu saat henadk berbelok.
Komponen satu ini ibarat alat komunikasi untuk sesama pengendara, tak mungkinkan teriak-teriak saat hendak keluar gang atau mencari perhatian pengendara lain? Nah inilah fungsi penting dari klakson.
3. Mesin Mati
Sekring motor terdiri dari beberapa buah, setiap sekring memiliki tugasnya masing-masing, termasuk adanya sekring untuk mesin dan sekring pengapian. Jika salah satu sekring taddi putus, mesin motor tak akan mau menyala.
Jika tiba-tiba motor mogok, pastikan periksa dulu sekring utama dan sekring pengapian tadi. Jika sekring masih bagus, baru periksa komponen motor lainnya seperti ECU, sepul dan lainnya.
Letak Sekring Motor
Umumnya sekring dijadikan dalam satu tempat khusus, ada yang posisinya di bawah jok, ada yang di balik bodi depan bahkan ada yang letaknya di balik cover bodi samping. Maka perhatikan letak sekring motor dengan seksama.
Untuk mengetahuinya bisa dengan membaca buku pedoman pemilik yang diberikan saat unit pertama kali diantar ke rumah. Ini untuk memudahkan Anda, jika ada kendala di atas, bisa langsung segera melakukan deteksi awal kerusakan dengan melihat kondisi sekring.
Sekring sendiri ada dua macam, yakni sekring model tancap yang untuk memasang and melepasnya hanya dengan ditarik. Ada pula sekring model tabung, yang biasanya dilindungi oleh cover plastik.
Harga Sekring
Sekring sendiri termasuk komponen slow moving, alias jarang bermasalah jika kelistrikan motor dalam kondisi standar. Kalau pun sekring putus, harganya pun tak terlalu mahal, hanya beberapa ribu rupiah saja.
Untuk mendapatkan sekring, bengkel motor baik bengkel resmi atau bengkel umum selalu menyediakan sekring. Baiknya siapkan stok sekring cadangan jika kelistrikan motor sudah berubah, atau ada tambahan komponen yang mengkonsumsi listrik.
Terkadang karena ketidaktahuan pemilik, motor yang tiba-tiba rusak akan langsung divonis untuk mengganti komponen yang harganya cukup mahal, seperti ECU atau sepul. Padahal penyebabnya hanyalah sekring yang putus.
Maka dari itu penting untuk mengetahui letak sekring motor dan membawa cadangan sekring bisa menjadi langkah awal mengetahui dan memperbaiki kerusakan komponen pada motor.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil