Pasar mobil komersial kehadiran Isuzu Traga pertama kali pada 2018 yang memasuki ceruk segmen Light Commercial Vehicle (LCV) jenis pick up. Traga sendiri merupakan sukesor Isuzu Bison sebagai rebadge dari Mitsubishi L300.
Sebagai salah satu andalan Isuzu, saat ini harga Isuzu Traga dipasarkan mulai dari Rp 271 juta. Adapun variannya ada yang berbentuk pick up, pick up box, serta ada juga yang dijadikan model blind van.
Kalau dibandingkan rivalnya seperti Mitsubishi L300, harga Isuzu Traga ini memang sedikit lebih mahal. Demikian juga dengan pick up pemain baru yaitu Toyota Hilux Rangga. Untuk varian Hilux Rangga bermesin diesel harganya masih di bawah Traga.
Sementara kalau melihat harga bekasnya, Isuzu Traga bekas 2020 masih di angka Rp 200 juta sampai Rp 220 juta. Tentunya harga bekas ini bisa berbeda dengan melihat kondisi dan lokasi penjual.
Meski banderolnya cukup tinggi, namun dengan performa menawan dan mesin tahan banting, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Isuzu Traga 2020 yang patut kalian ketahui sebelum berniat membelinya.
Baca juga: Isuzu D-Max dan MU-X 2024 Kini Pakai Mesin diesel Baru yang Lebih Kuat Tapi Irit BBM
Sebelum membahas mengenai kekurangannya, kita akan kupas dulu hal-hal apa saja yang jadi keunggulan Isuzu Traga sehingga menarik untuk dipertimbangkan menemani perjalanan bisnis kalian.
Isuzu sudah lama dikenal menghadirkan mesin diesel bertenaga. Sedangkan Traga dibekali mesin 4JA1-CR berkapasitas 2.499 cc 4 silinder segaris dengan teknologi Common Rail VGT Intercooler. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 80 PS di 3.800 rpm dan torsi 191 Nm pada putaran 1.800 - 2.400 rpm.
Menggunakan Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), mesin diesel Traga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar EURO4 yang sudah diwajibkan pemerintah Indonesia untuk kendaraan bermesin diesel.
Konsumsi bbm Isuzu Traga juga mengesankan dengan catatan rata-rata 11.7 km/L di jalanan perkotaan.
Penggunaan mesin milik Panther yang dikenal karena ketangguhannya juga menghasilkan pengendaraan yang stabil di jalanan. Apalagi ground clearance mencapai 200 mm dan radius putar Isuzu Traga hanya terhitung 4.5 meter membuatnya cukup mudah diajak bermanuver dan melewati jalanan berbelok.
Selain itu, meski hadir di kelas kendaraan komersial, namun kenyamanan pengemudi dan kernet juga tetap diperhatikan. Buktinya posisi berkendara mobil ini dibuat lebih nyaman ketimbang kompetitornya.
Dimana untuk joknya dibuat terpisah dengan tuas hand brake (rem parkir) di tengah-tengah antara kursi pengemudi dan penumpang, mirip kendaraan penumpang pada umumnya.
Selain posisi hand brake, tuas perpindahan gigi atau shift knob pun diletakan di tengah layaknya passenger car sehingga dapat menyuguhkan rasa berkendara yang lebih ergonomis dan tidak cepat lelah untuk perjalanan jarak jauh.
Keunggulan Isuzu Traga 2020 lainnya adalah ukuran bak kargo belakang yang cukup luas sehingga mampu menampung barang bawaan yang banyak. Melihat spesifikasinya, untuk ukuran bak Traga mempunyai panjang 2.810 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 300 mm.
Seaat peluncuran mobil ini, pihak Isuzu Indonesia sendiri menyebutkan bahwa Traga memiliki luas kargo 4.6 meter persegi. Bak belakang bisa mengangkut 60 galon air, dibandingkan pesaingnya yang hanya bisa mengangkut 48 galon air.
Selain memiliki bak lebih besar, untuk kargonya Traga juga lebih unggul ketimbang L300 lantaran sudah menganut model 3-way di varian tertentu. Dengan bukaan bak 3-way yang bisa dilakukan dari segala sisi, akomodasi keluar masuknya barang terasa lebih ringkas.
Rangka bodi yang kokoh didukung dengan mesin bertenaga membuat Isuzu Traga memiliki masa pakai yang cukup baik walaupun menjadi mobil ‘pekerja keras’. Karena ketangguhannya, harga jual Isuzu Traga bekas pun masih stabil di pasar mobil bekas Tanah Air.
Karena “lahir” dari DNA Isuzu Bison sebagai suksesornya, komponen mesin Traga juga sudah menggunakan timing gear. Kompartemen di dalam mesin, Isuzu Bison sudah menggunakan timing gear, beda dengan L300 yang mengandalkan timing belt.
Timing gear bekerja sebagai gigi penghubung yang dapat mentransfer putaran crankshaft ke perlengkapan mesin, yang membutuhkan tenaga putar untuk dapat menggerakan mesin. Dibandingkan timing belt, timing gear memiliki keunggulan yakni tidak perlu melakukan perawatan khusus karena sifatnya lifetime.
Hanya saja untuk menjaga kondisi gear tidak mudah aus, pemilik diwajibkan untuk mengganti oli mesin secara teratur. Tidak hanya itu, timing gear memiliki keunggulan lain yaitu memudahkan mekanik mencari setting terbaik klep sesuai permintaan mesin.
Baca juga: Isuzu Tak Mau Ngotot Jadi Pabrikan yang Jual Truk Listrik Pertama di Indonesia
Setelah membahas mengenai apa saja keunggulan yang dimilikinya, maka biar adil kini kita kupas apa saja kelemahan Isuzu Traga. Supaya kalian bisa mengantisipasi jika ada masalah tersebut dan siap untuk mengatasinya.
Layaknya mobil komersial lainnya, sistem keselamatan dan hiburan Traga tak begitu lengkap jika dibandingkan mobil penumpang. Bahkan Traga hanya dilengkapi dengan blower, dibandingkan pesaing asal China yang sudah mendapatkan fitur AC di dalam mobil.
Hal ini memang lumrah terjadi, mengingat kendaraan komersial lebih mengutamakan fungsi dari mobil tersebut ketimbang estetika semata. Walau demikian, kalian tetap bisa menambahkan beberapa piranti hiburan. Seperti headunit layar sentuh, lengka dengan audio system seperti speakers dan juga tweeter yang bayak dijual di toko-toko aksesoris mobil.
Meski memiliki berbagai gaya bodi, sayangnya Isuzu Traga hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi saja, yaitu 5-percepatan manual. Kombinasi mesin yang efisien serta girboks MUA5S menghadirkan rasio gigi yang terbilang pas. Namun, belum terlalu praktis dibandingkan transmisi otomatis.
Salah satu kelemahan dari mesin diesel yaitu suara mesin yang terasa kasar dan bising dari dalam kabin. Masalah ini masih belum terpecahkan oleh Isuzu.
Masalah ini masih belum terpecahkan oleh Isuzu. Banyak yang mengeluhkan suara mesin Isuzu Traga cukup keras terasa dibandingkan pesaingnya di segmen mobil komersial lainnya.
Spesifikasi Teknis Isuzu Traga | ||
---|---|---|
Pick up | Box | |
Dimensi | ||
Panjang | 4.520 mm | 4.655 mm |
Lebar | 1.705 mm | 1.750 mm |
Tinggi | 1.985 mm | 2.250 mm |
Panjang bak belakang | 2.810 mm | 2.810 mm |
Lebar bak belakang | 1.620 mm | 1.620 mm |
Tinggi bak belakang | 300 mm | 1.400 mm |
Jarak sumbu roda | 2.250 mm | 2.250 mm |
Ukuran roda | 195R14-8PR | 195R14-8PR |
Kapasitas tangki BBM | 50 liter | 50 liter |
Mesin | ||
Tipe mesin | 4JA1-CR Turbocharger Common Rail Injection | 4JA1-CR Turbocharger Common Rail Injection |
Jumlah silinder | 4 | 4 |
Kapasitas silinder | 2.499 cc | 2.499 cc |
Daya maksimum | 80 PS @3.800 rpm | 80 PS @3.800 rpm |
Torsi maksimum | 191 Nm @1.800-2.400 rpm | 191 Nm @1.800-2.400 rpm |
Transmisi | Manual 5-percepatan | Manual 5-percepatan |
Sistem penggerak roda | Penggerak roda belakang | Penggerak roda belakang |
Sasis | ||
Suspensi depan | Double Wishbone with Coil Spring | Double Wishbone with Coil Spring |
Suspensi belakang | Multi Leaf spring | Multi Leaf spring |
Rem depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem belakang | Drum | Drum |
Pick up Isuzu Traga merupakan kendaraan niaga ringan yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan bisnis. Dengan desain kabin yang luas dan daya angkut yang besar, Traga menjadi pilihan menarik di segmen kendaraan niaga.
Salah satu kelebihannya adalah kapasitas bak yang luas, sehingga mampu mengangkut muatan lebih banyak dibandingkan kompetitornya di kelas yang sama. Selain itu, mesin diesel 4JA1 yang digunakan terkenal tangguh, hemat bahan bakar, dan memiliki daya tahan tinggi, membuatnya ideal untuk operasional jangka panjang.
Kelebihan lainnya adalah biaya perawatan yang terjangkau dan jaringan servis Isuzu yang luas di Indonesia. Hal ini memberikan keuntungan besar bagi pengusaha yang membutuhkan kendaraan niaga dengan biaya operasional rendah.
Desainnya yang simpel dan kokoh juga mempermudah proses modifikasi untuk keperluan khusus, seperti menjadi kendaraan pengantar barang, food truck, atau angkutan pedesaan.
Namun, Isuzu Traga tidak lepas dari kekurangan. Fitur-fitur interiornya tergolong minim, dengan desain sederhana yang kurang menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang, terutama untuk perjalanan jarak jauh.
Selain itu, meskipun performa mesinnya andal, suara mesin diesel yang cukup bising bisa menjadi gangguan, terutama di area perkotaan. Sistem suspensinya juga lebih fokus pada kemampuan angkut, sehingga cenderung terasa kaku saat berkendara tanpa muatan.
Secara keseluruhan, Isuzu Traga adalah pilihan yang solid untuk pengusaha yang mencari kendaraan niaga ringan dengan daya tahan, efisiensi bahan bakar, dan biaya operasional rendah. Namun, untuk kalian yang mengutamakan kenyamanan berkendara atau fitur modern, beberapa kekurangan Traga mungkin perlu dipertimbangkan.
Baca juga: Sejarah Isuzu MU-X, Mobil SUV yang Dibangun dari Pick Up
Harga Isuzu Traga pick up terbaru 2024 adalah Rp 271 juta OTR Jakarta
AC alias pendingin udara sudah menjadi fitur standar di Traga.
Traga menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.499 cc.