Terinsiprasi Dari Game PS5, Ini Maksud Turbo Yamaha NMax Terbaru
Fariz · 14 Jun, 2024 10:00
0
0
Bisa tambah akselerasi dengan pencet tombol.
Sistem elektrikal baru pada transmisi.
Setelah dibuat penasaran selama sepekan oleh kemunculan produk baru dari Yamaha, akhirnya terjawab sudah kalau itu merupakan Yamaha NMax “Turbo”.
Motor ini pun hadir dalam 5 pilihan tipe, pertama ada varian NMax Neo seharga Rp 32,700 juta.
NMax Neo S Version di harga Rp 33,700 juta, NMAX “Turbo” Rp 37,750 juta, NMax “Turbo” Techmax Rp 43,250 juta, dan NMax “Turbo” Techmax Ultimate Rp 45,250 juta.
Seluruh harga tadi berstatus on the road DKI Jakarta.
“Jadi imajinasi ini hadir ketika main PS5, kendaraan bisa langsung melaju kencang dengan hanya menekan tombol turbo. Makanya coba kami terapkan, jadi sekali pencet bisa melewati kendaraan lain.”
“Tapi tidak hanya untuk menyalip, bisa juga untuk melewati tanjakan terjal. Jadi ini merupakan fitur pertama di dunia, belum ada di motor lain termasuk di XMax kami,” ujar Dyonisius Beti, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM),
Konsep CVT Baru Yamaha NMax Turbo
Sensasi turbo yang disebutkan di atas merupakan hasil dari konsep area CVT baru yang dikembangkan oleh Yamaha.
Disebut sebagai YECVT atau Yamaha Electric Continuous Variable transmission.
Gaya sentrifugal yang dihasilkan roller untuk menekan sheave, digantikan oleh perangkat elektronik yang dikontrol oleh TCU (transmission Control Unit).
Fungsi TCU untuk membaca seluruh pergerakan pada CVT dan perintah perpindahan rasio pada CVT.
Bahkan terdapat sensor kecepatan juga untuk membaca kecepatan putaran pulley depan dan belakang.
Keuntungannya memungkinkan untuk mengatur rasio CVT dengan mudah, melalui saklar kiri dengan cara menekan tombol shift.
Ini sangat berguna ketika ingin menyalip atau ingin melewati tanjakan, gejala mesin ngeden bisa hilang ketika shifting pada CVT dilakukan, dengan begitu akselerasi dan torsi akan lebih terasa.
Terdapat 3 pilihan shift di sini, tapi fitur ini baru bisa bekerja ketika putaran mesin sudah berada di atas 3.000 rpm.
Shift 1 baru bisa dipakai sekitar 3.500 rpm karena harus nunggu kampas ngembang, kalau gak ngembang maka torsi gak akan dapat.
Shift 2 sekitar 5.000 rpm, karena kita butuh torsi tambahan, jadi rasio turun maka rpm makin tinggi.
"Shift 3 di 8.000 rpm ke atas, ini rasio paling ringan dan rpm paling tinggi,” ujar Ferry Nurul Fajar dari tim Technical & Education YIMM.
Jadi sensasi torsi dan akselerasi yang lebih terasa inilah yang disebut sebagai "Turbo", yang ingin diberikan dari Yamaha NMax terbaru ini.
Pengujian
Yamaha sendiri sudah melakukan uji internal, membandingkan akselerasi dari NMax “Turbo” dengan NMax generasi kedua yang belum menggunakan teknologi ini.
Jarak 50 meter bisa ditempuh NMax “Turbo” 4,57 detik di kecepatan 62 km/jam, sedangkan NMax lama hanya 4,71 detik pada kecepatan 59 km/jam.
Begitu juga saat diadu rolling start dari kecepatan 50 km/jam, jarak 200 meter ditempuh NMax “Turbo” dalam waktu 9,58 detik di kecepatan 92 km/jam sedangkan NMax lama 9,81 detik di kecepatan 89 km/jam.
Klaim Akselerasi Rolling Start @50 km/jam NMax "Turbo"
Tipe
Panjang
Waktu
NMax "Turbo"
50 meter
3,01 detik @70 km/jam
NMax lama
3,05 detik @68 km/jam
NMax "Turbo"
100 meter
5,41 detik @80 km/jam
NMax lama
5,51 detik @78 km/jam
NMax "Turbo"
200 meter
9,58 detik @92 km/jam
NMax lama
9,81 detik @89 km/jam
Berikutnya mereka juga menguji di jalur menanjak dengan sudut kemiringan 10 derajat, hasilnya untuk jarak 150 meter NMax “Turbo” butuh waktu 11,73 detik saja di kecepatan 60 km/jam.
Sedangkan untuk NMax lama butuh waktu 12,33 detik dengan kecepatan hanya 56 km/jam.
Jadi kurang lebih seperti itu, jangan berharap perangkat turbo yang sesungguhnya ya!
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17