Toyota Kijang Innova generasi terbaru digadang-gadang bakal segera hadir. PT Toyota Astra Motor (TAM) pun kabarnya akan menyediakan dua varian mesin yakni mesin bensin 2.0L dan mesin hybrid 2.0L.
Bakal pakai nama Toyota Kijang Innova Zenix, varian hybrid ini memang cukup menarik. Pasalnya sejak mulai dijual tahun 2004 MPV medium Toyota ini tidak pernah mendapatkan opsi mesin hybrid.
Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Dikabarkan Rilis November 2022, Ini Bocoran Fitur dan Harganya
Berdasarkan beberapa informasi yang berhasil kami himpun, Innova generasi terbaru ini nantinya akan muncul dalam beberapa trim varian tipe. Yakni tipe G, G hybrid, V, V hybrid, dan Q hybrid.
Untuk varian bensin disebutkan pakai mesin berkapasitas 2.0-liter, adapun untuk yang tipe hybrid juga pakai mesin 2.0L namun dengan tambahan motor listrik.
Kuat dugaan mesin bensinnya akan berkode M20A-FKS. Adapun model Toyota yang sudah pakai mesin ini adalah All New Voxy.
Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimum 170 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 202 Nm di 4.900 rpm. Mesin tersebut kemudian dikawinkan dengan transmisi CVT. Ini tentunya sesuai dengan bocoran Innova Zenix yang semuanya akan pakai transmisi CVT dan sistem penggerak roda depan.
Lalu akan seperti apa mesin Toyota Innova Hybrid? Mengingat di Indonesia varian hybrid dari Toyota kebanyakan pakai mesin hybrid 1.8-liter. Contohnya C-HR Hybrid, Corolla Altis Hybrid, dan Corolla Cross Hybrid. Sementara untuk Camry Hybrid menggunakan mesin hybrid 2.4-liter berkode A25A-FXS.
Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur Sebentar Lagi, Versi Diesel Hilang dari Peredaran
Meskipun di Indonesia belum ada varian hybrid Toyota yang pakai mesin 2.0L, namun ternyata tidak dengan produk global. Sebab pabrikan tiga oval itu sejatinya sudah mengeluarkan mesin 2.0-liter hybrid terbaru sejak 2018.
Awalnya mesin ini dipakai untuk Toyota Auris hybrid di Eropa yang dipasarkan 2021. Kemudian mesin yang sama juga dipakai pada Corolla Cross Hybrid 2022 dan C-HR Hybrid juga untuk pasar Eropa.
Nah kalau sedikit menyimpang dari brand Toyota, mesin serupa ternyata juga sudah dipakai pada Lexus 250h. Mobil hybrid ini pun sudah dipasarkan juga di Indonesia selain di Cina yang namanya berubah jadi Lexus 260h.
Baca juga: Bocoran Baru Toyota Kijang Innova Zenix, Punya TSS di Tipe Tertinggi
Merujuk pada mesin hybrid yang digunakan di beberapa model global Toyota, mari kita bahas lebih lanjut seperti apa profil mesin M20A-FXS ini. Masuk dalam keluarga Dynamic Force Hybrid engine dari Toyota, pada Corolla Cross Hybrid mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 178 PS di 6.600 rpm dengan torsi 202 Nm pada 4.400 - 4.900 rpm.
Adapun ketika terpasang di C-HR Hybrid tenaganya menjadi 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 190 Nm di 4.400 - 5.200 rpm. Lantas pada Lexus UX250h, mesin ini menorehkan daya puncak 145 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimum 188 Nm pada 4.400 rpm.
Mesin hybrid ini kemudian dikombinasikan transmisi e-CVT dengan sistem penggerak roda depan. Mesin tersebut juga diklaim bisa menghasilkan konsumsi BBM lebih irit dari mesin hybrid 1.8L Toyota.
Jika benar Innova hybrid akan pakai mesin yang sama, maka ini bakal menjadi produk hibrida pertama yang diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat