Beberapa waktu terakhir, dunia otomotif banyak mendapatkan kabar baik karena ada beberapa produsen mobil yang sudah merilis versi terbaru dari mobil-mobilnya di tahun 2021. Salah satu yang sudah dirilis adalah Toyota Rush 2021.
Belum lama ini, Toyota Rush 2021 telah resmi diluncurkan di Filipina. Jika kita melihat tampilan luarnya, memang tidak ada ubahan yang berarti, tetapi kabarnya ubahan yang signifikan akan terlihat pada bagian kabin dan fiturnya.
Toyota Rush 2021 memang merupakan salah satu produk SUV andalan pabrikan Toyota. Mobil yang sudah cukup lama berkiprah di dunia otomotif Indonesia ini memiliki penggemarnya sendiri, dan kabar kedatangan Toyota Rush 2021 ini tentu menjadi sebuah kabar baik yang sangat ditunggu.
Nah, sebelum kita membeli Toyota Rush 2021, tentunya ada dana yang harus kita siapkan terlebih dahulu. Bukan hanya untuk membeli mobilnya, tetapi juga biaya-biaya tambahan lain seperti biaya servis berkala. Lalu, berapa biaya servis berkala untuk Toyota Rush 2021?
Dari pihak Toyota sendiri, memang belum ada pernyataan resmi tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk servis berkala Toyota Rush 2021. Sebagai bahan perbandingan dan perkiraan, kita akan membahas tentang biaya servis Toyota Rush yang berlaku saat ini.
Pada tahap pertama servis berkala atau ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km, biaya yang dibutuhkan untuk servis Toyota Rush adalah sekitar Rp426.000. Pada tahap kedua dan ketiga atau jarak tempuh 20.000 km dan 30.000 km, kisaran biaya yang harus dikeluarkan pun masih sama dengan tahap pertamanya.
Kenaikan biaya servis akan mulai terlihat pada servis berkala tahap keempat, yaitu ketika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km. Pada tahap ini, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk servis berkala ialah Rp1.040.000.
Kemudian jika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 50.000 km, berarti saatnya untuk melakukan servis berkala tahap kelima. Pada tahap ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis kembali turun, sama seperti tahap pertama hingga ketiga, yakni sekitar Rp426.000.
Lalu tahap berikutnya adalah tahap keenam dimana kendaraan sudah mencapai jarak tempuh sejauh 60.000 km. Pada tahap ini, kenaikan biaya servis kembali terjadi, dan kisaran biaya servis yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp1.000.000.
Di tahap servis ketujuh, biaya servis kembali mengalami penurunan, walaupun hanya sedikit. Servis dilakukan apabila kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 70.000 km, dan biaya yang dibutuhkan pada tahap ini adalah sekitar Rp955.000.
Masuk ke tahap servis kedelapan, di mana kendaraan kita sudah menempuh jarak sejauh 80.000 km. Pada servis berkala tahap kedelapan ini, Toyota Rush akan membutuhkan biaya servis yang paling tinggi. Adapun biaya servis yang dibutuhkan ialah sekitar Rp2.150.000.
Biaya servis pada tahap kesembilan atau ketika mobil sudah menempuh jarak 90.000 km kembali menurun dan sama dengan servis tahap ketujuh. Sementara itu, untuk servis tahap kesepuluh, yang dilakukan jika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 100.000 km, biaya servis yang dibutuhkan ialah sekitar Rp1.360.000.
Untuk lebih jelasnya, lihat ringkasan biaya servis berkala Toyota Rush pada tabel di bawah ini.
Jarak Tempuh | Estimasi Biaya |
10.000 km | Rp426.000 |
20.000 km | Rp426.000 |
30.000 km | Rp426.000 |
40.000 km | Rp1.040.000 |
50.000 km | Rp426.000 |
60.000 km | Rp1.000.000 |
70.000 km | Rp955.000 |
80.000 km | Rp2.150.000 |
90.000 km | Rp955.000 |
100.000 km | Rp1.360.000 |
TOTAL BIAYA | Rp9.164.000 |
Bisa dilihat dari tabel di atas bahwa dari jarak tempuh 10.000 km hingga 100.000 km, Toyota Rush membutuhkan biaya servis dengan total Rp9.164.000. Biaya ini tentu bisa berubah-ubah sesuai dengan komponen apa yang diganti ketika servis dan bagaimana keadaan kendaraan ketika diservis. Dari sini, kita bisa perkirakan bahwa biaya servis berkala Toyota Rush 2021 pun kemungkinan akan berada dalam kisaran harga yang sama.
Sebelum membahas tentang biaya servis Toyota Rush 2021, ada baiknya jika kita telusuri dulu perjalanan panjang Toyota Rush di Indonesia. Toyota Rush merupakan produk mobil SUV yang tercipta sebagai hasil kerjasama Toyota dengan Daihatsu, kembar dengan Daihatsu Terios.
Pada saat diluncurkannya, Toyota Rush ini berhasil menjadi salah satu model mobil compact SUV yang sangat diminati di Indonesia. Toyota Rush pertama kali hadir meramaikan jagat otomotif Tanah Air pada tahun 2006 silam, tidak lama setelah perilisan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Toyota Rush sekilas terlihat sama dengan Daihatsu Terios, tetapi ternyata kedua mobil ini memiliki beberapa perbedaan. Daihatsu Terios dibuat dalam konfigurasi 7-seater sementara Toyota Rush dibuat dalam konfigurasi 5-seater. Kehadiran Toyota Rush di Indonesia sukses mendongkrak angka penjualan mobil SUV Toyota dari 3.000 unit per tahun menjadi 30.000 unit per tahun.
Pada tahun 2009, Toyota Rush dan Daihatsu Terios kembali mendapatkan facelift dari Toyota dan Daihatsu. Pada saat itu, ubahan yang dilakukan pada mobil ini hanya meliputi bagian eksterior, seperti ubahan pada bagian grille dengan garis melintang di tengah logo, lampu kabut atau fog lamp, serta adanya penambahan bumper guard di bagian depan dan belakang.
Lalu pada bulan Oktober 2010, Toyota Rush kembali mendapatkan ubahan minor. Ketika itu juga, Toyota Rush menghadirkan varian baru, yakni Toyota Rush G dengan pilihan transmisi otomatis. Beberapa ubahan pada bagian bodi pun dilakukan, sebut saja kisi-kisi grille yang menjadi lebih padat, penggantian lampu belakang, dan bumper dengan motif yang baru. Pada model barunya ini, Toyota Rush juga mendapatkan tambahan roof rail dan ban yang lebih lebar untuk menambah kesan agresif.
Pada tahun 2013, Toyota Rush kembali menawarkan varian barunya setelah bertahun-tahun vakum. Pada saat itu, varian baru yang ditawarkan adalah Toyota Rush TRD Sportivo. Jika dilihat dari segi desain, sebenarnya Toyota Rush TRD Sportivo ini masih sama, tetapi varian yang satu ini mendapatkan berbagai peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Salah satunya adalah pada bagian eksterior, dimana varian ini mengalami ubahan spoiler serta desain bumper depan dan belakang.
Toyota Rush kembali mendapatkan ubahan pada tahun 2016. Konfigurasi mobilnya kini menerapkan konfigurasi 7 seater atau bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Selain itu, varian Toyota Rush TRD Sportivo juga ditingkatkan menjadi Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo. Varian terbaru ini sudah menggunakan suspensi depan dan belakang yang baru berupa New Shock Absorber dan Coil Spring Dual Rate khas TRD sehingga bisa memberikan kenyamanan dan stabilitas yang lebih baik ketika berkendara dalam kecepatan tinggi.
Kemudian pada tahun 2017, generasi terbaru Toyota Rush pun diperkenalkan. Toyota Rush yang dirilis pada tahun 2017 ini berubah total dari segi desain, fitur, maupun mesinnya.
Generasi terbarunya ini dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang baru, sebut saja Engine Start/Stop Button yang memungkinkan pengendara menyalakan mobil tanpa harus menggunakan anak kunci. Mesin yang digunakan pada Toyota Rush keluaran tahun 2017 ini juga baru, karena menggunakan mesin 2NR-VE, Dual VVT-i, berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 PS dan torsi sebesar 136 Nm.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5
18.872 km
2,5 tahun
Java East
2018 Honda HR-V SE 1.5
43.740 km
4,5 tahun
Banten
2018 Honda HR-V SE 1.5
62.209 km
5 tahun
Jawa Barat