Daihatsu Ayla 2020 masih menjadi salah satu pilihan mobil perkotaan termurah di Indonesia. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, mobil ini menawarkan harga yang menawan bersama pilihan mesin yang sesuai untuk konsumennya di Indonesia.
Model | Harga |
---|---|
Daihatsu Ayla 1.0 D MT | Rp102.150.000 |
Daihatsu Ayla 1.0 D+ MT | Rp114.350.000 |
Daihatsu Ayla 1.0 X MT | Rp125.150.000 |
Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe MT | Rp132.500.000 |
Daihatsu Ayla 1.0 X AT | Rp134.200.000 |
Daihatsu Ayla 1.2 X MT | Rp136.450.000 |
Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe AT | Rp141.550.000 |
Daihatsu Ayla 1.2 R MT | Rp143.400.000 |
Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe MT | Rp147.400.000 |
Model | Ayla 1.0 | Ayla 1.2 |
---|---|---|
Mesin | ||
Tipe Mesin | 1KR-DE 1.0L 3-silinder segaris DOHC | 3NR-VE 1.2L 4-silinder segaris DOHC |
Kapasitas Silinder | 998 cc | 1.197 cc |
Tenaga Maksimal | 65 PS/6.000 rpm | 88 PS/6.000 rpm |
Torsi Maksimal | 86 Nm @ 3.600 rpm | 108 Nm/4.200 rpm |
Transmisi | 4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual | 4-percepatan otomatis dan 5 -percepatan manual |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive | Front-wheel drive |
Dimensi | ||
P x L x T | 3.640 x 1.600 x 1.520 mm | 3.660 x 1.600 x 1.520 mm |
Wheelbase | 2.455 mm | 2.450 mm |
Ground Clearance | 180 mm | 180 mm |
Radius Putar | 4.4 m | 4.5 m |
Kaki-Kaki dan Suspensi | ||
Suspensi Depan | MacPherson Strut | MacPherson Strut |
Suspensi Belakang | Semi-independent torsion axle beam | Semi-independent torsion axle beam |
Rem Depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem Belakang | Drum | Drum |
Ukuran Ban | 155/80 R13 | 175/65 R14 |
Velg | 13 inci steel | 8-spoke 14 inci |
Bersama dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla yang masuk ke dalam segmen mobil perkotaan merupakan salah satu pionir dari mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia. Dan pada pertengahan tahun 2020 lalu, Ayla mendapatkan ubahan yang membuatnya semakin sporty.
Daihatsu Ayla dikembangkan sebagai bagian dari kerja sama Daihatsu dan Toyota di Indonesia. Ayla bahkan sudah dirakit di pabrik Daihatsu di Karawang, Bekasi. Selai dipasarkan dengan nama Toyota Wigo, Ayla juga didesain ulang dan dijual dengan nama Perodua Axia di Malaysia.
Ayla meluncur pertama kali pada Indonesia International Motor Show tahun 2012 sebagai jawaban dari Daihatsu atas keinginan pemerintah Indonesia memasarkan mobil LCGC yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit namun dengan harga yang terjangkau.
Setahun setelah diperkenalkan, hatchback Daihatsu Ayla dan Toyota Agya mulai dipasarkan di Indonesia berbekal mesin 1.0L 1KR-DE. Bahkan Toyota Motor Philippines mengumumkan akan mengimpor Agya dari Indonesia untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage.
Ayla sudah lebih dulu mendapatkan facelift pertama pada April 2017 silam. Ubahan terlihat dari desain bumper depan dan belakang yang diperbaharui, tambahan lampu depan dengan proyektor, lampu belakang berteknologi LED, dual airbag, tombol audio pada setir, serta peningkatan kualitas interior.
Facelift kedua New Daihatsu Ayla dirilis secara digital pada Maret 2020 akibat pandemik virus Corona yang melanda Indonesia. Facelift Daihatsu Ayla terbaru memperlihatkan desain yang lebih sporty dibandingkan sebelumnya. Simak review Daihatsu Ayla terbaru di bawah ini
Dibandingkan edisi sebelumnya, tampilan eksterior Daihatsu Ayla bisa dibilang lebih maskulin dan sporty. Tentu saja, mengingat Ayla dan Agya memang dipasarkan untuk menggaet konsumen dari generasi muda Tanah Air.
Terlihat pada fasia depan ada tambahan lips-spoiler add-on yang ditawarkan pada varian tertinggi memberikan kesan segar. Begitu pula dengan lampu DRL yang bersatu dengan lampu depan. Tak ketinggalan terdapat list chrome menyatukan kedua sisi lampu depan.
Bisa dibilang Ayla mendapatkan desain grille yang lebih besar dengan finishing berwarna hitam yang terinspirasi dari Ayla Turbo, menawarkan tampang yang lebih agresif.. Ayla bahkan sudah dilengkapi lampu kabut dengan sedikit aksen chrome yang menawarkan kesan elegan dan mewah pada mobil ini.
Tak ada perubahan dimensi, mengingat ubahan kali ini hanya berupa facelift. Namun Ayla sudah dilengkapi dengan side skirt ditambah penggunaan velg 8-spoke berukuran 14-inci yang menawarkan kesan sporty dari tampilan profilnya.
Ubahan paling signifikan juga terasa pada penggunaan model lampu belakang bergaya baru. Disandingkan dengan pengunaan reflektor dengan desain L-shape. Ada ornamen berbentuk C-shape pada bumper belakang beserta muffer tip dengan aksen chrome dan roof spoiler sebagai pelengkap eksterior belakang.
Bukan hanya eksterior saja, tapi kabin yang lebih stylish akan menyambut pengemudi ketika masuk ke dalam interior Daihatsu Ayla. Meskipun perbedaannya tak terlalu signifikan, tapi cukup baik dalam menghadirkan penyegaran dalam persaingan hatchback yang semakin sengit.
Tampilan kluster tengah bergaya kekinian lengkap dengan pengaturan AC digital. Head unit 2DIN dilengkapi layar sentuh yang terintegrasi pada dashboard. Kelengkapan fiturnya termasuk Mirrorlink, USB, Bluetooth, hingga pemutar DVD.
Dashboard masih mengandalkan material plastik keras, tak terkesan mewan tapi cukup berterima mengingat harga yang ditawarkan. Beberapa ruang penyimpanan bisa ditemukan pada konsol tengah dengan tuas transmisi yang dikelilingi aksen silver.
Ada perbedaan antara model varian tertinggi dengan varian entry level dalam fitur dari setir. Yaitu tombol kontrol audio yang dimaksudkan untuk mempermudah akses ke sistem hiburan. Sedangkan setir palang tiga yang diberikan pada varian entry level polos tanpa tombol.
Selain itu, tidak ada perubahan dari desain jok yang ditawarkan. Daihatsu menghadirkan jahitan warna merah di tengah interior berwarna hitam yang senada dengan tampilan interior. Kenyamanannya masih terasa, meski getaran di jalan terlalu menghilang.
Kapasitas ruang kabin tak begitu berubah. Mengingat Ayla dan saudaranya masih menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup baik untuk menampung penumpang hingga tinggi badan 180 cm, atau rata-rata penduduk Indonesia.
Begitu pula dengan kapasitas penyimpanan yang tak begitu lapang. Mengingat dimensi city car ini cukup pendek dan sudah dialokasikan untuk ruang kaki bagi penumpang belakang. Namun cukup bagi menaruh barang bawaan keperluan sehari-hari di bagasi belakang.
Meski harga Daihatsu Ayla bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, Daihatsu tetap menawarkan berbagai daftar fitur keselamatan yang dipasangkan pada mobil ini. Walaupun tak banyak berubah dibandingkan model sebelumnya.
Fitur keselamatan milik Ayla termasuk sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution. Dan dual airbag yang ditanamkan setelah facelift pertama masih dipertahankan tanpa banyak tambahan.
Bersama head unit layar sentuh yang menghiasi tampilan interior, Ayla juga mendapatkan kamera belakang yang akan memudahkan ketika memundurkan kendaraan atau memasukkan dan mengeluarkan dari parkiran.
