Fokus di kendaraan komersil jenis d-cab, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) pada gelaran GIIAS 2021 kemarin memperkenalkan Isuzu D-Max 2022. Secara khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan bidang komersial seperti tambang, perkebunan, rental, serta oil dan gas, mobil baru berkabin ganda Isuzu tersebut tentunya akan berhadapan langsung dengan Toyota Hilux 2021 yang merupakan rival utamanya.
Sebagai informasi, Isuzu bukan hanya sekedar memberikan penyegaran terhadap tampilan luar D-Max 2022. Pihaknya turut melakukan revolusi pada mesinnya, transmisi, fitur keselamatan, keamanan dan offroad ability, yang dianggap mampu menghasilkan output performance lebih besar.
Bicara bandrolnya, tipe terendah D-Max DC M/T kini ditawarkan Rp433,2 juta, sedangkan varian terbawah Toyota Hilux, yakni E 4x4 M/T dibandrol Rp409,9 juta.
Lebih mahal Rp23,3 juta apakah D-Max bisa bakal laris dan lebih unggul dari Hilux untuk spesifikasinya? Berikut ulasan perbandingan keduanya.
Baca juga: Ciri Khas Unik Mobil Khusus Tambang, Kenapa Harus Punya Antena Berbendera?
Melihat data di atas kertas, secara dimensi Isuzu D-Max 2022 memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.810 mm. Untuk kapasitas kargonya sendiri panjang baknya 1.495 mm, lebar 1.530 mm dan tinggi 490 mm.
Bicara Toyota Hilux, flagship pabrikan tiga oval di segmen double cabin ini punya panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm dan tiggi 1.815 mm. Sedangkan untuk ukuran baknya mobil ini mempunyai panjang 1.525 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 480 mm.
Jika melakukan perbandingan keduanya dari segi dimensi, secara keseluruhan Isuzu D-Max lebih unggul dari Toyota Hilux. Namun untuk kapasitas ruang kargo yang diperoleh, Hilux E 4x4 M/T terbukti lebih besar.
Isuzu D-Max DC M/T sebagai varian termurah D-Max 2022 telah disematkan head unit 2 din yang mendukung format radio dan bluetooth. Untuk MID nya sendiri masih basic, namun sudah dilengkapi dengan power window di semua pintunya dan central door lock.
Melihat sisi keselamatannya, pick up multifungsi ini turut tersematkan disc brake 17 inch di bagian depan, drum brake di roda belakang, Emergency Stop Signal (ESS), dual airbag, ABS + EBD dan Brake Assist (BA). Menengok sistem pencahayaannya, mobil ini masih mengandalkan bohlamp halogen namun sudah dilengkapi fitur follow me home headlamp.
Meski tipe terendah, Isuzu D-Max DC M/T berhasil tersematkan velg berbahan dasar alloy berkelir silver model palang yang diselimuti ban berprofil 255/65 R17.
Baca juga: Pertarungan Single Cab 4x4 Toyota Hilux Vs Isuzu D-Max, Mana yang Paling Bisa Diandalkan?
Mengetahui fitur apa saja yang ada di Toyota Hilux E 4x4 M/T, mobil ini berhasil diaplikasikan tilt steering untuk mengatur posisi tinggi rendahnya setir dan head unit 7 inci yang telah mendukung capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. Untuk menaikan dan menurunkan kaca samping, tipe terbawah d-cab andalan Toyota ini masih menggunakan model engkol.
Sama seperti D-Max DC M/T, pengaturan AC Hilux E 4x4 M/T masih memakai model knob putar yang dilengkapi mode pengaturan hembusan angin, kecepatan dan suhu.
Pada fitur keselamatannya, tipe paling bawah Toyota Hilux 2022 di segmen double cabin ini dilengkapi dengan dual airbag, Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Immobilizer untuk sistem keamanan maksimal.
Isuzu D-Max mengusung mesin diesel RZ4E-TC In-line 4-cylinder DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection with intercooled VGS (Variable Geometry System) berkapasitas 1.898 cc yang menghasilkan tenaga 150 PS @3.600 rpm dengan torsi puncak 350 Nm @1.800-2.600 rpm.
Mengenai transmisinya, mobil ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan transfer case 4WD - Shift On The Fly, menggunakan Rough Terrain mode atau Diff-lock dengan traksi lebih baik daripada LSD (Limited-slip differential) dengan mode pengaturan 2H, 4H dan 4L model putar. Dengan teknologi tersebut, perpindahan sistem penggerak bisa dilakukan disaat mobil melaju pelan.
Bagaimana dengan Toyota Hilux? Seperti yang diketahui, mobil ini dibenamkan mesin diesel 2.393 cc berkodekan 2 GD FTV 4 Cylinder inline, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Jantung mekanisnya tersebut diketahui mampu merilis tenaga hingga 149,6 PS @3.400 rpm serta torsi maksimal mencapai 400 Nm @1.600 – 2.000 rpm.
Untuk tingkat percepatannya, Hilux ini dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan yang juga dilengkapi transfer case 2WD dan 4WD (part time) with rear differential lock. Perlu kalian ketahui juga, Toyota Hilux menggunakan pengaturan easy 4x4 switch secara elektronik yang memudahkan pengguna dalam mengatur sistem penggerak yang diinginkan.
Lebih mahal Rp23,3 juta, Isuzu D-Max DC M/T tidak hanya unggul dari segi tampilan dan fitur dibandingkan Toyota Hilux E 4x4 M/T. Tenaga yang dihasilkan, D-Max 2022 juga lebih besar walaupun menyoal kubikasi lebih kecil dari Hilux 2021.
Namun jika kalian ingin lebih berhemat tanpa memikirikan fitur serta penampilan, tipe paling bawah Toyota Hilux di segmen d-cab ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta