Di Indonesia setidaknya ada empat brand motor asal Jepang, yang jadi pemain besar di pasar motor nasional saat ini. Salah satunya adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Pabrikan bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini dikenal sebagai merek yang punya kualitas produk jempolan. Namun belakangan terakhir, kiprahnya di Tanah Air nampak merosot.
Setelah masa Suzuki Satria F150 disusul Suzuki GSX-R150, Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-150 Bandit, tak banyak model baru yang dikenalkan. Tahun ini mereka pun hanya merilis satu model saja.
Motor dimaksud adalah Suzuki Avenis 125, motor skuter yang diperuntukan untuk penggunaan harian. Namun motor ini didatangkan secara utuh dari India, bukan rakitan dan hasil pengembangan di Indonesia.
O iya, motor ini debut kehadapan publik pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 November lalu, bersamaan dengan Suzuki V-Strom SX yang baru tes pasar untuk melihat respon konsumen.
Kehadiran Suzuki Avenis 125 ini pun menuai pro dan kontra, lantaran desain khas skuter India yang diusungnya. Yakni nampak padat dan bantet, terlebih pakai pelek lingkar 10 inci di belakang.
Yang tak kalah sengit tentu saja perdebatan soal harga jualnya yang mencapai Rp 29,97 juta on the road Jakarta. Terhitung tinggi karena dengan harga tersebut ada banyak pilihan motor matic lain yang lebih apik.
Spesifikasi Suzuki Avenis 125 2023
Karena ditujukan untuk kaum urban, Suzuki Avenis 125 memiliki dimensi yang compact dengan desain yang mengarah ke sporty. Motor ini punya panjang 1.895 mm dengan lebar 710 mm, dan tinggi 1.175 mm.
Ground clearance yang dimiliki lumayan tinggi, mencapai 160 mm. Padahal kalau dilihat spesifikasi kaki-kakinya ini ‘belang’. Depan pakai lingkar 12 inci dengan ban 90/90-12 dan belakang ring 10 inci dengan ban 90/100-10.
Garis desain sporty bisa dilihat dari banyaknya sudut serta tekukan bodi yang cukup agresif. Bisa dilihat dari bodi depan hingga bodi belakang. Tapi memang, kesannya dimensi bodi dan kaki-kaki jadi kurang proporsional.
Sebagai jantung pacunya, Suzuki Avenis 125 dilengkapi dengan mesin SEP alias Suzuki Eco Performance dengan kapasitas 125 cc, SOHC, 2 katup, fuel injection, dan berpendingin udara.
Mesin ini klaimnya memiliki tenaga maksimal 8,7 ps pada 6.750 rpm dengan torsi 10 Nm di 5.500 rpm. Mesin SEP ini kabarnya bisa memberikan performa dan akselerasi yang baik tapi dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil