Ubahan Toyota Rush GR Sport dari versi TRD Sportivo rupanya tak cuma tampilan. Tapi juga ada fitur baru yang disebut Automatic Idling Stop System. Fitur tersebut diklaim dapat membantu mengefisiensikan konsumsi bahan bakar (BBM) mobil.
Seperti yang ada di Honda Vario, Idling Stop System bekerja dengan mematikan mesin secara otomatis dalam kondisi idle (mesin hidup tanpa melaju).
Misalnya saat berhenti di kemacetan atau ketika berhenti di lampu merah. Kemudian mesin akan otomatis hidup kembali saat pedal gas diinjak. Sehingga tujuan hemat bensin beserta lebih ramah lingkungan bisa tercapai, lantaran tak ada emisi saat fitur tersebut aktif.
Baca juga: 5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?
Fitur penghemat bensin ini hadir di semua varian Rush GR Sport, baik yang bertransmisi manual atau matik. Fungsinya bisa dihidup atau matikan lewat tombol yang tersedia di sisi pengemudi yang letaknya di samping tombol Vehcile Stability Control (VSC). Simbolnya berupa huruf A yang dilingkari dan di bawahnya terdapat kata OFF.
Tapi cara kerja idling stop antara Rush GR Sport manual dan matik berbeda seperti diungkapkan Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Supaya mesin bisa mati dan tidak ada bahan bakar terbuang, ada beberapa cara yang harus dilakukan.
"Untuk matik, posisi transmisi di D, keadaan berhenti, injak rem agak dalam dan mesin akan mati. Ketika pedal rem dilepas atau pedal gas diinjak, mesin akan starter kembali," jelas Didi saat dihubungi.
Namun untuk manual, posisikan transmisi di netral dalam keadaan berhenti. Lalu pedal kopling dilepas, sejurus kemudian mesin akan mati. "Ketika pedal kopling diinjak lagi atau pedal gas ditekan, maka mesin akan hidup kembali," sambung Didi.
Tapi yang jadi perhatian adalah fitur idling stop system bekerja dengan baik apabila memenuhi segala kondisi seperti kap mesin dalam keadaan tertutup, semua pintu tertutup, sabuk pengaman digunakan, aki dalam kondisi prima, dan lain sebagainya.
Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan
Saat aktif, idling stop system akan mematikan mesin. Hal ini tentunya juga akan menghentikan kinerja penyejuk kabin atau AC sejenak sampai mesin dihidupkan lagi. Makanya saat menumpang Toyota Rush GR Sport terbaru jangan kaget manakala suhu di dalam kabin akan naik dan terasa hembusan angin saja.
Bagi sejumlah orang bisa membuat tidak nyaman, makanya pengemudi diberikan opsi untuk bisa menonaktifkannya lewat tombol. Fiturnya mampu memangkas konsumsi bensin karena mencegah terbakar sia-sia, tapi harus dibayar lewat fungsi AC yang ikut dimatikan.
"Tapi yang pasti blower tetap hidup, namun kompresor AC mati karena mengikuti putaran mesin," pungkas Didi.
Fitur idling stop bukan barang baru di kendaraan roda empat. Rupanya beberapa mobil pabrikan tiga elips ini juga telah memilikinya seperti Toyota Alphard atau Toyota Vellfire hingga Lexus NX 200.
Tetapi untuk Rush, hanya varian GR Sport yang Toyota jejali dengan fitur tersebut.
Baca juga: Bikin Irit Bensin, Idling Stop System Malah Mempersingkat Usia Aki?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5
18.872 km
2,5 tahun
Java East
2018 Honda HR-V SE 1.5
43.740 km
4,5 tahun
Banten
2018 Honda HR-V SE 1.5
62.209 km
5 tahun
Jawa Barat