Mobil Keluarga Rp50 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda Stream Gen 1 yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian membelinya.

Honda Stream sempat menjadi andalan Honda di segmen kendaraan keluarga sebelum muncul Mobilio dan BR-V seperti sekarang ini.

Stream dianggap menjadi perpaduan yang ciamik antara felksibilitas sebuah mobil keluarga tapi dengan kenyamanan dan kenikmatan berkendara ala sedan.

Sedikit mundur melihat sejarah mobil ini, Honda Stream di Tanah Air pertama kali dilakukan pada tahun 2002.

Mobil jenis MPV yang dibuat berdasarkan platform dari Honda Civic tersebut mampu memberikan daya tarik terhadap calon konsumennya karena memiliki rasa berkendaranya yang nyaman.

Hal ini terbukti, berdasarkan data yang diperoleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selama periode Januari 2002 hingga Desember 2003, secara total penjualan Stream sendiri mencapai 5.979 unit.

Untuk variannya Honda Stream 1.7L gen-1 yang dihadirkan hingga 2003 menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Cocok digunakan sebagai alternatif mobil keluarga selain Toyota Avanza, Diahatsu Xenia, atau Nissan Grand Livina, untuk pasaran harga bekas Honda Stream 1.7L kini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan.

Sangat menggoda memang, namun sebelum kalian tertarik untuk membelinya, simak lebih dulu beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Stream Gen 1 berikut ini.

Baca juga: Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya?

Kelebihan Honda Stream 1.7L gen-1

1. Honda Stream 1.7L Gen-1 Nyaman Sebagai Mobil Keluarga 

Cocok buat keluarga muda

Dibangun menggunakan basis Honda Civic generasi ke-7 atau yang lebih dikenal dengan nama Civic VTi, generasi pertama Honda Stream ini untuk penggunaan sehari-hari maupun berpergian dikala weekend terasa begitu nyaman.

Tetap mempunyai konfigurasi tiga baris tempat duduk, mobil ini juga sangat cocok buat kalian yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari lima orang.

Namun sebagai catatan, pada baris paling belakang sebaiknya hanya digunakan oleh anak-anak atau dilipat untuk memperbesar kapasitas ruang bagasi, pasalnya untuk legroomnya sendiri terbilang sempit.

Kemudian soal kenyamanan berkendara juga cukup layak diacungi jempol.

Mobil ini dibekali suspensi berjeniskan Toe Control Link Struts pada roda depan dan Reactive Link Double Wishbone pada roda belakang.

Berdasarkan pengalaman sejumlah pemiliknya mobil ini terasa stabil, empuk, tetapi tetap memiliki handling yang baik ketika melakukan manuver di kecepatan cukup tinggi.

2. Tampilan Interior Mewah dan Ergonomis

Interior masih tetap terlihat mewah

Di zamannya interior Honda Stream 1.7L gen-1 ini terbilang mewah.

Seperti yang bisa dilihat untuk area kokpitnya juga terasa begitu ergonomis dengan dilengkapi head unit single-din yang bisa diupgrade menjadi double-din layar sentuh.

Tepat dibawahnya tersematkan beberapa tombol pengaturan seperti AC yang masih model knop putar.

Untuk tuas transmisinya sendiri diletakan di dashboard tepat di bawah tombol pengaturan yang tentunya juga memberikan ruang gerak lebih bebas terhadap penggunannya.

Supaya pengemudi tidak mudah lelah ketika berkendara cukup lama, pada joknya telah dilengkapi arm rest di sisi bagian kirinya.

Sebagai informasi, jika kalian sedang membawa barang dengan jumlah yang cukup banyak, jok baris belakangnya lebih baik dilipat rata dengan kabin sehingga mampu mengakomodir barang bawaan.

Dari sisi pengemudi, visibilitas berkendara mobil ini juga cukup baik, pandangan ke depan luas, ke belakang juga terlihat baik, serta blind spot yang terbilang minim.

