Seperti diketahui, mobil jenis hatchback kompak besutan pabrikan otomotif Jepang berlogokan tiga oval, Toyota Yaris 2021 telah menggunakan rem cakram di bagian depan dan belakang khusus pada tipe teratasnya. Pada bagian depan, Toyota Yaris TRD Sportivo menggunakan rem cakram jenis ventilated disc rotor berukuran 15 inci serta solid disc rotor pada kedua roda belakangnya.
Pengendali laju model ini mempunyai cara kerja dengan cara menjepit piringan cakram untuk mengehentikan laju kendaraan. Untuk menjepit piringan, digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
Nah, ternyata peranti rem cakram belakang ini tidak ada pada Honda City Hatchback 2021 yang estimasi harganya lebih mahal. City Hatchback masih mengandalkan rem tromol.
Sedikit informasi, Harga Toyota Yaris 2021 TRD Sportivo kini dibandrol Rp268.800.000 hingga Rp284.000.000. Harga yang ditawarkan saat ini telah mendapatakan relaksasi dari pemerintah atas kebijakan PPnBM nol persen selama Maret sampai dengan Mei 2021 yang tertera dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021.
Ingin tahu seberapa penting rem cakram pada roda belakang Toyota Yaris? Simak terus ulasannya di bawah ini.
Baca juga: Kelebihan Toyota Yaris
Sebelum bicara jauh mengenai rem cakram belakang pada Toyota Yaris, kami ingin sedikit mengulas apa itu rem cakram. Rem ini punya komponen utama yang terdiri dari piringan cakram dan kaliper rem yang berisi piston serta kampas.
Sama seperti namanya, sistem kerja rem ini mengandalkan penjepitan piringan cakram yang dijepit kaliper pada roda mobil. Ketika kalian menginjak pedal rem, master rem akan mendorong minyak rem supaya mengalir ke piston. Kaliper kemudian akan mendorong piston agar bergerak, dan membuat kampas menjepit cakram.
Kecepatan roda mobil lalu akan melambat sampai pada akhirnya berhenti. Sistem kerja rem cakram bertumpu pada penjepitan cakram itu sendiri yang langsung berhubungan dengan roda mobil.
Tentunya, sistem kerja yang efektif ini adalah suatu kelebihan. Selain itu, rem cakram juga punya sistem pendinginan yang baik lewat rongga atau lubang yang ada pada cakram. Panas yang ditimbulkan dari gesekan kampas rem bisa langsung berkurang karena leluasanya pengaliran udara.
Rem cakram bagian depan dan belakang Toyota Yaris 2021 diketahui memiliki perbedaan. Hal ini dilakukan karena beban pendistribusian pengereman roda depan dan belakang berbeda.
Diketahui roda depan memiliki daya dan beban pengereman yang lebih besar bekisar hingga 70% dibandingkan roda belakang. Hal ini yang menjadikan mengapa Yaris TRD Sportivo lebih baik menggunakan rem cakram model ventilated disc brake rotor pada bagian depan dan solid disc brake rotor di belakang.
Disisi lain, piringan cakram model ventilated disc rotor digunakan pada roda depan karena akan lebih cepat untuk melepas panas akibat gaya gesek. Dalam hal ini tentunya akan menghasilkan pengereman yang lebih baik.
Baca juga: Biaya Servis Toyota Yaris Vs Honda Jazz
Rem cakram jenis solid disc rotor yang disematkan pada roda belakang Yaris trim termahalnya ini, memiliki daya cengkram yang dianggap lebih baik dari sistem pengereman model drum brake (rem tromol) yang digunakan Yaris tipe G.
Sistem pengereman model solid disc ini memiliki material lebih sedikit dibandingkan dengan drum brake. Pada piringan cakramnya dibuat berbeda dengan model ventilated disc brake, karena solid disc ini hanya terdiri dari satu lapisan saja yang mana beban kerjanya tak seberat rem cakram depan.
Bicara mengenai pengaturannya, sistem pengereman model ini juga lebih mudah. Karena pemilik tidak perlu menyetel kedekatan antara kampas dengan media seperti yang dilakukan pada rem tromol.
Begitu juga perawatannya, kalian tidak diharuskan sesering mungkin membersihkan abu dari sisa-sisa pengereman. Karena secara otomatis abu dari sisa pengereman akan terbuang dengan sendirinya. Bicara mengenai penggantian kampas rem, solid disc rotor juga lebih mudah dibandingkan dengan drum brake, loh.
Sebagai suksesor Jazz yang telah disuntik mati pada Februari kemarin, Honda City Hatchback RS “Road Sailing” dihadirkan untuk bersaing secara langsung dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. City Hatchback RS ini merupakan varian tertinggi dan hanya satu tipe saja yang dijual di Indonesia.
Berbagai macam keunggulan dari fitur, tampilan serta performa, ditawarkan Honda Prospect Motor terhadap lini hatchback kompak terbarunya ini.
Baca juga: 5 Hal Mengenai Honda City Hatchback RS
Bicara mengenai perangkat keras pada sistem pengeremannya, Honda City Hatchback RS dirasa masih tertinggal dibandingkan varian teratas Yaris. Pasalnya, pada roda belakang City Hatchback masih menggunakan drum brake untuk pengendali lajunya.
Solid brake rotor pada Toyota Yaris TRD Sportivo, merupakan sistem pengereman yang sangat penting untuk saat ini. Selain memiliki daya cengkram yang baik, perawatan mudah, serta mudahnya dalam penggantian kampas, model pengereman seperti ini juga meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih sporty.
Namun sayang, karena solid brake rotor ini hanya menggunakan selembar piringan saja, maka kurang mampu melepaskan energi panas ketika melakukan pengereman yang cukup lama.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
23.843 km
2 tahun
Jakarta
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
32.285 km
2 tahun
Banten
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
41.113 km
2 tahun
Jakarta
2017 Honda CIVIC TURBO E 1.5
63.859 km
6 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta