4 Mobil Mewah di Bawah Rp 150 Juta yang Mudah dan Murah Perawatannya
Enda · 10 Mei, 2024 08:01
0
0
Membeli mobil mewah di bawah Rp 150 juta tentu bukan cuma impian semata, bahkan ada banyak pilihannya, mulai dari brand Jepang, Korea, Eropa hingga Amerika.
Namun tentunya untuk pilihan mobil mewah di bawah Rp 150 juta, kalian hanya bisa mendapatkan unit bekas alias seken.
Kemudian ada fenomena menarik lainnya yang terjadi, karena tak sedikit masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil mewah mudah dan murah perawatan berkalanya.
Karena banyak orang yang menuturkan jika membeli mobil mewah, maka harus mempersiapkan kocek yang tebal juga untuk cost of ownership selama menggunakannya.
Nah, bagi kalian yang saat ini sedang mencari mobil mewah di bawah Rp 150 juta dengan perawatan mudah dan tidak terlalu mahal, kami punya beberapa pilihannya yang bisa dijadikan acuan sebelum membeli.
Deretan Mobil Mewah di Bawah Rp 150 Juta yang Mudah dan Murah Perawatan
1. Toyota Alphard Gen 1
Toyota Alphard generasi pertama sangat digemari kalangan menengah ke atas di era 2000-an awal, mulai dari pejabat tinggi negara, artis, hingga pengusaha.
Sosok big MPV premium berpenampilan boxy ini pertama kali hadir di Indonesia melalui Importir Umum (IU) pada 2003, atau setahun setelah debut pertama di negara asalnya, Jepang.
Alphard dengan kode body AH10 dijual hingga 2008, dan sebagai MPV premium mobil ini tidak hanya memiliki desain yang mewah, namun juga menawarkan kenyamanan, keamanan serta keselamatan berkendara yang maksimal.
Untuk pasaran harga bekas Toyota Alphard gen 1 kini ditawarkan mulai dari Rp120 jutaan.
Harga tersebut tentunya lebih murah dari Daihatsu Sigra baru tipe terendah, namun Alphard gen 1 memiliki fitur unggulan dan keselamatan jauh lebih lengkap dibanding Sigra.
Memiliki kabin luas dengan lantai yang dibuat rata, mobil ini juga telah disematkan dengan jok elektrik, automatic sliding door, hingga electric sunroof.
Tak hanya itu, sudah dibekali pula dengan head unit layar sentuh yang dapat difungsikan melalui tombol pada setir, pengaturan AC digital, material soft touch, jok dengan bahan kulit kulalitas premium, captain seat, serta arm rest disetiap tempat duduknya yang dapat memberikan kenyamanan terhadap setiap penggunanya.
Dari segi keselamatan mendapatkan airbag yang ada di depan dan samping penumpang, ABS (Anti-lock Bracking System) dan EBD (Electronic Brake Force Distribution), selain itu ada pula stability control dan traction control.
Untuk diketahui Alphard gen 1 ditawarkan dalam dua pilihan jantung pacu, yakni 2.4L dan 3.0L.
Varian 2.4L dibenamkan mesin 2AZ-FE, 2.400 cc VVTi 4 silinder 16-valve yang sama digunakan Camry generasi kedua.
Tenaga dari mesin yang digunakan sebesar 162 PS di 5.600 rpm dengan torsi puncak 221 Nm pada 4.000 rpm yang dikawinkan transmisi matic 4-percepatan.
Sedangkan varian 3.0L menggunakan mesin 1MZ-FE V6 24-valve dengan perolehan tenaga 222 PS di 5.800 rpm serta torsi 304 Nm pada 4.400 rpm, yang dipadukan transmisi matic ultra ECT 5-percepatan.
Pada varian 2.4L, untuk perawatannya terbilang mudah dan murah mengingat di pasaran onderdil, spare part untuk varian ini masih mudah dijumpai dan harganya terjangkau.
2. Toyota Camry Gen 6
Generasi keenam Toyota Camry masuk secara resmi di Indonesia pada tahun 2006, dan dijual hingga 2012.
Punya kode Toyota Camry XV40, ini merupakan sedan premium yang menawarkan kenyamanan berkendara dan masih layak dipertimbangkan hingga kini.
Sebagai sedan mewah kelas menengah, Camry XV40 bukan cuma banyak digunakan para bos-bos perusahaan, namun juga sempat digunakan sebagai mobil dinas para menteri di era kepimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Pasaran harga bekasnya ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan sampai dengan Rp150 jutaan, Camry XV40 pada sistem pencahayaannya dilengkapi lampu projector di bagian depan dan spion dengan fitur electric mirror tapi juga didukung retractable.
Di bagian dalam tipe teratasnya mendapatkan asken wood panel di beberapa bagian, serta jok yang dibalut menggunakan kulit premium.
Terasa ergonomis, mobil ini dibekali head unit built ini yang dapat dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudi.