Dengan harga yang terjangkau dan fokus sebagai mobil perkotaan, Daihatsu memang tidak terlalu mementingkan performa pada mobil ini. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, yaitu mesin 1.0L 3-silinder 1KR-DE dan mesin 1.2L 4-silinder 3NR-VE.
Untuk mesin 1.0L, performa dan tenaganya memang tak begitu menggigit. Pasalnya mesin ini hanya menawarkan tenaga sebesar 65 PS dengan torsi 86 Nm. Tapi konsumen bisa memilih antara model transmisi transmisi 4-percepatan otomatis atau 5-percepatan manual.
Sedangkan mesin 1.2L bisa dibilang lebih bertenaga dibandingkan edisi 1.0L. Keluaran tenaganya mencapai 88 PS dengan torsi maksimal 108 Nm juga mendapatkan pilihan transmisi 4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual.
Mesin Daihatsu Ayla 1.0L memang tak begitu bertenaga. Namun cukup baik ketika dibawa di jalanan perkotaan dengan handling yang tak terlalu buruk. Sedangkan performanya terasa berkurang pada saat menghadapi jalanan menanjak ketika penumpang terisi penuh.
Sedikit masalah terasa pada getaran yang cukup terasa. Mengingat mesin 1.0L menggunakan sstem 3-silinder. Apalagi komposisi dan kualitas material kabin tak terlalu mengesankan. Maklum, materialnya dibuat secukupnya demi menekan harga jual Daihatsu Ayla.
Sedangkan bagi Ayla 1.2L menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan performa yang lebih baik. Bermesin 4-silinder, mobil ini mampu membawa penumpang dengan getaran yang sedikit lebih halus dibandingkan mesin 3.-silinder.
Dimensi yang mungil membuatnya cukup baik bermanuver di jalanan perkotaan yang dinamis. Bantingan suspensi cukup baik walau tetap sedikit mengguncang ketika menemukan polisi tidur maupun jalanan berlubang.
Dengan dua pilihan mesin yang ditawarkan, tentu saja membedakan konsumsi bbm Daihatsu Ayla yang bisa didapatkan. Mengingat mesin 3-silinder diketahui memiliki efisiensi yang lebih baik dibandingkan mesin 4-silinder.
Untuk tenaga, jelas mesin 1.0L masih kalah dibandingkan mesin 1.2L. Tapi efisiensinya mampu menawarkan hingga 18 km/L untuk pengendaraan perkotaan, sebagaimana didapatkan dari pengujian beberapa media. Bahkan ketika dibawa ke luar kota, efesiensinya bisa mencapai 20 km/L.
Bagi pengemudi yang menginginkan sedikit tambahan tenaga pada mesin, Ayla 1.2L sudah cukup baik dengan efisiensi yang tak terlalu jauh tertinggal. Konsumsinya tercatat 13-15 km/L di dalam kota hingga sekitar 17-18 km/L untuk pengemudian di luar kota.
Pada saat peluncuran facelift keduanya di Indonesia, Astra Daihatsu Indonesia menghadirkan tagline #SeriusSerunya pada Ayla. Menegaskan kemampuan Ayla untuk memberikan pengendaraan yang menyenangkan di jalanan.
Untuk sekelas mobil perkotaan, ubahan terbaru dari facelift Daihatsu Ayla menawarkan tampilan yang lebih segar. Tak hanya pada tampilan luar dengan desain yang lebih sporty, kabin juga mendapatkan sedikit penyegaran dan dibuat lebih stylish.
Dua pilihan mesin serta berbagai warna yang ditawarkan memberikan banyak pilihan bagi generasi muda. Kenyamannya memang masih perlu ditingkatkan, tapi untuk mobil yang menawarkan kepraktisan berkendara dari setu tempat ke tempat selanjutnya, Ayla masih tetap memuaskan.
Dengan harga yang terjangkau, performa memang bukan kelebihan Daihatsu Ayla di pasar otomotif Indonesia. Namun konsumsi bahan bakar yang juara serta keunggulannya dalam harga membuat mobil ini bisa menjadi pilihan mobil pertama bagi keluarga kecil di perkotaan Indonesia.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
15.855 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
14.892 km
2 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
18.537 km
3 tahun
Jawa Barat