Dua tahun setelah kemunculan Honda Jazz GD3, PT Toyota Astra Motor memperkenalkan Toyota Yaris gen-1 (Yaris Bakpao) dengan kode body NCP91 di Tanah Air.
Didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand, sekaligus sebagai suksesor Toyota Starlet, generasi pertama Yaris ini ditawarkan dalam tiga varian, yaitu; J, E dan S. Namun ada juga S Limited sebagai varian teratas dengan tambahan fitur keamanan serta TRD yang memiliki tampilan lebih sporty.
Terus dijajakan hingga 2013, Toyota Yaris Bakpao tercatat pernah mengalami dua kali penyegaran. Pertama tahun 2009 dan yang kedua, tiga tahun setelahnya. Mengetahui pasaran harga bekasnya saat ini, Yaris gen-1 kini dibandrol mulai dari Rp60 jutaan hingga Rp120 jutaan.
Tertarik meminangnya dalam waktu dekat? Sebelum membelinya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.
Baca juga: Hatchback Bekas Rp60 Jutaan, Pilih Honda Jazz GD3 atau Toyota Yaris Bakpao?
Bicara eksteriornya, generasi pertama Toyota Yaris Gen memiliki tampilan yang timeless dengan menampilkan kesan stylish, modern, sekaligus sporty. Tak ayal apabila hatchback dengan bentuk gambot ini hingga kini masih banyak disukai anak muda hingga orang tua.
Sedikit informasi, pada tampilan luarnya Yaris Bakpao berhasil disematkan foglamp, velg alloy R15 berkelir silver, spion retractable with turn lamp signal, dan spoiler. Untuk tipe S, S Limited dan TRD sendiri mendapat tambahan body kit di bagian bawahnya.
Menurut data di atas kertas, Toyota Yaris Bakpao mempunyai panjang 3.750 mm, lebar 1.695 mm serta tinggi 1.530 mm. Punya dimensi yang lebih besar dari pesaing terdekatnya (Honda Jazz GD3), kabin Yaris NCP91 terasa cukup lega sehingga penumpang dan pengemudi tidak akan merasa mudah lelah ketika berpergian jauh. Terlebih jok di bagian belakang dibuat rebah sehingga lebih memanjakan penumpangnya.
Bukan cuma itu, mobil ini juga terasa praktis berkat adanya tujuh cup holder, dua buah laci di bawah center cluster, serta console tengah yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh handphone ataupun dompet.
Toyota Yaris Bakpao dibangun menggunakan komponen drivetrain dan frame yang sama seperti Toyota Vios NCP93 R. Dengan begitu kalian tidak perlu khawatir akan biaya perawatan dan suku cadangnya. Pasalnya Yaris ini terkenal mudah dan murah terlebih Vios NCP93 R dengan nama Limo juga banyak digunakan sebagai armada taksi.
Sebagai contoh, untuk kampas koplingnya saja satu set dibandrol Rp1 jutaan dan kampas remnya cuma Rp300 ribuan.
Bicara jantung pacu yang digunakan, Toyota Yaris Bakpao dibenamkan mesin 1.5L berkodekan 1NZ-FE DOHC VVT-i 4 in-line cylinder, 16 valve yang mampu melecutkan tenaga 109 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 142 Nm @4.200 rpm. Mesin dengan durabilitas tinggi tersebut juga terbukti responsif ditarikan bawah dan bertenaga untuk tarikan atasnya.
Mengenai konsumsi BBM nya, pemakaian dalam kotanya dapat menempuh jarak 12 km/liter, dan 14 km/liter untuk penggunaan luar kota.
Secara spesifikasi, Toyota Yaris Bakpao menggunakan supensi berjeniskan independent McPherson strut di bagian depan dan rigid axle with torsion beam di roda belakangnya. Menurut kami yang pernah merasakannya secara langsung, bantingan yang dihasilkan cenderung stiff, namun memberikan efek stabil ketika melakukan menuver dalam kecepatan tinggi.
Untuk fiturnya, varian J berhasil disematkan head unit single din yang dipadukan 4 buah speaker. Selain itu fitur standar berupa power window, electric mirror, sistem pendingin udara/AC, central lock, alarm sytem, dan power steering juga sudah bisa kalian jumpai didalamnya.
Mengenai sistem keselamatannya, tipe ini telah dibenamkan fitur berupa dual SRS airbag, rem cakram (ventilated disc) di bagian depan serta rem tromol (drum brake) di roda belakangnya.
Menilik varian tengahnya, E, dilengkapi fitur seperti power window, electric mirror, sistem pendingin udara/AC, central lock, alarm sytem, dan power steering. Soal fitur hiburannya, varian ini juga berhasil disematkan head unit single din dengan 6 buah speaker.
Bicara fitur keselamatannya, varian E nya dibenamkan dengan fitur berupa dual SRS airbag, rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. Guna memberikan perlindungan lebih terhadap penggunannya, pada sistem pengeremannya tersebut mendapatkan tambahan berupa Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan terakhir Brake Assist (BA).
Untuk fitur unggulan, tipe S memiliki kesamaan dengan E. Sebagai entitas, tipe S memperoleh tambahan berupa defogger, retractable electric mirror, intermittent wiper yang tentunya dapat memberikan kemudahan kepada setiap penggunanya, serta untuk semua rodanya sudah mengadopsi rem cakram jenis ventilated disc di bagian depan, dan solid disc di roda belakangnya.
Oh iya, tipe S juga memperoleh tambahan body kit yang mana memiliki bentuk lebih sporty dibandingkan tipe E. Khusus varian S Limited, model ini mendapatkan tambahan berupa keyless entry serta fitur start/stop engine. Sedangkan varian TRD bukan cuma memperoleh body kit dengan tampilan sporty, tapi juga suspensi berjeniskan sport yang mampu mereduksi gejala body roll, meningkatkan kestabilan berkendara, sekaligus memberikan handling yang lebih baik.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia
Toyota Yaris Bakpao hadir dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Bicara varian manualnya, koplingnya terbilang cukup keras yang tentunya mengurangi tingkat kenyamanan berkendara.
Menggunakan sistem penggerak Front-wheel Drive, Toyota Yaris Bakpao memiliki kelemahan di sektor kaki-kaki. Beberapa kejadian tidak mengenakan pada mobil karena timbulnya suara ‘gluduk’ pada bagian roda depannya. Hal ini dikarenakan karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia.
Transmisi matic yang digunakan Toyota Yaris Bakpao masih mengandalkan model konvensional tanpa dilengkapi dengan fitur paddle shift. Dengan begitu mobil ini terasa kurang begitu responsif terlebih ketika ingin menyalip kendaraan didepannya.
Namun untuk kelebihannya ada pada perawatannya yang relatif lebih terjangkau bila dibandingkan transmisi CVT yang dianut Honda Jazz GD3
Menyoal peredam kabinnya, mobil ini terbilang tipis. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan tambahan peredam yang ditempelkan pada lantai kabin dan dinding pintu.
Bagi sebagian orang, Toyota Yaris Bakpao memiliki tampilan speedometer yang aneh. Karena meter cluster yang menampilkan segala informasi soal kendaraan diletakkan di tengah dashboard tepat di atas head unitnya.
Setelah membaca ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris Bakpao di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa hatchback kompak rival utama Honda Jazz GD3 ini masih sangat layak untuk dimiliki hingga saat ini. Selain spare part yang terjangkau, tampilan timeless, fitur cukup lengkap, mesin bandel dan bertenaga, mobil ini juga nyaman digunakan untuk mendukung segala aktifitas sehari-hari.
Namun sebelum membelinya, pastikan lebih dulu mengecek bagian kaki-kaki kendaraan, kesehatan mesin, serta kondisi transmisi maticnya.
Baca juga: Sebelum Beli Toyota Yaris Bakpao, Ketahui Perbedaan Tipe J, E dan S Biar Nggak Keliru
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
23.843 km
2 tahun
Jakarta
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
32.285 km
2 tahun
Banten
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
41.113 km
2 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat