Toyota Yaris generasi pertama atau yang biasa disebut dengan Yaris Bakpao, merupakan hatchback kompak yang cukup digemari selain Honda Jazz di Tanah Air. Memiliki tampilan yang terkesan timeless, mobil ini juga mempunyai mesin dengan tingkat durabilitas yang cukup baik, loh.
Meski terbilang bandel, mesin 1NZ-FE VVT-i DOHC, 4 silinder segaris berkapasitas 1500 cc yang disematkan pada mobil ini kerap kali menimbulkan suatu gejala, yakni mesin ngelitik. Mesin ngelitik, yang mempunyai nama lain knocking atau detonation ini pada umumnya terjadi ketika pengemudi menginjak pedal gas secara penuh untuk meningkatkan kecepatan di jalan yang rata ataupun ingin menambah akselerasi dalam kondisi jalan yang menanjak.
Suara ngelitik ‘knocking’ disertai munculnya getaran mesin yang cukup keras, mengakibatkan performa mesin menjadi berkurang. Tidak hanya menimpa Toyota Yaris, dalam kejadian serupa juga bisa menimpa mobil lain.
Berikut kami sampaikan beberapa informasi mengenai faktor apa saja yang bisa menyebabkan mesin mobil ngelitik.
Baca juga: Hati-hati Sasis Bisa Bengkok! Ini Cara Dongkrak Mobil yang Benar
Seperti yang diketahui, busi mempunyai peran untuk membantu mengontrol lingkungan internal mesin dan beroperasi dengan kondisi yang presisi. Penggunaan busi yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dapat menyebabkan kondisi kurang optimal pada saat terjadinya pembakaran di dalam ruang bakar. Faktor seperti ini lah menjadi salah satu penyebab timbulnya suara ngelitik pada mesin.
Setiap mobil memiliki mesin dengan angka kompresi yang berbeda. Apabila menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dalam arti kualitas yang rendah, dapat menyebabkan naiknya temperatur dan tekanan di dalam ruang bakar mesin. Akibatnya, minyak tidak bisa terbakar dengan sempurna dan menyisikan senyawa yang menempel dalam ruangan silinder.
Sisa pembakaran dalam bentuk kerak karbon yang tidak ikut terbuang melalui saluran manifold, bisa terus menempel pada ruang bakar. Kerak seperti ini umumnya akan menempel pada klep ataupun busi.
Dengan adanya kerak yang tersisa di ruang bakar, bisa mengakibatkan timbulnya suara ngelitik dan kurangnya performa pada mesin akibat proses pembakaran yang tidak bekerja secara maksimal.
Baca juga: Bukan Cuma Menyerang Toyota Avanza, Kenali Masalah Idle Speed Control (ISC) di Mobil Lain
Throttle body atau karburator yang kotor menjadi penyebab lain mesin ngelitik. Hal ini dikarenakan debu atau kotoran yang merangsek melalui celah filter udara ini menempel pada bagian Throttle body atau karburator, yang menyebabkan saluran udara maupun aliran bahan bakar menjadi terhambat. Jika sudah begitu, segera lakukan tune up mendapati performa awalnya.
Mobil dengan teknologi injeksi, membutuhkan injektor untuk meginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar dalam bentuk butiran-butiran yang lembut. Cara kerja injektor ini memproses percampuran bahan bakar dengan udara agar dapat teratomisasi secara sempurna. Apabila terdapat kotoran yang menyumbat pada injektor, secara otomatis sistem pengkabutan bahan bakar menjadi tidak maksimal. Kejadian seperti ini mengakibatkan mesin mobil menjadi ngelitik dan mudah panas.
Knock sensor atau knocking sensor merupakan salah satu sensor yang ada pada mesin injeksi. Salah satu parts yang terletak pada mesin kendaraan berteknologi injeksi ini berfungsi untuk mendeteksi atau mensensor jika terjadi knocking atau atau getaran atau ketukan pada mesin.
Knocking pada kendaraan dapat terjadi atau disebabkan salah satunya adalah karena pengapian yang terlalu maju. Bila terjadi engine knocking pada kendaraan maka dapat mengakibatkan turunnya tenaga pada mesin, sehingga kinerjanya menjadi kurang optimal dan juga dapat menyebabkan komponen-komponen di ada dalam mesin akan cepat aus atau rusak.
Seal klep yang bermasalah menjadi salah satu penyebab timbulnya suara ngelitik pada mesin. Hal ini dikarenakan fungsi dan cara kerjanya menjadi tidak maksimal. Jika mengalami kejadian seperti ini, baiknya segera lakukan penggantian karena juga bisa menyebabkan timbulnya asap hitam menggumpal yang keluar dari lubang knalpot.
Tidak hanya secara terus menerus menimbulkan suara berisik ketika menginjak pedal gas, stelan klep yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan timbulnya suara ngelitik. Cara penyetelan klep agar menghilangkan suara yang mengganggu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kami sarankan untuk melakukannya di bengkel terpercaya sekaligus melakukan tune up untuk kembali mendapatkan performa yang diinginkan.
Baca juga: Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya
Overheat pada mesin mobil bisa disebabkan dengan beberapa faktor. Sebelum putaran mesin mobil berhenti secara total akibat overheat, umumnya kejadian pertama yang ditimbulkan adalah suara mesin ngelitik. Hal ini dikarenakan mesin dengan suhu yang panas tidak bisa bekerja secara maksimal. Jika suara ngelitik timbul dari mesin yang overheat, sebaiknya berhenti dan diamkan mesin beberapa menit sebelum kembali melakukan perjalanan.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
23.843 km
2 tahun
Jakarta
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
32.285 km
2 tahun
Banten
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
41.113 km
2 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat