Toyota Voxy generasi terbaru sebentar lagi hadir di Indonesia. Walau namanya kurang bersinar, tapi sosok Voxy ini tidak bisa diremehkan karena kenyamanannya yang dianggap sebagai baby Alphard. Karena sepi peminat, harga bekas Toyota Voxy 2018 ini setara dengan Kijang Innova Reborn bermesin bensin.
Kalau kita bandingkan keduanya, mana sih yang paling oke untuk dimiliki? Kapasitas mesin keduanya juga serupa, yaitu bermesin 2.0 bensin. Meskipun demikian, Kijang Innova dan Voxy ini berbeda kode mesin beserta outputnya.
Tentu masing-masing model ada plus minusnya. Jadi kalian perlu memahami karakter dari Kijang Innova ataupun Voxy. Meskipun sama-sama MPV, tapi Voxy ini berkonstruksi sasis monokok dan Kijang Innova memakai ladder frame.
Membandingkan harga keduanya, kisaran yang dijual untuk Toyota Voxy bekas ini berkisar Rp350-450 juta. Untuk Kijang Innova Reborn Bensin 2022 dijual dengan harga sebagai berikut:
Toyota Kijang Innova Reborn masih tetap mengandalkan sasis ladder frame sebagai konstruksi utama. Platform tersebut sama seperti yang digunakan oleh Toyota Hilux. Bahkan dulunya Kijang ini punya model pick up.
Jadi secara konstruksi, Toyota Kijang Innova punya struktur yang perkasa untuk berbagai kondisi medan jalan di Indonesia. Pasalnya, keunggulan sasis ini adalah mudah untuk dilakukan reparasi saat mengalami tumbukan, dan terbilang tahan lama.
Hal lain yang patut disorot dari sosok Kijang Innova Reborn Bensin ialah mesinnya. Dapur pacu berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc ini diketahui mampu merilis tenaga 139 PS @5.600 rpm di angka torsi 183 Nm @4.000 rpm. Mesin tersebut dengan rasio kompresi mesinnya berada di angka 9,8 : 1.
Melihat angka kompresinya ini relatif bersahabat, karena bisa memakai Pertalite walau sebenarnya dianjurkan untuk memakai Pertamax. Sebagaimana diketahui, bensin Pertamax ini digunakan untuk mesin berkompresi 10:1. Untuk angka kompresi 9,0-9,9 : 1, masih bisa memakai Pertalite atau bensin beroktan 90.
Walau dicap boros, tapi Kijang Innova bensin suara mesin yang dihasilkan lebih kecil. Dengan demikian, berpergian dalam jangka waktu yang lama akan terasa lebih nyaman dan aman.
Teknologi yang diusung Kijang Innova Reborn ini tidak banyak berubah sejak era Kijang Innova yang sebelumnya. Mesin tersebut sebenarnya termasuk mudah dan efisien soal perawatan.
penggunaan oli mesinnya juga tidak perlu yang mahal. Pemilik hanya cukup menggunakan oli 10W-40 setiap melakukan penggantian rutin. Jelas kondisinya berbeda dengan Kijang Innova diesel, pemilik diharuskan selalu menjaga kondisi turbo agar mampu bekerja secara maksimal.
Dibandingkan dengan model sebelumnya, interior di Kijang Innova Reborn Bensin terbilang lebih baik. Ruang penyimpanan di dalam kabin mobil cukup banyak, ditambah lagi sampai baris ketiga dapat diduduki oleh penumpang dewasa dengan nyaman.
Tampilan kabin juga mewah, mengingat mobil ini masuk dalam kelas MPV menengah. Kita disuguhi bagian dashboard yang elegan dengan pemberian aksen warna silver. Bahkan pada beberapa tipe yang berada di atas sudah diberikan aksen wood panel.
Pada sisi interior, Toyota Innova varian G dan V hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium. Innova tipe G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah.
Khusus untuk Luxury Grade, interior Toyota Kijang Innova dipercantik dengan ubahan aksen baru yakni New Black Color Captain Seat, New Seat Table, dan New Instrument Panel with Wooden Ornament.
Bila Kijang Innova Reborn Bensin ini cenderung mengutamakan durabilitas, pada Toyota Voxy ini berfokus pada kenyamanan khas mobil kelas atas. Wajar saja, harga baru mobil ini telah di atas setengah miliar rupiah. Toyota Voxy disebut sebagai mini Toyota Alphard karena banyak kemiripan walau harganya cuma separuh dari Alphard.
Secara desain mobil ini punya tampilan yang mengotak seperti Alphard, hanya saja dimensinya lebih kecil. Toyota Voxy punya dimensi panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.835 mm. Mobil ini juga punya jarak sumbu roda 2.850 mm dan ground clearance mencapai 165 mm.
Sensasi MPV premium makin terasa karena Voxy dibekali pintu tengah model geser yang bisa dioperasikan secara elektrikal maupun manual dari bagian pengemudi. Interiornya pun serupa dengan kakaknya yang dijual seharga lebih dari Rp1 miliar.
Hal yang cukup menarik adalah adanya dua buah moonroof. Untuk yang pertama terletak di bagian atas penumpang depan dengan ukuran sedang. Moonroof kedua terletak di bagian tengah dengan ukuran yang cukup besar.
Untuk kursi tengah berkonfigurasi captain seat dengan penggunaan material bahan kulit. Kenyamanan dalam kabin pun lebih baik karena Toyota Voxy adalah AC triple zone. Kemudian, pada bagian tengah terdapat sunshade atau krey yang dapat dinaikkan secara manual yang berguna untuk memberikan privasi lebih saat berkendara di jalan.
Itu baru kenyamanan di sisi penumpang, karena pengemudinya pun ikut dimanjakan dengan fitur canggih. Pada kursi depan memakai pengaturan jok elektrik, cruise control, dan head unit layar sentuh. Setirnya diatur melalui mekanisme tilt dan teleskopik untuk mendapatkan posisi ideal dan nyaman saat berkendara.
Untuk menyalakan dan mematikan mesin, Voxy tidak lagi memakai anak kunci dan cukup memakai tombol start/stop button.
Di balik kapnya, Toyota Voxy didukung mesin berkode 3ZR-FAE dengan kapasitas 1.987 cc, 4 silinder, DOHC. Angka kompresinya sebesar 10:1. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 152 hp dan torsi 193 Nm.
Tenaga mesinnya disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi otomatis CVT. Jenis transmisi ini membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi cukup irit dan membuat tarikan mesin lebih halus.
Melihat karakter kompresi mesinnya, Voxy ini harus menenggak Pertamax atau bensin dengan RON 92. Tenaga yang dihasilkan pun sedikit lebih besar daripada Kijang Innova Reborn Bensin.
Membandingkan kedua model di atas, Toyota Voxy dengan desain boxy dan struktur rangka monokok ini unggul dari sisi kenyamanan terutama di jalanan kota besar. Hanya saja, ground clearance rendah dan penggerak roda depan pada Voxy ini jelas menyulitkan saat di kondisi jalanan perbukitan dan berbatu di pegunungan.
Situasi medan yang masih belum sepenuhnya diaspal mulus membuat Kijang Innova Reborn Bensin masih jadi favorit di kota-kota kecil. Sasis ladder frame ini cukup tangguh, serta ditunjang ground clearance tinggi berikut RWD membuat Kijang Innova lebih perkasa di jalanan berbukit dan berbatu.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat