window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sering Dicuekin, Ternyata Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor

Adit · 9 Mei, 2022 09:30

Sering Dicuekin, Ternyata Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor 01

Mulai sekarang jangan abaikan keberadaan tutup pentil ban ya!
  • Inilah ternyata fungsi tutup pentil ban motor
  • Ternyata bukan pencegah udara keluar dari pentil
  • Fungsi tutup pentil yang sebenarnya adalah mencegah kerusakan area pentil atau katup pengisian angin di ban

Setiap ban kendaraan baik mobil atau motor pasti dilengkapi tutup pentil. Namun karena bentuknya kecil, keberadaannya ternyata sering disepelekan. Tak sedikit yang membiarkan roda kendaraannya tanpa tersematkan komponen yang satu ini. 

Bisa jadi saat isi angin lupa memasangnya kembali. Atau karena kondisinya yang mulai rusak, jadi gampang lepas apabila roda mengalami guncangan hebat. Kalau sudah begini, seharusnya pemilik kendaraan mau tidak mau harus tetap melengkapi ban mobil atau motornya dengan tutup pentil lho. 

Sering Dicuekin, Ternyata Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor 02

Tutup pentil ban bukan mencegah angin keluar dari pentil.

Baca Juga: Fakta Menarik, Banyak Pengendara Motor Masih Bertahan Gunakan Pertamax Meski Harga Naik

Sebab meskipun sering diabaikan, rupanya memiliki fungsi vital, demikian seperti diutarakan Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno. Barangkali masih ada yang belum tahu, mari kita kupas bersama. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Bentuk tutup pentil atau yang sering disebut valve cap bawaan pabrik umumnya terbuat dari plastik yang elastis. Biasanya berwarna hitam, namun ada juga yang hijau dan menandakan bahwa ban tersebut diisi angin nitrogen. Terus kenapa disebut vital?

"Fungsi valve cap melindungi supaya debu atau kotoran tidak masuk di dalamnya, atau air dan lainnya yang bisa membuat karat valve tire," jelas Endro. 

Sering Dicuekin, Ternyata Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor 01

Tutup pentil ban mencegah kerusakan pada area katup pengisian udara di ban.

Tambahnya lama kelamaan apabila diabaikan justru bisa merugikan pemilik kendaraan. "Manakala tidak ditutup pakai valve cap, ada kemungkinan valve tire berkarat, sehingga akan susah dibuka dan menghambat pengisian angin," lanjutnya. 

Karat yang ada di mulut pengisian angin ban atau pentil, juga bisa mengakibatkan bocor halus. Sederhananya begini. Karat lama-lama membuat keropos material katup pengisian angin keropos sehingga timbul kebocoran udara. 

Baca Juga: Nggak Nyangka Lima Motor Honda Ini Gagal di Pasaran, Kok Bisa Ya?

Bukan Mencegah Udara Keluar

Meskipun dipanggil tutup pentil, kerjanya bukan menahan atau mencegah angin keluar dari pentil lho ya. Karena ingat, tekanan yang angin justru bisa saja keluar dari celah drat tutup pentil. "Karena yang menahan udara keluar itu valve itu sendiri," kata Endro. 

Sering Dicuekin, Ternyata Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor 02

Tutup pentil ban kini ada banyak macamnya yang bisa disesuaikan penampilan kendaraan.

Bila sudah memahaminya, maka tak ada salahnya mengecek kondisi ban motor atau mobil yang dimiliki, masih lengkap pakai tutup pentil atau tidak. Bila ternyata sudah hilang, segera lengkapi. 

Di gerai tambal ban biasanya komponen ini bisa diminta secara cuma-cuma. Bisa juga menggunakan produk aftermarket yang bisa menyesuaikan penampilan kendaraan. Lagi pula harga tutup pentil murah kok!

Baca Juga: Kasus Hutang Mandalika Racing Team Indonesia Terus Bergulir! Dimas Lega, Pertamina Protes

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });