PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatat torehan positif pada pameran otomotif IIMS 2022. Selama 11 hari penyelenggaraan dari 31 Maret hingga 10 April, pabrikan telah menjaring ribuan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).
Dalam keterangan resmi yang diterima AutoFun Indonesia, Rabu (13/4/), meskipun tidak menargetkan angka penjualan, selama pameran IIMS TAM telah membukukan 1.413 SPK yang dihimpun dari dealer se-Jabodetabek yang berpartisipasi di sana.
Baca Juga: Menghitung Biaya Perawatan Wuling Cortez, Setara Kijang Innova?
Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sebagian aktivitas dari total penjualan mobil Toyota selama pameran berlangsung, dilakukan melalui channel Toyota Official Store Solution (TOSS) secara online.
"Kami bersyukur partisipasi Toyota di IIMS berjalan dengan baik dan lancar. Total Mobility Solution yang kami hadirkan di booth Toyota, sekiranya menjadi one stop solution dan memberikan kemudahan dalam pemenuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam," katanya.
Sayangnya TAM tidak merinci detail angka komposisi pemesanan per model. Yang disebutkan hanya Toyota Avanza menjadi model yang paling banyak dibeli selama IIMS berlangsung, diikuti Kijang Innova, serta MPV murah mereka Calya.
Sementara itu Toyota Veloz dan Raize juga termasuk top lima besar mobil TAM yang paling besar penjualannya di IIMS. Kemudian disusul beberapa model lain dari segmen sedan, hatchback, SUV, hingga kendaraan komersial.
Baca Juga: Bikin Kepo, Begini Kolong Toyota Kijang Innova EV Tempat Baterai dan Motor Elektrik Bersemayam
"Dari sisi penjualan hasilnya menggembirakan, di mana lebih dari 1.400 SPK sepanjang pameran berlangsung. Tidak hanya itu, Toyota Kijang Innova EV Concept yang hadir khusus di hari pertama IIMS mampu mencuri perhatian publik melalui antusiasme yang tinggi dari berbagai kalangan," lanjutnya.
Ya, pada pameran tahunan tersebut Toyota secara mengejutkan menghadirkan mobil konsep Toyota Kijang Innova listrik. Ini menjadi debut globalnya, karena belum pernah menampakkan diri di negara lain, termasuk India yang penjualannya juga besar.
Kehadirannya ingin membuktikan komitmen Toyota terhadap ekosistem kendaraan listrik, lewat pendekatan model lokal dan kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia. Apa lagi kalau bukan mobil multi guna yang muat 7-penumpang.
Kijang Innova listrik juga menjadi bagian dari pendekatan multiple pathway Toyota, yang merupakan studi berkelanjutan mengenai ekosistem elektrifikasi, baik dalam hal kebutuhan pasar dan pengembangan mobil. Sebelumnya TAM juga tengah mengkaji Toyota Calya listrik.
Baca Juga: Diam-diam Toyota Calya Listrik Sedang Dikembangkan, Sudah Uji Jalan Kapan Meluncur?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
8.996 km
2,5 tahun
Jawa Barat