Sejak peluncuran perdananya di tahun 2018 silam, hingga kini belum ada ubahan signifikan yang terjadi pada Yamaha Lexi. Varian terkecil dari keluarga Yamaha Maxi Series ini hanya mengalami ubahan warna saja.
Paling anyar, pembaruan warna dilakukan pada bulan April 2022 lalu. Saat itu, ada empat warna baru yang hadir disela ajang IIMS 2022. Mulai merah, hijau, biru dan hitam yang semuanya dihias grafis stiker elegan.
Minimnya penyegaran di sektor tampilan hingga fitur dan mesinlah yang membuat spekulasi mengenai penerusnya untuk hadir di IMOS 2022 terbilang santer. Apalagi dari pabrikan 'tetangga' sudah hadir model facelift dari kompetitornya, Honda Vario 125.
Meski belum ada bocoran mengenai versi terbaru dari Yamaha Lexi, namun tak ada salahnya jika kita mengulas spesifikasi yang saat ini sudah beredar.
Secara desain, bagian eksterior Yamaha Lexi menampilkan kesan elegan dan gambot ala Maxi Yamaha. Sehingga ditilik dari segmentasi pasarnya akan berbeda dari Honda Vario 125 yang berkesan sporty.
Prediksi di versi barunya pun tak akan jauh berubah dengan kesan elegan yang tetap bertahan. Segi fungsionalitas pun bakal dipertahankan dengan penggunaan dek lebar tanpa pemisah berupa frame underbone dengan tangki seperti saudaranya, Yamaha NMax atau Aerox 155.
Bagian belakang juga akan tetap mengusung sokbreker tunggal di sisi kiri, alih-alih memakai double sokbreker. Sedangkan bagasi di kolong jok yang luas akan tetap bertahan.
Di versi saat ini, fitur yang diusung Yamaha Lexi terbilang cukup mumpuni dan masih up to date. Misalnya pada varian standar sudah ada fitur Stop & Start System, lampu hazard, port charger 12v hingga side stand switch dan smart lock. Serta lampu utamanya sudah LED.
Tipe selanjutnya ada Lexi S yang ditambah sokbreker belakang tabung dan smart key. Sedangkan di tipe teratas dilengkapi dengan rem ABS.
Potensi pengembangan berikutnya tak tertutup jika Yamaha Lexi dilengkapi dengan konektivitas nirkabel, Y-Connect dan sistem hybrid seperti Fazzio karena sudah mengusung Smart Motor Generator.
Mesin Masih Cukup Unggul
Meski secara volume hanya 125 cc, tapi mesin ini diturunkan langsung dari tipe Blue Core yang sama dengan Yamaha NMax. Bahkan mesin ini dipakai juga di NMax dan XMax 125 cc di Eropa.
Teknologi yang disematkan berupa Variable Valve Actuation (VVA) dengan pendingin cair. Mesin tersebut dibekali 4-valve dengan keluaran tenaga 11,8 PS di 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm per 7.000 rpm.