All new Toyota Voxy 2022 yang meluncur belum lama ini hadir dengan mesin baru. Tapi tetap 2.000 cc, berkode M20A-FKS. Sebelumnya Voxy pakai mesin berkodekan 3ZR-FAE. Langkah ini dikatakan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy untuk menyesuaikan rancang bangun Voxy terbaru.
"Ini sesuai dengan TNGA, tuntutan pasar, kemudian gas emisi yang semakin menurun, memang permintaan tren ke depan teknologi yang lebih baik. Jadi ini waktu yang pas menggunakan mesin baru, power meningkat dan efisiensi lebih baik," kata Anton diskusi virtual.
Baca Juga: Rp80 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Innova 2005 atau Toyota Kijang Kapsul 2003?
Benar saja, soal output powernya bertambah dari awalnya 151 PS menjadi 170 PS di 6.600 rpm. Torsi juga membengkak awalnya 193 menjadi 202 Nm pada putaran 4.900. Adapun konsumsi BBM Toyota Voxy 2022 ini juga lebih baik, dari 13 menjadi 15 km/liter imbuh Anton.
Dalam line up mobil Toyota, selain Voxy ada Kijang Innova yang juga pakai mesin bensin 2.000 cc tapi kodenya 1TR-FE. Ke depan, mesin M20A-FKS berpeluang besar disuntikkan di Toyota Kijang Innova terbaru.
Terlebih dalam nomenklatur atau seri M20A, ada opsi hybrid lewat varian FXS, yang sudah diterapkan di model Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Corolla Hybrid, maupun Lexus UX 250h/260h di pasar Eropa.
Jadi bisa sejalan dengan bocoran Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu. "Toyota berkomitmen untuk produksi kendaraan elektrifikasi yang diawali dengan produksi Kijang Hybrid," katanya.
Sebenarnya belum terkuak mengenai bocoran konsepnya. Kemungkinan besar akan menerapkan platform baru TNGA, karena merupakan landasan pengembangan mobil Toyota baru selanjutnya. Bila benar, maka Kijang Innova akan menanggalkan platform IMV.
Baca Juga: 5 Alasan Toyota Kijang Innova Siap Jadi Mobil Hybrid Toyota Pertama Buatan Indonesia
Seri mesin 2ZR-FXE seperti yang digendong C-HR Hybrid maupun Corolla Cross Hybrid di Indonesia juga berpeluang. Hanya saja Anton belum bersedia bicara banyak soal ini.
"Belum bisa bicara produk future ya, tunggulah nanti kami akan pikirkan dengan baik, bukan hanya sebatas mesin baru, tapi harus lihat secara keseluruhan segmen ini butuhnya seperti apa, banyak hal dasar dalam pertimbangan misalnya ground clearance, utilitas, dan durabilitas, itu juga penting," katanya.
Toyota Kijang Innova Hybrid bakal menjadi produk hibrida pertama yang diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Generasi terbarunya nanti akan menyesuaikan tuntutan zaman, setelah pertama kali dijual pada 1977 lalu.
Selama kiprahnya itu pabrikan telah melahirkan sedikitnya 6 generasi Toyota Kijang, termasuk dua generasi berlabel Innova. Selain di dalam negeri, model ini juga tersohor di negara lain seperti di Asia Tenggara, Timur Tengah, Oseania, maupun India tapi tanpa nama Kijang.
Baca Juga: Sudah Dekati Rp500 Juta, Toyota Kijang Innova Seharusnya Dapatkan Toyota Safety Sense
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat