Ditambah penggunaan pelek berpalang Y dan cakram depan model floating seperti Suzuki Satria F150.
Tak cuma satu, roda belakangnya juga disematkan rem cakram. Sehingga secara fitur lebih baik dari beberapa motor bebek yang ada kala itu.
Peminatnya juga terbilang luas, banyak yang suka karena bentuknya, performanya serta kombinasi warnanya yang menarik.
Suzuki Shogun SP 125 jadi lawan yang tangguh untuk Yamaha Jupiter MX 135.
Maka dari itu new Suzuki Shogun SP dan Yamaha Jupiter MX135 dulu merupakan 2 motor bebek alternatif yang berkarakter balap selain Honda Supra X series.
Pabrikan menyediakannya dalam versi SP dengan kopling atau juga R untuk model semi manual.
Fitur Suzuki Shogun SP 125
Sebenarnya tak banyak fitur yang bisa dijelaskan pada motor-motor keluaran 2005 hingga 2010.
Namun begitu motor ini coba terlahir lebih modern daripada para rivalnya. Tengok saja lampu belakangnya yang sudah LED.
Sementara pencahayaan utama masih halogen biasa, dan lampu sein tersemat pada bodi depannya.
Speedometer Suzuki Shogun SP 125.
Kemudian untuk panel meternya memiliki desain yang simpel. Tampilannya pakai 2 analog, satu sebagai penunjuk kecepatan dan sisanya untuk mengetahui volume bensin.
Indikator lain yang ada seperti lampu sein terpisah, lampu jauh, odometer, dan posisi gigi. Belum ada power outlet.
Adapun kapasitas bagasi Suzuki Shogun SP adalah 7 liter. Ruangnya cukup dalam, tapi tidak begitu luas.
Dan itu pun cuma muat untuk jas hujan, sarung tangan, maupun jaket dalam sekali penyimpanan. Selebihnya bisa pakai hook atau cantelan pada bagian dek tengahnya.
Urusan kaki-kaki ditopang ban berukuran 90/90 dan 80/90 ring 17. Kemudian ditambatkan pada suspensi belakang dual shockbreaker ulir merah dan depan teleskopik biasa.
Kemudian tinggi joknya 770 mm, tak begitu tinggi juga rendah, pas untuk orang Indonesia.
Karena begitu duduk, suspensinya yang empuk bisa mereduksi ketinggian joknya. Lalu tangki bahan bakarnya sanggup menenggak 4,3 liter bensin dalam sekali pengisian penuh.
Bukan yang terbesar memang karena desain motornya kompak, ramping, tapi bertenaga.
Mesin Suzuki Shogun SP 125
Rangka underbone-nya menggendong mesin 124 cc berpendingin udara, satu silinder, 4-tak, SOHC dan memiliki ukuran bore x stroke: 53,5 x 55,2 mm.
Suzuki Shogun SP 125 punya kombinasi warna yang memikat.
Profil tersebut menjanjikan tenaga yang besar pada putaran rendah hingga menengah, sehingga cocok pada kondisi stop and go di kemacetan.
Di atas kertas bisa mengeluarkan tenaga hingga 10 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm yang dicapai pada 6.000 rpm.
Daya tersebut dikawinkan pada transmisi manual 4-percepatan. Oh iya teknologi pengabutnya masih pakai karburator, besutan Mikuni. Namun ada juga varian yang sudah injeksi.
Adakah salah satu dari kalian masih memiliki Suzuki Shogun SP series?
Atau malah ada yang punya versi Suzuki Shogun 125 Night Rider (NR) yang sekarang lagi naik daun dicari banyak orang?
Suzuki Shogun SP 125 juga hadir dalam versi tanpa kopling.