Mobil MPV hingga saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat, karena kapasitas kabin yang lega. Bahkan kelebihan tersebut membuat MPV digunakan sebagai armada taksi, seperti pada Toyota Transmover dan Honda Mobilio S. Lantas, manakah model paling proper dari unit bekas taksi tersebut?
Setelah sekian tahun digunakan, MPV murah bekas taksi ini lantas mulai membanjiri pasar mobil bekas. Pertimbangan membeli unit bekas taksi tidak lain adalah ruang kabin yang lega, jumlah okupansi kursi yang lebih banyak, serta fleksibel digunakan untuk segala kebutuhan.
Masing-masing model ini dikenal memiliki layanan purna jual yang baik dengan jaringan bengkel resmi yang tersebar luas. Bengkel spesialis pun cukup banyak tersedia hingga berbagai kota. Bila bosan dengan Toyota Transmover yang sudah mainstream, masih ada Honda Mobilio bekas taksi sebagai alternatifnya.
Bagi kalian yang masih bingung menentukan pilihan, mari simak komparasi Toyota Transmover vs Honda Mobilio S bekas taksi baik dari segi perfoma, fitur, maupun harga.
Toyota Transmover (Transport you to move to other place) sebenarnya diciptakan secara khusus untuk konsumen fleet sebagai kendaraan operasional perusahaan serta armada taksi. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 2016.
Saat itu banyak yang mengira bahwa mobil ini merupakan Toyota Avanza yang dijadikan taksi, padahal tidak. Secara kasta, Transmover memang di bawah Avanza atau sebagai mobil basic dari keluarga Avanza.
Secara desain, Toyota Transmover ini masih mempertahankan desain Toyota Avanza E generasi kedua pre-facelift. Sisi sampingnya juga terlihat begitu sederhana tanpa side moulding sebagai lapisan pelindung pintu untuk menghindari benturan langsung dari samping. Velgnya juga sederhana, masih memakai velg kaleng R14 berkelir silver, yang sudah ditutup dop.
Untuk Transmover versi awal, spionnya masih sederhana dengan cover hitam dan engsel sendi peluru. Pengaturannya juga masih manual pakai tangan, bukan tuas engkol.
Fitur hiburan di Transmover sebenarnya tidak ada, karena Toyota menghilangkan head unit audio sebagai kelengkapan standar di Avanza. Namun kalau kita jeli, taksi yang memakai Transmover biasanya sudah memiliki head unit single din yang mendukung radio CD.
Kemudian, doortrim material plastik warna hitam kian membuat kabin terlihat lebih sederhana. Untungnya, Toyota Transmover telah didukung fitur AC double blower sehingga penumpang di belakang tidak kegerahan.
Itu tadi fitur yang dimiliki oleh Toyota Transmover, bagaimana soal performanya?
Bicara soal jantung pacu, Toyota Avanza E dengan Toyota Transmover pada dasarnya dibenamkan mesin yang sama. Mesin berkode 1NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.329 cc ini mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.
Mesin yang digunakan tersebut memiliki tingkat durabilitas serta angka konsumsi bahan bakar yang terbilang baik. Namun begitu, tarikan awalnya kerap kali dikeluhkan karena cenderung lebih lemot dari mesin sebelumnya.
Untuk harga Toyota Transmover berkisar di angka Rp90 Juta hingga Rp125 Juta tergantung kondisi, tahun dan ketersediaan unit. Bagaimana dengan Honda Mobilio, apakah lebih oke?
Rival sepadan di segmen mobil bekas taksi untuk Toyota Transmover yaitu Honda Mobilio S. Merek Honda seolah memiliki kasta lebih tinggi dibandingkan Toyota. Sebagai informasi, Mobilio yang digunakan untuk armada taksi ini memakai tipe S alias unit yang menjadi trim paling rendah.
Unit yang biasanya ditawarkan yaitu keluaran 2016, atau facelift pertama. Perubahan yang sangat terasa yaitu di bagian interior yakni desain dashboard dan panel instrumen yang baru mirip BR-V.
Penampilan luar Mobilio S ini cukup sederhana karena masih memakai velg kaleng 14 inci yang ditutup dop. Namun demikian, pengaturan kaca spion telah memakai motor elektrik. Fitur interiornya juga cukup menarik untuk ukuran mobil bekas taksi.
Honda Mobilio tipe S eks taksi ini sudah dilengkapi power window, central lock, ac double blower, dan dual airbag. Sebagai informasi, untuk Mobilio 2014 dan 2015 atau pre facelift masih memakai AC single blower. Tidak jarang perusahaan taksi yang melego Mobilio bekasnya juga sudah memberi fitur kamera mundur, alarm, kaca film, dan head unit.
Bicara soal performa, Mobilio S bekas taksi ini lebih oke dari Transmover. Pasalnya, Mobilio dipersenjatai mesin berkode L15Z1 berkapasitas 1.500cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm.
Untuk harga pasaran Honda Mobilio bekas taksi ini dijual pada kisaran Rp100 juta. Dengan harga yang mirip Transmover, Mobilio punya fitur dan spesifikasi mesin lebih oke sebagai alternatif mobkas yang terjangkau.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
8.996 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda MOBILIO RS 1.5
12.090 km
2,5 tahun
Java East