window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha

Harry · 13 Jul, 2021 17:00

Akhir tahun 2020 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Yamaha Gear 125 2021 sebagai produk skutik entry level terbarunya. Inilah senjata baru pabrikan garpu tala untuk mengganggu Honda BeAT 2021.

Ya seperti yang kita ketahui kalau skutik buatan Honda itu masih jadi yang terlaris. Tapi jika Anda ingin membeli skutik murah keluaran paling baru, dengan harga terjangkau maka inilah pilihannya.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 01

Yamaha Gear 125 2021 dikenalkan akhir tahun lalu.

Tapi apa saja potensi yang bisa menjadi nilai jual dari skutik ini? Dan seperti apa impresinya saat digunakan untuk kuda besi sehari-hari?

Baca juga : Perbandingan Cicilan Honda Beat dan Yamaha Gear 125, Sama-sama Dipatok Mulai Rp 700 Ribuan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain Segar

Inilah hal yang patut disyukuri, karena desain yang ditawarkan Yamaha Gear 125 ini benar-benar segar, semuanya baru. Tak lagi mengambil basis desain dari Yamaha Mio M3 125 yang dirombak sebagian.

Penampilan Yamaha Gear 125 dibuat tangguh, dengan fascia depan yang tajam, banyak body moulding yang memberi kesan motor kokoh, hingga desain bodi belakang yang ramping.

Lampu depan seperti huruf Y dengan dua titik LED untuk lampu dekat dan satu titik untuk lampu jauhnya. Posisi lampu sein pada bodi bawah, seperti halnya skutik Maxi Yamaha.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 01

Lampu depan LED dengan bentuk yang agresif.

Baca juga : Pilihan Motor Baru Harga Rp 20 Juta, Dari Honda Scoopy 2021 Sampai Yamaha Gear 125 2021

Cover setang ramping dan sporty dengan sudut yang tajam. Di baliknya terdapat panel meter full analog yang simpel namun tetap menarik untuk dilihat.

Pijakan kaki rata dan dibuat naik pada bagian ujungnya untuk pijakan kaki anak-anak. Bodi belakang ramping namun bentuk buritannya yang menurut kami agak sedikit tidak nyambung dengan garis bodi depannya.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 02

Desain pelek ini sudah dipakai sejak zaman Yamaha Mio Karbu.

Dan sayanganya ada hal yang kurang totalitas pada skutik ini. Jika desain bodinya terbilang fresh, maka tidak dengan desain pelek palang lima yang legendaris ini.

Banyak Fitur dan Teknologi Menarik

Diplot sebagai skutik murah, Yamaha Gear 125 2021 dibekali fitur yang menarik. Misal panel meter dengan titik warna hitaju cerah supaya lebih mudah dilihat.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 03

Panel meter analog dengan bentuk menarik.

Kemudian lampu LED di depan, konsol depan berukuran besar dan dalam sehingga bisa menampung botol air mineral dengan baik. Sepasang gantungan barang di dekat konsol depan dan di ujung jok.

Baca juga : Persaingan Honda BeAT 2021 dan Yamaha Gear 125 2021, Penguasa VS Pendatang Baru

Belum lagi dua buah gantungan helm yang bisa juga dimanfaatkan untuk membawa belanjaan. Tak ketinggalan bagasi yang cukupan untuk membawa jas hujan dan peralatan kecil lainnya.

Fitur andalan skutik Yamaha yakni Brake Lock tak ketinggalan disematkan, begitu pula dengan Side Stand Switch. Lampu hazard pun tak lupa disematkan.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 04

Fitur USB port, konsol depan, gantungan barang dan kunci pengaman magnet.

Teknologi mesinnya pun relatif baru untuk skutik murah Yamaha, yakni mesin 125 cc Blue Core dengan Smart Motor Generator (SMG). Proses menghidupkan mesin pun lebih halus karena tak lagi pakai dinamo starter.

Baca juga : Berlabel Skutik Murah Tapi Bukan Murahan, Benarkah Yamaha Gear 125 2021 Layak Beli?

Khusus untuk varian teratas yakni S Version ada tambahan remote alarm dan fitur SSS (Stop Start System). Fitur SSS tadi bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar, dengan mematikan mesin saat berhenti lama.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 05

Mesin 125 cc Blue Core dengan teknologi SMG.

Performa dan Handling Menyenangkan

Spesifikasi mesin Yamaha Gear 125 2021 yakni 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dan injeksi bahan bakar. Berkapasitas 125 cc berkat paduan piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm.

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 9,5 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi 9,5 Nm di 5.500 rpm. Cukup besar diantara skutik sekelas yang mengandalkan mesin 110 hingga 115 cc saja.

Hal ini pula yang membuat karkater mesinnya terasa kuat untuk melibas tanjakan, juga responsif dan ngisi putaran rendah sampai tengah. Nafas mesin terasa panjang namun top speed memang tak begitu kencang, hanya 104 km/jam saja.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 06

Performanya responsif dan kuat untuk libas tanjakan.

Baca juga : Yamaha Gear 125 2021 Dikenalkan, Ada 2 Tipe Harga Mulai Rp 16 Jutaan

Untuk mencapai 60 km/jam hanya butuh waktu 6,78 detik dan menyentuh 80 km/jam dibutuhkan waktu 13 detik pas. Tak terlalu impresif, tapi menurut kami itu sudah lebih dari cukup mengingat ini adalah skutik entry level.

Data Akselerasi Yamaha Gear 125 2021
0-60 km/jam 6,78 detik
0-80 km/jam 13 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,55 detik
0-201 meter 13,4 detik
0-402 meter 21,64 detik
Topspeed Spidometer 104 km/jam
Topspeed Racebox 99,8 km/jam
Konsumsi Bahan Bakar 42 - 47 km/liter
*Postur rider 74 kg & 172 cm

Hal lain yang menyenangkan dari skutik ini adalah handlingnya yang terasa menyenangkan. Motor ini terasa ringan dan lincah, bobotnya paling berat hanya 96 kg saja.

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 07

Penampakan belakang Yamaha Gear 125 2021.

Dipakai melewati jalanan menikung, terasa stabil. Apalagi karakter suspensi belakang memang dibuat agak kaku supaya tidak mudah amblas dipakai berboncengan. Sementara suspensi depan redamannya terasa pas.

Dimensinya terhitung ringkas khas skutik sekelasnya. Posisi berkendara terhitung nyaman dengan setang rendah dan jok pas untuk postur 172 cm. Tinggi jok 750 mm. Pijakan kakinya cukup untuk menampung kaki bersepatu ukuran 44.

Baca juga : Update Harga Skutik 125 cc Semua Merek, Dari Honda Vario 125 2021 Sampai Yamaha Gear 125 2021

Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha 08

Yamaha Gear 125 dijual mulai dari Rp 17 juta on the road Jakarta.

Kesimpulan

Yamaha Gear 125 2021 ditawarkan dengan dua varian yakni Standard yang dilepas Rp 17 juta dan S Version yang dilabeli harga Rp 17,75 juta on the road Jakarta. Beda keduanya hanya pada remote alarm dan fitur SSS saja.

Baca juga : Nongol di Pasaran, Harga Yamaha Gear 125 Bekas mulai Rp 13 Jutaan!

Melihat potensi pasarnya, harusnya produk satu ini mampu menjadi produk yang digemari masyarakat. Apalagi dengan mesin barunya, membuat skutik ini cukup kuat untuk melewati beragam kondisi jalan.

Bagaimana, Anda tertarik dengan skutik satu ini?

Spesifikasi Yamaha Gear 125 2021
Dimensi
P x L x T 1.870 x 685 x 1.060 mm
Sumbu Roda 1.260 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Berat Isi 95-96 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, Blue Core
Kapasitas 125 cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Tenaga Maksimum 9,5 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/80-14
Ban Belakang 100/70-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });