Pelihara Motor Usia 5 Tahun ke Atas, Masalah Intai Komponen Kelistrikan ini
Ary · 8 Jul, 2021 16:00
0
0
Semakin tua motor, semakin banyak masalah. Situasi demikian pun sepertinya bakal dirasakan oleh Anda yang memelihara motor dengan usia pakai 5 tahun ke atas. Apalagi jika tak diimbangi dengan melakukan perawatan berkala. Bukan saja mesin, permasalahan bisa saja mendera sektor kelistrikan motor.
Problem seperti lampu redup hingga mati, starter ngadat akibat aki (accu) sudah uzur, mungkin sudah menjadi hal biasa. Kendati begitu, problem juga mengintai komponen lain pada sektor kelistrikan motor Anda. Berikut ini spare part yang rentan bermasalah tersebut:
1. Bendik
Nama bendik memang agak asing di telinga orang awam. Namun, keberadaannya terbilang vital. Pasalnya, item ini berfungsi untuk menyambungkan arus listrik yang berasal dari aki. Darinya lah listrik bisa dialirkan ke dinamo starter. Nah, sulitnya menyalakan mesin via starter tadi bakal terjadi apabila kondisi bendik sudah tidak bagus. Salah satu gejalanya dapat diketahui ketika muncul suara berisik ketika starter dilakukan.
Walau letaknya berbeda-beda di setipa motor, kiprok sejatinya berfungsi menstabilkan arus listrik dan menyuplainya ke aki. Apabila mengetahui indikasi seperti pendaran lampu motor redup, ada kemungkinan kiprok tersebut rusak. Ada juga kudu jeli melihat apabila pendaran penerangan kepalang terang. Ini juga menjadi indikasi kerusakan dari bagian tersebut.
3. Flasher
Tak hanya lampu utama. Masalah kelistrikan di motor-motor tua pun dapat dilihat pada bagian sein. Apabila sinyal belok motor Anda tidak berkedip, bisa jadi lampu sein tersebut memang putus. Namun, coba juga cek flasher-nya. Jangan-jangan itulah sumber masalah yang membuat sein tidak berfungsi.
Switch rem akan bekerja setelah tuas rem ditekan. Saat pengereman berlangsung, lampu rem akan menyala dan mati saat rem dilepas. Item ini juga memiliki fungsi utama sebagai pemutus dan penyambug aliran listrik dari aki ke lampu rem. Jika komponen ini rusak, kemungkinan besar lampu rem akan terus menyala. Lampu rem lantas menyedot daya yang besar. Alhasil, lampu rem motor Anda akan putus.
Kesimpulan
Ketika motor yang sudah berusia lumayan tua dan dalam kondisi prima, tak ada alasan untuk menggantinya dengan motor baru. Namun, ada perlakuan khusus di mana perawatannya harus dilakukan secara intensif. Baiknya pula pengecekan pada area kelistrikan mengiringi giat servis tersebut. Agar tak terjadi hal-hal tadi, baiknya gantilah komponen kelistrikan motor di atas, apabila motor sudah berusia di atas 5 tahun.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!