3. Akselerasi Mesin Cukup Baik

Mesin D17A pada Honda Stream 1.7L

Honda Stream Gen 1 mengusung mesin berkode D17A VTEC-E Lean Burn SOHC 4-silinder segaris dengan kubikasi 1.700 cc.

Mobil ini mampu memeras tenaga hingga 132 PS pada 6.300 rpm serta torsi puncak sebesar 155 Nm di 4.800 rpm.

Dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan, mengenai akselerasinya mobil ini terbilang cukup baik dan mudah untuk dikendarai.

Selain itu mesin dengan teknologi PGM-FI tersebut terbilang bandel dan mudah dalam perawatan lantaran belum banyak menggunakan sensor seperti halnya mobil-mobil Honda keluaran terbaru.

4. Konsumsi BBM Tidak Begitu Boros

Kalau mesin sehat, cukup irit BBM

Beberapa pemilik Honda Stream 1.7L gen-1 menyebutkan bahwa untuk konsumsi BBM nya mobil ini tidak terlalu boros.

Kondisi mesin sehat untuk penggunaan dalam kotanya sendiri mampu menempuh jarak 10 km/liter dan 12-14 km/liter untuk pemakaian luar kota.

Pencapaian ini dengan catatan gaya berkendara yang tidak terlalu agresif.

5. Sudah Dilengkapi ABS dan EBD

Fiturnya cukup lengkap

Pada sistem pengeremannya Honda Stream 1.7L gen-1 untuk bagian depan menggunakan ventilated disc dan drum brake di roda belakang.

Meski begitu, remnya tersebut berhasil dipadukan dengan ABS dan EBD guna mencegah terkunci dan tergelincirnya kendaraan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Baca juga: Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an

Kekurangan Honda Stream 1.7L gen-1

1. Radius Putar Besar

Radius putar Honda Stream 1.7L gen-1 besar

Kebanyakan mobil penggerak roda depan, Honda Stream 1.7L gen-1 memiliki  radius putar besar.

Dengan begitu kalian harus melakukan ancang-ancang sebelum putar balik jika tidak ingin memutar setir untuk kedua kalinya.

2. AC Masih Single Blower

Berbeda dengan 2.0L, varian 1.7L hanya dilengkapi single blower di bagian depan.

Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa nyaman berkendara khususnya penumpang di baris kedua dan ketiga.

3. Peredam Kabin Tipis

Suara mesin dan deru jalan terdengar cukup jelas ke ruang kabin

Seperti kebanyakan mobil lama, peredam kabin Honda Stream 1.7L gen-1 ini terbilang tipis.

Maka jangan heran apabila saat mengendarainya bisa mendengar dengan jelas suara dari luar masuk ke dalam kabin.

4. Power Steering Mudah Bocor

Kekurangan lainnya yang sering dialami pemilik mobil ini adalah power steering.

Salah satu peranti yang berfungsi untuk meringankan gaya putaran lingkar kemudi ini seringkali bocor.

Selain itu, sirkulasi pendingin mesin juga harus sering dilakukan pengecekan dan perawatan guna menghindari overheat serta tersumbatnya kotoran pada jalur air.

5. Lemah di Bagian Kaki-kaki

Honda Stream 1.7L gen-1 lemah di kaki-kaki depan

Terakhir adalah bagian kaki-kaki, seperti kebanyakan mobil FWD, Honda Stream 1.7L gen-1 juga memiliki masalah di bagian kaki-kaki depan.

Jika sudah mengetahui hal tersebut sebaiknya jangan sering melewati jalan hancur dengan kecepatan tinggi serta tidak membawa beban yang berat.

Spesifikasi Honda Stream 1.7L
Dimensi
Panjang 4.570 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.545 mm
Jarak sumbu roda 2.740 mm
Jarak ke tanah 150 mm
Ukuran roda 195/65 R15
Kapasitas tangki BBM 55 liter
Mesin
Tipe mesin D17A VTEC SOHC
Isi silinder 1.658 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 130 PS @6.300 rpm
Torsi maksimum 155 Nm @4.800 rpm
Transmisi Otomatis 4 percepatan
Sasis
Sistem kemudi Rack & Pinion, Power Assist
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Double Wishbone
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Grandis, Lawan Berat Honda Odyssey Awal 2000-an

Kesimpulan

Sebagai mobil keluarga dengan harga bekas terjangkau, tentunya kalian harus mempertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan Honda Stream Gen 1 bermesin 1.7L.

Menurut kami Honda Stream 1.7L gen-1 masih sangat layak untuk dipilih hingga saat ini, selain perawatannya yang mudah serta responsif, untuk konsumsi BBM nya sendiri masih terbilang irit.

Sebelum kalian berniat untuk meminangnya, hal utama yang perlu diperhatikan adalah bagian kaki-kaki depan, rembesan oli di sekitar mesin serta power steering dan rack steernya.

Jangan lupa kelengkapan eksterior dan interior mobil ini juga perlu diperhatikan, mengingat parts bodynya kini sudah mulai terbilang sulit untuk ditemui.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Mobilio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Budget Rp150 Juta Ngidam 7-Seater Irit dan Lincah, Sikat Honda Mobilio Aja!

New Honda Mobilio 2021 "Separuh Anda yang lain"

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda Stream Gen 1 yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian membelinya. Honda Stream sempat menjadi andalan Honda di segmen kendaraan keluarga sebelum muncul Mobilio dan BR-V seperti sekarang ini. Stream dianggap menjadi perpaduan yang ciamik antara felksibilitas sebuah mobil keluarga tapi dengan kenyamanan dan kenikmatan berkendara ala sedan. Sedikit mundur melihat sejarah mobil ini, Honda Stream di Tanah Air pertama kali dilakukan pada tahun 2002
Ajang Busworld Southeast Asia 2024 tak hanya menampilkan berbagai bus baru dengan sederet teknologinya, namun juga turut hadir bus-bus klasik. Terlihat pada pameran auto bus terbesar di Asia Tenggara yang diselenggarakan mulai dari 15 - 17 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut, terdapat dua bus classic yang dipajang, yakni Nissan Fuji Coach buatan tahun 1960-an dan Hino Blue Ribbon lansiran 1984. Menariknya, kedua bus classic yang dipamerkan merupakan kepunyaan Perusahaan Otobus (
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya meminta adanya kolaborasi dari berbagai pihak guna menekan angka kecelakaan bus yang saat ini masih kerap terjadi. Menurut Budi, kolaborasi yang perlu dilakukan mulai dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah, Balai Pengelola Transportasi Darat di daerah, serta Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten dan Kota. "Setiap data Perusahaan Otobus (PO) di Pemerintah Pusat dikolaborasikan dengan Pemerintah Daerah dan dilakukan pengecekan kondisi di lapangan agar tida
Bagi kalian yang mengaku Bimmers sejati jangan lewatkan acara Joyfest: BMW Astra Driving Experience 2024 yang berlangsung 18 Mei. Ini merupakan kegiatan yang sudah berlangsung untuk kelima kalinya dan diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. "Pada acara ini kami memberikan kesempatan dan sarana bagi para konsumen loyal BMW untuk merasakan langsung adrenalin berkendara dengan lini produk BMW di Sirkuit Sentul," kata Sanfrantis Tanu, Chief Executive BMW Astra dalam sambutannya, Rabu (
Wuling Motors Indonesia akhirnya mengumumkan harga resmi dari mobil listrik terbaru, Wuling Cloud EV dengan banderol Rp398.000.000 on the road Jakarta. Bahkan harga mobil listrik yang masuk segmen medium hatchback ini sudah mendapatkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari pemerintah. Menurut Vice President Wuling Motors Arif Pramadana, dengan diumumkannya harga Cloud EV, hal ini menandai bawah mobil tersebut resmi meluncur di Indonesia. "Kini konsumen memiliki pilihan mobil listrik yang m

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Mobilio
Lihat