Merasakan Mesin Baru Honda ADV 160 2022, Beneran Lebih Ngejambak?
Harry · 7 Jul, 2022 17:00
0
0
Tenaga terus ngisi sejak putaran bawah.
Output mesin persis Honda PCX 160.
Karakter mesin pun mirip Honda PCX 160.
Kemunculan Honda ADV 160 2022 seperti menjawab segala keluhan pengguna Honda ADV 150, yang merupakan model lawasnya. Walau ternyata banyak yang kecewa perubahan bentuknya tak terlalu signifikan lantaran masih pakai lampu depan dan belakang model lama.
Tapi sorotan lainnya soal performa yang terlalu smooth untuk motor bergaya adventure kini seakan teratasi. Ya setidaknya itulah yang kami rasakan kala menjajal motor ini untuk pertama kali di Honda Safety Riding Park di Cikarang, Jawa Barat (6/7/2022).
Maklum saja, pada model sebelumnya, dengan bobot kosong motor yang 133 kg dijejali dapur pacu yang sama dengan Honda Vario 150. Selisih bobot keduanya terpaut sangat jauh!
Alhasil tarikan Honda ADV 150 terlalu smooth, performanya terasa biasa saja meski konsumsi bahan bakarnya terhitung memuaskan. Hal ini yang coba diperbaiki dengan menyematkan mesin eSP+ yang punya isi silinder lebih besar.
Output Setara Honda PCX 160 2022
Nah yang harus kalian ketahui dulu nih, mesin yang dipasang pada Honda ADV 160 ini sama persis dengan Honda PCX 160 2022. Artinya sama juga output tenaga dan torsi yang mampu dihasilkan. Maklum Honda Vario 160 punya keluaran lebih rendah meski pakai mesin eSP+ 160 cc.
Di atas kertas, mesin Honda ADV 160 mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari versi 150 cc.
Karakter Mesin Honda ADV 160 2022
Nah, saat pertama menyalakan mesinnya, suara yang dihasilkan persis Honda PCX 160, terdengar garing dan dalam. Vibrasinya halus ketika mulai membuka gas perlahan memasuki area test ride.
Membuka gas dengan cepat, respon mesin lebih ngejambak tapi cenderung linear. Kecepatan motor naik perlahan namun pasti, karena torsi dan tenaganya terus mengisi. Hanya saja ketika start dari posisi diam ada sedikit jeda.
Berbeda kala dipakai melintasi deretan tikungan dan membuka gas cepat untuk mendirikan motor, mesinnya terasa sigap merespon buka-tutup gas. Rasanya motor ini akan menyenangkan di pakai touring dan bisa lebih mudah mendahului kendaraan di depan karena putaran tengahnya yang kuat.
Tapi tentu saja ada imbas dari output mesin yang lebih kuat, konsumsi bahan bakarnya disebut lebih boros dari versi 150 cc. Honda mengklaim angkanya sekitar 45 km/liter berdasarkan pengetesan internal.
"Karena model ini sudah pakai 4 katup dan kapasitas mesin yang lebih besar, itulah kenapa ada penurunan konsumsi bahan bakar. Angkanya pun sama dengan Honda PCX 160," jelas Yasuo Sindei, Large Project Leader Honda ADV 160.
Ah, bikin penasaran untuk bisa merasakan langsung unitnya nih!
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil