Pilihan Matic Bekas Rp 20 Jutaan Buat Mudik, Mending Honda PCX 150 atau Yamaha NMax?
Fariz · 18 Apr, 2022 08:30
0
0
Cocok untuk yang ingin merasakan medium matic dengan harga Rp 20 jutaan
Honda PCX 150 punya ruang bagasi yang lebih lega
Yamaha NMax punya desain lebih tegas serta mesin yang bertenaga
Punya bujet Rp 20 jutaan dan ingin mencicipi medium matic buat dipakai mudik? Mungkin bisa melirik Yamaha NMAX atau Honda PCX 150 dalam kondisi bekas. Pasalnya kedua motor ini punya harga yang pas dengan budget tersebut.
Seperti Yamaha NMax yang ada di angka Rp 20 juta ‘kecil’ untuk tahun 2017 sampai tahun 2020 yang sudah mepet Rp 30 juta. Kalau Honda PCX sedikit unik, karena racikan tahun 2017 justru hampir menyentuh Rp 30 juta karena berstatus CBU asal Vietnam.
Saat pertama kali diluncurkan pun harganya hampir menyentuh Rp 40 juta, jadi wajar kalau harga bekasnya masih mahal dan menjadi motor koleksi. Yang lebih terjangkau bisa tengok Honda PCX 150 tahun 2018-2020 rakitan lokal, harga bekasnya berada di angka Rp 20 juta ’kecil’ hingga hampir menyentuh Rp 30 juta tergantung kondisi.
Kedua matic ini punya model yang cukup kontras. Yamaha NMax menyuguhkan model yang lebih tegas, karena memiliki banyaknya lekukan dinamis serta sudut meruncing di beberapa bagian.
Bisa terlihat dari lekuk bodi depan sisi sampingnya, di mana lampu seinnya sampai punya desain tekukan menyiku mengikuti desain bodinya. Bentuk sepakbor depan juga ikut meruncing ke atas layaknya kuping seekor kucing.
Desain kotaknya makin terasa hingga ke bagian belakang, di mana bentuk lampu belakangnya benar-benar kotak. Ini pun jadi bagian yang kurang disukai oleh sebagian orang.
Beda dengan Honda PCX 150 yang khas akan bodi gambotnya, tampilan seluruh bodi juga minim lekukan patah. Justru lebih banyak mengusun desain membulat yang memberi kesan premium serta elegan.
Lampu utama yang disuguhkan Honda PCX 150 terbilang besar, bahkan DRL-nya menjalar hingga ke atas yang menambah kesan mewah. Setang yang digunakan pun pakai model tanpa cover dan dibalut chrome mengkilap, beda dengan Yamaha NMax yang tertutup cover.
Kaki-Kaki Beda Ukuran Pelek
Baik Yamaha NMax maupun Honda PCX 150 menggunakan suspensi depan teleskopik dan sepasang suspensi belakang dengan swing arm. Kedua remnya juga sudah menggunakan cakram yang tentunya lebih pakem.
Yang membedakan ada pada lingkar pelek, di mana Yamaha NMax menggunakan lingkar pelek 13 inci lebar 3 inci di depan dengan ban 110/70-13, sedangkan yang belakang punya lebar 3,5 inci berbalut ban 130/70-13.
Penggunaan lingkar pelek kecil dengan profil ban lebar ini membuat tampilan kaki-kakinya jadi lebih padat. Ban yang lebar juga membuat handlingnya lebih stabil dengan cengkraman yang lebih baik.
Kalau Honda PCX 150 tetap pakai pelek ring 14 inci seperti matic pada umumnya. Pelek dengan palang delapan seperti kipas ini punya lebar 2,15 inci di depan dengan ban 100/80-14 dan yang belakang lebar 3,5 inci pakai ban 120/70-12.
Pelek dan ban yang tidak terlalu lebar ini memberi kesan ramping di area kaki-kaki. Ini juga membuat matic tersebut terlihat lebih jenjang dan proporsional dengan desain bodinya yang gambot.
Fitur Sama Mewahnya
Honda PCX 150 unggul dengan penggunaan lampu LED di seluruh lampunya. Mulai dari lampu utama, DRL, sein, hingga lampu rem. Selain butuh daya yang lebih sedikit, penggunaan lampu LED juga memberi kesan mewah dan modern.
Honda PCX 150 juga memiliki spidometer fully digital dengan latar negative display serta ukuran angka yang besar, ini membuatnya lebih mudah dipantau baik siang maupun malam hari. Kesan mewah juga cukup terasa di sini.
Idling Stop System (ISS) dan ACG Starter juga sudah disematkan pada Honda PCX 150 lansiran 2018. ISS mampu membuat konsusmi bahan bakar lebih efisien dan ACG Starter membuat momen menyalakan mesin menjadi lebih halus.
Yamaha NMax tidak ingin kalah dengan menghadirkan versi Connected di tahun 2020, ini membuat smartphone pengendara bisa terkoneksi dengan motor dengan berbagai informasi dan notifikasi.
Namun harga bekasnya masih cukup tinggi, berkisar di angka Rp 28 juta. Yamaha NMax tahun yang sama juga sudah menggunakan Smart Motor Generator (SMG) untuk menghidupkan mesin yang lebih halus dan Stop Start System (SSS) untuk membuat bahan bakar lebih efisien.
Kompartemen Lega
Honda PCX 150 unggul dalam hal akomodasi berkat ruang bagasi di bawah joknya yang punya kapasitas 28,8 liter. Tentu bisa menaruh helm full face atau half face di sisi depan, tapi harus yang punya cangkang tidak terlalu besar.
Setelah itu di sisi belakangnya masih ada ruang yang lumayan besar, karena masih cukup untuk menaruh seperangkat jas hujan hingga sarung tangan. Di bawah setangnya terdapat kompartemen yang cukup dalam dan dilengkapi power outlet, tampilannya rapi karena dilengkapi penutup sewarna bodi.
Sedangkan Yamaha NMax generasi pertama dan facelift punya kapasitas bagasi yang hanya 24 liter. Tetap bisa memuat sebuah helm full face, tapi tidak banyak ruang tersisa untuk menaruh barang lainnya.
Kompartemen di bawah setangnya cukup dalam, tapi memang di generasi pertamanya belum dilengkapi powet outlet. Laci sisi kanan malah sangat dangkal, membuat barang rawan terpental saat ditaruh di situ.
Yamaha NMax lansiran 2020 justru punya upgrade yang lumayan untuk kompartemen di bawah setang. Kini yang kiri dilengkapi power outlet dan yang kanan kapasitasnya lega. Bahkan yang kanan sudah dilengkapi juga dengan penutup.
Baik Yamaha NMax atau Honda PCX 150 sudah menggunakan radiator untuk menjaga suhu mesinnya tetap stabil, letaknya ada di sebelah kanan mesin. Honda PCX cuma punya kapasitas mesin murni 149,3 cc sedangkan Yamaha NMax 155 cc.
Kepala silinder Yamaha NMax dibekali empat buah katup dan ada teknologi VVA (Variable Valve Actuator) pada camshaft, ini membuat tenaga yang dihasilkan NMAX lebih merata dan membuat bahan bakar lebih efisien.
Klaim tenaga maksimalnya 15 ps di 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm. Sedangkan Honda PCX 150 klaimnya punya tenaga maksimal 14,7 ps di 8.500 rpm dengan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Honda PCX 150 sudah dilengkapi dengan ACG dan ISS yang membuat momen menyalakan mesin lebih halus dan bahan bakar lebih efisien. Untuk Yamaha NMAX ada fitur serupa, tapi hanya di lansiran 2020.