Lihat saja dari depan ke tengah punya bentuk kombinasi motor sport. Ya semacam Yamaha Tenere lah bentuknya.
Namun tengah ke belakang selayaknya motor bebek biasa. Tapi desainernya sukses meracik area belakangnya tampak sedap dipandang.
Kalau dilihat ada gundukan pada bagian tengah motor, itu bukan tangki bensin.
Justru tangki bahan bakar dengan kapasitas 4,1 liternya tetap berada di balik jok. Makanya ada unsur motor ayam jagonya.
Sedangkan spesifikasi Honda CS1 menggunakan mesin 124,7 cc, DOHC 4 katup dengan pendingin cairan.
Mesin tersebut menjanjikan tenaga hingga 12,8 ps pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 10,1 Nm yang dicapai pada 7.500 rpm,.
Dikawinkan pada transmisi manual kopling 5-percepatan. Di atas kertas lebih baik tenaganya dari Yamaha Jupiter MX 135.
Tapi apa cuma tenaga yang jadi keunggulan si domba garut ini? Tidak juga kok, simak deh selengkapnya.
1. Rem Honda CS1
Sistem pengereman motor ini terbilang yang mumpuni di kelasnya. Sebab dulu terbilang modern.
Ini karena sudah mengaplikasikan cakram pada roda belakangnya, sehingga memberikan performa pengereman yang lebih baik ketimbang tromol.
2. Panel Meter Digital
Fitur lain yang juga membuatnya jempolan adalah panel meter yang sudah digital. Beda dengan penantang merek lain yang masih pakai jarum analog biasa.
Informasi yang ditampilkan bahkan ada takometer sehingga bisa tahu putaran mesin, spidometer, posisi gigi, serta indikator lain berupa lampu sein terpisah, juga lampu jauh.
Jeroan mesinnya menggunakan bore dan stroke berukuran 58 x 47,2 mm serta rasio kompresi 10,7:1.
Sesuai profilnya itu, racikan mesin overbore menghasilkan keluaran tenaga yang besar di putaran mesin menengah hingga atas.
Persis seperti karakter mesin motor sport yang seakan-akan tak memiliki batasan putaran mesin.
Namun begitu Anda harus ingat bahwa kekurangannya adalah kurang responsif pada angkatan awal atau putaran bawah.
4. Posisi Duduk Tegak
Kelebihan lain yang bisa disebutkan adalah posisi duduk motor ini yang cenderung tegak.
Ini berkat penggunaan setang yang tinggi, sehingga membuat badan bisa tetap tegak tanpa condong ke depan layaknya motor sport atau ayam jago.
5. Kompartemen Bagasi Pakai Penutup
Terakhir adalah ruang penyimpanan Honda CS1. Seperti ulasan di atas, gundukan bagian tengahnya bukan tangki bensin, melainkan bagasi yang bisa dijadikan ruang penyimpanan.
Tidak besar memang tapi cukup untuk menyimpan beberapa barang yang ukurannya kecil dan fleksibel seperti sarung tangan hingga jas hujan, misalnya bisa dilipat sampai ringkas.