Karena motor ini tak akan diboyong ke Indonesia lewat jalur resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales, namun bisa dibeli lewat jalur importir umum.
Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Rafi Al Ghany, Public Relations SIS kepada Autofun.co.id beberapa waktu lalu.
Menurutnya karena Suzuki Saluto bukanlah produk global Suzuki, sehingga untuk mendatangkannya akan sangat sulit.
"Jadi Saluto itu semacam model kolaborasi Suzuki Taiwan dengan pihak rekanan lokal, dan mereka memang merancang motor ini khusus untuk pasar lokal sana," jelasnya.
"Kalau motor ini masuk dalam produk global Suzuki pasti bisa kita datangkan," lanjutnya.
Kalau mau tahu produk motor global model Suzuki apa saja, bisa cek website globalsuzuki.com.
Dari website tersebut, diketahui ada Burgman 200, Avenis 125, Burgman Street 125 EX dan Address 125 hingga Address.
Dan saat ini yang sudah berhasil didatangkan yakni ada Avenis 125 dan Burgman Street 125 EX.
Nah, pertimbangan lainnya adalah harga Suzuki Saluto yang akan terlalu tinggi jika didatangkan ke Indonesia.
Untuk informasi saja, di Taiwan sendiri harga motor ini sudah tembus Rp 40 juta lebih! Jadi pasarnya akan sangat kecil.
Sejak muncul tahun 2020 banyak yang berharap SIS meniagakannya untuk konsumen Indonesia.
Pasalnya Suzuki lama tak merilis produk matic yang punya kelas dan berkesan premium.
Apalagi model yang masuk belakangan justru berkiblat pada model ala India, yang kurang bisa diterima masyarakat.
Suzuki Saluto punya sesain retro modern khas Eropa menjadi daya tariknya.
Belum lagi motor ini akan menjadi produk yang menyegarkan pasar, karena menawarkan desain ala Eropa, namun merupakan produk dari brand Jepang.
Maklum, desainernya adalah Alessandro tartarini, yang juga mendesain Lambretta. Tak heran jika sosok motor matic satu ini kental nuansa Eropa-nya.
Aura retro hadir mulai dari siluet bodi, headlamp LED dengan kesan bulat, dengan letak lampu utama pada setang. Beralih ke samping, terdapat tepong besar di kedua sisinya.
Berbeda dari tepong Vespa seperti varian Vespa Sprint atau Vespa LX, kesan yang didapat pada tepong Suzuki Saluto 125 2022 adalah dinamis dan panjang.
Barangkali kalian pernah melihat sosok Kymco Like 150i? Nah, kira-kira desain keseluruhan motor ini mirip.
Jantung pacu Suzuki Saluto 125 berkubikasi 124 cc pendingin udara Suzuki Eco Performance (SEP).
Dengan ukuran bore x stroke 52,5mm x 57,4mm, tenaga maksimumnya mencapai 9,26 PS pada 7.000 rpm dan torsi 10 Nm di 6.000 rpm.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil