Sejatinya, bagian tangki motor jenis sport harian, di segmen apa pun memiliki tangki di bagian depan pengendara.
Meski kini banyak yang hanya berupa kamuflase, tapi posisinya tak banyak berubah.
Hal ini tak ditemui pada motor penjelajah BMW F 800GS dan kembarannya, BMW F 700 GS yang punya posisi tangki unik.
Yup, alih-alih di bagian depan, kedua motor yang sempat dijual di Indonesia dengan banderol Rp 505 jutaan ini malah menempatkan tangki mereka di bodi belakang.
Bahkan posisi tutup tangkinya pun ada di panel bodi tersebut. Letak bodi ini agak riskan, karena saat terjatuh bisa langsung menggesek aspal dan distribusi bobot pun kurang baik.
Sehingga di model penerusnya, yaitu BMW F 750 GS dan BMW F 850 GS posisi tangkinya kembali normal.
Ada pula Honda NC750X, motor sport touring bermesin 750 cc tersebut justru tangki depannya jadi bagasi.
Yup, bagasinya lumayan besar untuk membawa barang bawaan selama perjalanan touring.
Terus dimana letak tangkinya? Justru uniknya motor ini punya tangki yang ada di bawah jok layaknya motor bebek.
Dan motor yang juga dipakai oleh Polisi di Indonesia itu, masih mempertahankan tangki di balik joknya sampai saat ini.
Posisi tangki skuter matic yang umumnya ada di bagian kolong jok diubah pada sejumlah motor berikut. Tujuannya agar ruang bagasi di balik jok semakin luas.
Model yang saat ini masih beredar adalah Yamaha Freego. Motor matic yang generasi barunya dirilis di IMOS 2022 itu masih mempertahankan posisi tangki di bawah dek seperti pendahulunya.
Sebelum Yamaha Freego, tangki matic di bawah dek juga diterapkan oleh motor-motor keluaran Kymco. Mulai dari Trend SR hingga yang masih eksis saat ini, Kymco Like 150i.
Dengan posisi tangki yang pindah ke bawah dek, tutup pengisian bahan bakar itu pun tak lagi di kolong jok. Tapi berpindah ke balik leg shield atau bawah setang.
Kemudian ada juga Yamaha Grand Filano yang letak tangkinya juga di bawah dek, dengan mulut tangki di bawah setang.
Satu lagi calon skuter matic yang pakai tangki kolong adalah Honda Stylo atau Giorno+ yang sudah rilis di Thailand.
Motor matic yang hanya tinggal menunggu waktu untuk masuk Indonesia itu punya tangki di kolong dek, dengan mulut tangki di area bawah setang.
Banyak juga ya? Meski letak tangkinya di bawah dek, namun tiap pabrikan sudah memberikan perlindungan khusus.
Bisa berupa lapisan pelat atau cover khusus pada tangkinya, supaya tidak mudah rusak saat kolong motor terkena benturan.
Skuter Matic Tangki Buntut
Bukan hanya di kolong dek, beberapa skuter matic juga punya posisi tangki di buritan. Hal ini bisa ditemui di motor-motor matic bergaya India, seperti TVS Ntorq 125 dan Suzuki Avenis 125.
Kedua motor yang punya karakter desain mirip tersebut juga sama-sama menempatkan tutup tangki di atas stoplamp.
Posisinya yang terbuka membuat pengguna tak perlu membuka jok saat pengisian BBM.
Motor Bebek Bertangki Unik
Deretan motor bebek dengan posisi tangki unik sudah punah sepenuhnya di Indonesia.
Paling tenar tentu Kawasaki ZX-130 yang punya tangki di bagian bawah komstir.
Nggak kalah unik, tutup tangkinya ada di bagian 'dasi' di bawah cover setang.
Selain Kawasaki ZX-130, satu lagi motor bebek yang punya tangki unik adalah Kanzen Supermoto 120.
Bagaimana tidak, motor bebek ini punya dua tangki di posisi berbeda.
Keduanya tangkinya yakni berada di frame underbone dan kolong jok. Alhasil, motor bebek ini punya volume tangki besar, yakni 8 liter. Unik ya!