Honda Vario 125 meski mendapatkan update belum lama ini, namun soal mesin tidak banyak berubah, bahkan sejak pertama kali diperkenalkan.
Yamaha Lexi lebih bertenaga.
Masih menggunakan spesisfikasi silinder tunggal, 4 tak, SOHC 2 katup, fuel injection, pendingin cairan, dan tentu saja dengan teknologi eSP.
Diameter pistonnya 52,4 mm dan langkah 57,9 mm dengan perbandingan kompresi 11:1, dengan begitu kapasitas murni mesinnya menjadi 124,8 cc.
Klaim tenaga maksimal yang bisa digapai yakni 11,1 ps di 8000 rpm dan torsi maksimal 10,8 Nm pada 7.000 rpm.
Output tersebut kalah superior dibandingkan Yamaha Lexi yang punya spesifikasi satu silinder 4 tak, SOHC 4 katup.
Tidak lupa dengan teknologi VVA yang membuatnya punya karater mesin rata dari bawah, tengah hingga atas. Kemudian sudah fuel injection, pendingin cairan.
Mesin Honda Vario 125 tak banyak berubah.
Kapasitas murni mesinnya 124,7 cc yang dihasilkan dari kombinasi piston 52 mm dan langkah 58,7 mm, perbandingan kompresi yang dipatok cukup tinggi mencapai 11,2:1.
Dengan spesifikasi tersebut, maka tak heran jika punya klaim tenaga maksimal 11,9 ps di 8.000 rpm juga torsi maksimal 11,3 Nm di 7.000 rpm.
Soal Irit Honda Vario 125 2023 Unggul
Soal irit-iritan, keduanya cenderung punya angka yang sama. Kalau pun berbeda hanya tipis-tipis saja yang menurut kami tak berpengaruh signifikan.
Dari hasil pengetesan menggunakan bahan bakar oktan 92, untuk Honda Vario 125 bisa mencatatkan angka 44,5 km/liter berdasarkan info dari panel meter.
Honda Vario 125 lebih irit.
Kemudian untuk Yamaha Lexi, menorehkan angka 44,8 km/liter yang juga berdasarkan pengukuran dari angka pada panel meter.
Lho lebih irit Yamaha Lexi? Kalau dari MID betul, tapi kalau dengan pengukuran full to full, maka gacoan Honda lebih unggul.
Ini karena motor tersebut bisa mencatatkan efisiensi bahan bakar dengan angka 45,7 km/liter. Sedangkan Yamaha Lexi tercatat 43,5 km/liter. Bedanya tipiskan?
Secara performa Yamaha Lexi memang lebih unggul dari Honda Vario 125, dengan selisih 0,8 PS dan 0,5 Nm. Hal ini karena adanya teknologi VVA pada mesinnya.
Tapi soal efisiensi Honda Vario 125 lebih unggul meski tipis. Jadi kalau bis dikatakan performa dan efisiensi keduanya relatif masih mirip ya!
Data Spesifikasi
Yamaha Lexi
Honda Vario 125
Silinder tunggal, 4 tak, SOHC 4 katup, VVA, pendingin cairan, Blue Core
Tipe mesin
Silinder tunggal, 4 tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan, eSP
52 x 58,7 mm
Bore x stroke
52,4 x 57,9 mm
11,2:1
Rasio kompresi
11:1
124,7 cc
Volume silinder
124,8 cc
11,9 ps @8.000 rpm
Tenaga maksimal
11,1 ps @8.000 rpm
11,3 Nm @7.000 rpm
Torsi maksimal
10,8 Nm @7.000 rpm
90/90-14
Ban depan
90/80-14
100/90-14
Ban belakang
100/80-14
1.970 x 720 x 1.135 mm
P x L x T
1.918 x 679 x 1.066 mm
1.350 mm
Jarak sumbu roda
1.280 mm
133 mm
Jarak terendah ke tanah
131 mm
785 mm
Tinggi tempat duduk
769 mm
114 kg (S ABS, S Version), 112 kg (Standard Version)
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil