Perbandingan Spesifikasi Yamaha Lexi LX 155 dan Honda Vario 160, Siapa Unggul?
Fariz · 16 Jan, 2024 09:00
0
0
Adu spesifikasi Honda Vario 160 VS Yamaha Lexi LX 155.
Spesifikasi mesin keduanya beda tipis.
Jok Lexi LX 155 lebih rendah 8 mm dari Vario 160.
Honda Vario 160 unggul di tangki bensin dan ruang bagasi.
Setelah ditunggu-tunggu lama, akhirnya Yamaha Lexi mendapatkan pembaharuan dan membuat namanya berubah menjadi Yamaha Lexi LX 155.
Motor ini langsung digadang-gadang menjadi lawan berat dari Honda Vario 160.
Cukup setuju karena selain kapasitas mesin yang menjadi 155 cc set up harga yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga cukup mepet.
Lexi LX 155 pakai basic mesin Aerox 155 yang disempurnakan kembali
Beberapa ubahannya seperti profil camshaft baru, tensioner adjuster model hidrolik sehingga butuh jalur oli baru pada crankcase dan blok silinder, serta ada perubahan rasio gearbox.
Lalu tipe mesinnya pakai SOHC, 4 katup dengan VVA, Blue Core, dan tentu saja berpendingin cairan menggunakan radiator di sisi kanan mesin.
Diameter piston pakai 58 mm dengan panjang langkah 58,7 mm membuat kapasitas murninya 155,09 cc.
Klaim tenaga maksimal mesin yang punya rasio kompresi 11,6:1 ini mencapai 15,3 ps pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Mesin eSP+ Honda Vario 160.
Kalau Honda Vario 160 pakai tipe mesin SOHC 4 katup, eSP+, dan juga pendingin cairan menggunakan radiator yang berada di sisi kanan mesin.
Mesin ini punya bore 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm dan perbandingan kompresi 12:1, itu berarti kapasitas murni mesin ini berada di angka 156,9 cc.
Untuk klaim tenaga maksimalnya matic ini mencapai 15,4 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.
Jok Lexi LX 155 lebih rendah dibanding versi lama juga Vario 160
Dari data tersebut bisa dikatakan kalau Vario 160 dengan konfigurasi overstroke bisa mencapai tenaga maksimal dan torsi maksimal di rpm yang lebih tinggi, klaim tenaga maksimalnya juga 0,1 hp lebih besar.
Tapi kalau melihat torsi maksimalnya, Lexi LX 155 yang rasio kompresinya lebih kecil ternyata punya klaim torsi lebih besar 0,4 Nm saat dibandingkan dengan Vario 160.
118 Kg vs 117 Kg
Berikutnya kita melihat spesifikasi dimensi dari kedua matic ini, sekilas mata melihat pun bisa menyimpulkan kalau Lexi LX 155 terkesan sedikit lebih panjang.
Vario 160 gambot di kaki-kaki dan punya ground clearance serta jok lebih tinggi
Bahkan juga lebih lebar dibanding Vario 160 walaupun tidak terlalu banyak selisihnya.
Tentu saja itu karena turunan aura dari Maxi Yamaha lainnya, matic ini memiliki panjang 1.970 mm dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm.
Jarak sumbu rodanya mencapai 1.350 mm dengan jarak terendah ke tanah 135 mm.
Dimensi Lexi LX 155 lebih gambot tapi dengan tinggi jok dan ground clearance lebih rendah
Sedangkan Vario 160 punya panjang 1.970 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.088 mm, jarak sumbu rodanya 1.277 mm dengan jarak terendah ke tanah 140 mm.
Dari segi dimensi benar saja kalau Lexi LX 155 sedikit lebih gambot, sedangkan jarak sumbu roda lebih pendek dan ground clearance lebih tinggi untuk Vario 160.
Meski begitu ternyata Lexi LX 155 punya improve di joknya yang kini lebih rendah yaitu 770 mm, bahkan ini lebih rendah 8 mm dibanding Vario 160 yang punya tinggi jok 778 mm.
Tidak banyak ubahan pada ruang bagasi dan tangki bensin Lexi LX 155
Untuk urusan kapasitas di bawah jok rasanya Lexi LX 155 masih kalah dengan Vario 160 yang punya kapasitas bagasi 18 liter dengan tangki bensin 5,5 liter.
Pasalnya tidak banyak peningkatan pada Lexi LX 155 di sektor ini, terlihat ada sedikit tonjolan di lantai bagasi.
Yang berarti bagasinya menjadi sedikit lebih dalam tapi tetap dirasa kurang, apalagi kapasitas tangki bensin tetap 4,2 liter.
Ruang bagasi Vario 160 mencapai 18 liter
Membahas soal dimensi tentu ujung-ujungnya adalah bobot, Lexi terbaru ini mengalami kenaikan bobot jika dibandingkan versi lawasnya.
Untuk tipe Standard kini berat isinya 116 kg, lalu S Version 117 kg, dan tipe Connected/ABS 118 kg.
Naiknya bobot Lexi LX 155 ternyata membuatnya makin mendekati berat isi dari Vario 160 bahkan sedikit lebih berat.
Yang mana berat pada tipe CBS hanya 115 kg dan pada tipe ABS 117 kg.
Kaki-Kaki Yamaha Lexi LX 155 Tak Berubah
Vario 160 tipe ABS sudah pakai cakram pada rem belakang
Meski secara dimensi dan bobot Lexi LX 155 ini mengalami kenaikan, tapi ternyata dari sektor kaki-kaki tidak ada perubahan.
Bahkan dari spesifikasi lebar pelek dan bannya masih lebih gambot milik Vario 160 nih.
Yamaha Lexi LX 155 pakai lebar pelek 1,85 inci dengan ban 90/90-14 di depan dan lebar pelek 2.15 inci menggunakan ban 100/90-14 untuk belakang.
Sedangkan Honda Vario 160 punya lebar pelek depan 2,15 inci dengan ban 100/80-14 dan belakang lebar 3,5 inci beserta ban 120/70-14.
Lexi LX 155 tidak banyak perubahan pada sektor kaki-kaki
Di sektor pengereman gacoan Yamaha juga tidak ada ubahan, baik tipe ABS dan non ABS.
Dilengkapi cakram dengan kaliper 1 piston di depan dan rem tipe tromol di belakang dengan fitur parking brake lock.
Kalau Honda Vario 160 pada tipe CBS dilengkapi parking brake lock tapi dengan tipe rem belakang tromol, di tipe ABS matic ini sudah menggunakan cakram di kedua pengeremannya.