Toyota Rush menjadi salah satu dari segelintir low SUV yang mempertahankan konfigurasi penggerak roda belakang. Hal inilah yang lantas membuat Toyota Rush selalu jadi model terlaris di segmennya. Bicara soal harga bekas, Toyota Rush 2021 ini masih sangat tinggi.
Baca juga:
5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?
Perbandingan Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios 2021, Serupa Tapi Tak Sama
Terlihat Lebih Agresif dan Lebih Atraktif, Ternyata Ini Kekurangan Toyota Rush 2021
Melihat listing yang tersedia di CARSOME, harga Toyota Rush S TRD 1.5 AT dijual seharga Rp250.000.000. Pada tahun lalu, Toyota Rush tipe tertinggi ini dijual seharga Rp 276.600.000. Dalam pemakaian kurang lebh setahun, nilai depresiasinya hanya sekitar Rp26,6 juta atau cuma 9,6 persen.
Kini, Toyota Rush tipe Tertinggi diiisi oleh Rush 1.5 S AT GR Sport seharga Rp302,2 juta. Melihat selisih harga barunya yang cuma beda Rp52 jutaan, apakah kita lebih baik beli Rush baru atau tetap beli unit bekas yang garansinya masih berlaku?
Secara fitur, manakah yang lebih oke antara Rush TRD 2021 dan GR Sport 2022? Supaya tidak bingung, mari kita bandingkan keduanya.
Melihat kondisi fisik keduanya mungkin seperti tak ada perbedaan, padahal secara kelengkapan aksesoris ternyata ada banyak perbedaan aksen. Mulai dari housing lampu kabut, yang dulunya di tipe TRD serba hitam, kini pada GR-Sport ditambahkan garis horizontal yang mengikuti warna bodi mobil. Untuk desain underguard yang pada tipe TRD berwarna silver cerah, pada tipe GR-Sport kelirnya lebih gelap dan tanpa tambahan garis merah.
Ubahan juga terdapat pada posisi side body moulding. Sebelumnya oada TRD berada hampir ke tengah pintu samping, kini letaknya turun ke bawah. Bentuknya juga beda dari TRD Sportivo, karena dibubuhi emblem GR sebagai penanda. Selebihnya, side skirt masih serupa sebelumnya.
Selanjutnya pada sisi buritan, paling kentara ubahannya cuma di desain underguard yang tak ada lagi tarikan garis merah khas TRD Sportivo. Sebagai gantinya, garnish pada bagian tengah aksen warna silvernya dibuat lebih gelap menyesuaikan tampangnya. Sebagai identitas baru disematkan juga emblem GR pada sisi kanan pintu bagasi.
Secara umum, tidak banyak perbedaan dari segi fitur untuk Toyota Rush TRD 2021 dan GR Sport 2022. Agak disayangkan pada tipe GR Sport 2022 tak lagi bisa memutar CD. Ini karena Toyota telah mengganti head unit layar sentuhnya tanpa pemutar CD, alias semuanya sudah panel layar sentuh.
Head unit terbaru di Rush GR Sport itu bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay atau Android Auto. Upgrade fitur lainnya yaitu kini spion bisa menutup saat pintu dikunci, kemudian sebaliknya saat dibuka spion akan terbuka secara otomatis.
Pihak Toyota juga menambahkan fitur automatic idling stop system. Fitur ini bisa dioperasikan dengan tombol baru yang simbolnya berupa huruf A yang dilingkari dan di bawahnya disertai OFF.
Melihat upgrade yang hadir pada Toyota Rush tipe GR Sport ini sebenarnya tidak terlalu signifikan bila dibandingkan kenaikan harga yang begitu tinggi. Sebagai informasi, kenaikan harga mobil pasti terjadi setiap tahun yang dipengaruhi oleh perhitungan PPNBM maupun biaya kirim kendaraan.
Terlepas dari hal itu, ubahan yang hadir pada seri GR Sport ini tak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan TRD Sportivo. Bagi kalian yang berhitung secara rasional, maka beli Rush TRD Sportivo bekas keluaran 2021 masih sangat menguntungkan dari beberapa aspek.
Keuntungan beli mobil dengan tahun yang sangat muda ialah garansi masih berlaku asalkan pemilik sebelumnya selalu rutin melakukan servis ke bengkel resmi. Selain itu, kondisi mobil masih sangat oke, bahkan nyaris seperti mobil baru.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5
18.872 km
2,5 tahun
Java East
2018 Honda HR-V SE 1.5
43.740 km
4,5 tahun
Banten
2018 Honda HR-V SE 1.5
62.209 km
5 tahun
Jawa Barat