Untuk pengaturan AC mobil ini memiliki tampilan digital, electric height adjuster dan cruise control.
Panel instrumentnya dilengkapi layar Multi Information Display (MID), dan untuk jok belakang mendapatkan ventilasi udara.
Mengenai keselamatan berkenraa mobil ini memperoleh dual airbags, Stability Control, Hill Start Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta immobilizer.
Di Indonesia mobil ini dihadirkan dalam dua pilihan mesin, 2.4L dan 3.4L.
Mesin 2.400 cc berkode 2AZ-FE 4-silinder segaris 16 valve DOHC VVT-i yang juga terdapat pada Alphard gen 1 ini dapat menyemburkan tenaga sebesar 167 Hp di 6.000 rpm dan torsi 224 Nm pada 4.000 rpm.
Di tipe teratas, Camry XV40 disematkan mesin 2GR-FE V6 3.500 cc VVT-i dengan perolehan tenaga 277 Hp di angka 6.200 rpm serta torsi puncak 346 Nm pada putaran 4.700 rpm.
Toyota Fortuner meluncur pertama kali pada Juli 2005 dalam perhelatan Gaikindo Auto Expo ke-13 di Jakarta.
Saat meluncur, SUV 7-seater ladder frame ini menuai sambutan positif dari berbagai kalangan berkat karakter tampilan, fitur, serta performa yang disuguhkan.
Di zamannya mobil ini banyak digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintahan yang menjabat sebagai kepala bidang serta pejabat tinggi di Kepolisian maupun anggota militer RI.
Sebagai SUV mewah, siapa sangka harga bekas Fortuner gen 1 sekarang ini terbilang murah, yang mana untuk varian bensinnya berada di angka Rp130 jutaan.
Di dalam mobil ini memiliki material jok berbahan kulit yang terbilang mewah dan bagus, sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada setiap penggunanya.
Dari segi hiburan terdapat head unit double din berukuran 7 inci dengan layar sentuh dan dapat memutar file hiburan berformat mp4 dan mp3.
Memiliki kualitas suara yang baik, head unitnya dipadukan menggunakan 6 buah speaker premium yang juga dapat diatur output suaranya melalui tombol pada lingkar kemudi.
Sebagai mobil SUV dengan durabilitas tinggi dan cocok digunakan off-road, mobil ini memiliki fitur keselamatan yang terbilang baik di zamannya.
Seperti diketahui untuk fitur keselamatannya mendapatkan dual SRS airbags, kemiudian ABS dan EBD pada sistem pengeremannya.
Varian bensinnya ini dibekali mesin 2.7L dengan kode 2TR-FE VVT-i 2.693 cc I4DOHC, 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 161 PS di 5.200 rpm serta torsi puncak 244 Nm pada 3.800 rpm.
Jantung pacu yang digunakan selain tangguh juga mudah dan murah dari segi perawatan, untuk menjaga performa, pemilik cukup melakukan tune up secara berkala.
4. Nissan Serena Gen 2
Generasi kedua dari Nissan Serena hadir di Indonesia pada 2004, dengan menempati segmen Medium MPV berpenampilan boxy.
Menyasar status sosial kelas menengah ke atas, mobil ini membawa nuansa mewah serta modern yang kental.
Memiliki kode bodi C24, mobil ini dijual di Indonesia hingga 2012, dan siapa sangka, mobil mewah ini untuk kondisi bekasnya sudah masuk kategori mobil mewah di bawah Rp 150 juta.
Di Indonesia mobil ini ditawarkan dalam tiga varian, yaitu; Comfort Touring (CT), Highway Star (HWS) dan Autech.
Mulai dari varian HWS mobil ini sudah dilengkapi sliding door elektrik, monitor sebagai infotaimentnya, jok kulit, serta kamera mundur.
Varian HWS juga sudah memiliki monitor pada kedua head rest, meja lipat di baris kedua, serta tirai untuk meningkatkan privasi penumpang yang membuat varian ini semakin premium dan mewah.
Untuk konfigurasi tempat duduk, Serena C24 mengandalkan model captain seat di baris kedua yang menawarkan kenyamanan serta ruang kabin yang luas.
Selain itu, secara tidak langsung mempermudah akomodasi penumpang di baris ketiga untuk keluar maupun masuk melalui celah lorong ditengahnya.
Mengetahui fitur keselamatan, Serena C24 telah mendapatkan Airbag, ABS+EBD dan Brake Assist, serta sensor parkir untuk mendukung keselamatan.
Serena C24 diebakli mesin QR20DE 2.0 liter 4 silinder segaris 16 valve yang mampu menghasilkan tenaga 152 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 200 Nm pada 4.000 rpm.
Mesinnya sendiri terbilang bandel dan dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.
Dan menariknya untuk urusan spare part tidak perlu terlalu khawatir.
Pasalnya Nissan Serena C24 ini memiliki kesamaan dengan X-Trial 2.0L khususnya pada bagian mesin dan masih mudah dijumpai di seluruh penjuru Tanah Air.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.