Modal Cakram Yamaha Aerox 155, Rem Honda PCX 160 2022 Makin Pakem dan Padat!
Fariz · 25 Feb, 2022 09:30
0
0
Kaki depan Honda PCX 160 lebih padat dengan cakram lebar
Pilihan cakram lebar untuk PCX 160 masih jarang
Bisa pakai cakram lebar aftermarket untuk Aerox 155
Butuh adaptor agar cakram bisa terpasang di pelek PCX 160
Mengupgrade pengereman gak cuma bikin rem lebih pakem, tapi juga pengaruh pada penampilan. Seperti menggunakan diameter cakram yang lebih besar, tentu bikin area depan terlihat lebih padat dan sporty.
Sayang untuk Honda PCX 160 2022 belum banyak pilihan cakram aftermarketnya. Namun tidak perlu khawatir, karena bisa mengadopsi cakram untuk motor lain dengan sedikit penyesuaian tentunya.
Cakram Aerox 155
Seperti yang dilakukan Fat Motorsport, memasang cakram depan aftermarket Aerox 155 di PCX 160. “Pakai merek AMS semi-floating 260 mm buat Aerox 155. Tapi harus bikin adaptor, pakai aluminium seri 5 tebal 8 mm,” ujar Wiryawan punggawa Fat Motorsport.
Cakram aftermarket Aerox 155 (kiri) butuh adaptor custom (kanan) agar bisa terpasang di PCX 160
Adaptor yang dibuat dengan mesin bor milling ini tentu digunakan sebagai penghubung antara pelek dengan cakram. Pasalnya pelek Honda PCX 160 punya lubang baut cakram yang berbeda dengan yang dimiliki cakram AMS untuk Yamaha Aerox 155.
Kaliper membutuhkan braket baru karena posisinya jadi lebih mundur akibat diameter cakram yang lebih lebar
Cakram Yamaha Aerox 155 hanya memiliki 3 lubang baut cakram, sedangkan Honda PCX 160 punya lubang baut cakram lebih banyak yaitu 5 baut. “Cakramnya harga Rp 400 ribu dan adaptornya Rp 550 ribu.”
“Harus bikin braket kaliper juga, karena diameter cakram kan lebih besar. Braket kaliper aluminium Rp 375 ribu,” sebut pria yang bengkelnya ada di Jl. Arjuna III, Utan Kayu Sel., Kec. Matraman, Jaktim.
Padettt…
Tampilan kaki Honda PCX 160 jadi lebih padat dan sporty dengan cakram 260 mm