Seberapa Nyaman Yamaha Grand Filano 2023 Dipakai Harian?
Fariz · 25 Mei, 2023 10:30
0
0
Posisi berkendara dan handling Yamaha Grand Filano 2023.
Ringan, berat isi yang hanya 100 kg.
Jok lebar tapi dengan karakter busa yang kurang empuk.
Suspensi belakang nyaman dan tanpa bottoming.
Meskipun punya dimensi bodi yang terlihat gambot, tapi ternyata berat isi dari Yamaha Grand Filano (Spesifikasi | Berita) 2023 hanya 100 kg yang artinya cukup ringan.
Tentu dengan bobot tersebut tidak akan membuat pengendaranya cepat lelah, karena tidak membutuhkan banyak tenaga, terutama ketika kondisi merayap di kemacetan.
Suguhan posisi berkendara dari matic retro modern satu ini juga cukup nyaman, bisa dilihat dari posisi setang yang tinggi membuat badan lebih tegap sehingga lengan dan pundak tidak terbebani selam perjalanan.
Punya tinggi tempat duduk 790 mm, sejatinya bisa membuat pengendara dengan postur 170 cm untuk menapak dengan mudah.
Tapi karena desain jok lebar maka paha akan sedikit terganjal dan membuat kaki agak jinjit, terutama saat duduk agak mundur.
Solusinya bisa dengan memindahkan posisi duduk agak ke depan karena desain jok yang ramping ke arah depan.
Jok Grand Filano punya desain yang bagus, sayang kurang empuk
Meski desain jok bagus dengan dimensi yang lebar, sayangnya karakter busa jok tidak terlalu empuk, sehingga memberikan rasa pegal di pantat ketika berkendara cukup lama.
Handling dan Suspensi Yamaha Grand Filano
Bobotnya yang ringan juga berpengaruh terhadap handling, jadi wajar kalau handlingnya terasa lincah dan nurut, bahkan tetap stabil ketika diajak melahap tikungan dengan cepat.
Alhasil suspensi depan kerap bottoming dan menimbulkan feeling keras, ini bisa dirasakan saat melewati sambungan jalan atau melindas lubang jalan yang terlalu dalam.
Suspensi belakang justru punya karakter yang berbanding terbalik, ini karena redamannya cukup lembut dan empuk tanpa bottoming.
Bahkan kala dipakai berboncengan dengan total bobot sekitar 150 kg, suspensi belakang terasa ayunannya.
Rem depan Grand Filano pakem dan empuk namun dengan suspensi depan yang kerap bottoming
Namun karena kedua bannya menggunakan ukuran 110/70-12 yang punya dinding tipis, jadi terasa karena kurang bisa menyerap guncangan jalur rusak.
Di sektor pengereman tidak ada masalah, depan pakai cakram mungil dengan kaliper 1 piston yang karakternya empuk juga pakem.
Sementara rem belakang pakai tipe tromol dengan Smart Brake Lock yang sangat membantu, saat berhenti di persimpangan atau parkiran tidak rata.