All New Toyota Innova Zenix yang resmi meluncur pada November 2022 lalu mampu menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Ya, ini karena generasi ketujuh keluarga Kijang tersebut sudah berubah total termasuk memiliki varian mesin hybrid.
Nah, bicara soal All Innova Zenix, meski sudah dilengkapi teknologi hybrid, namun mobil yang dijual mulai dari Rp458 juta sampai Rp614 juta ini tetap harus dilakukan maintenance alias perawatan secara berkala seperti mobil pada umumnya.
Baca juga: Sebelum Beli Ketahui Dulu Biaya Servis Toyota Raize 2023 Selama 5 Tahun
Hal yang menarik ketika membeli Toyota Innova Zenix ternyata terkait servis berkala. Sebab, seperti dilansir situs resmi Toyota, untuk setiap pembelian Innova Zenix Hybrid maupun mesin bensin ternyata bebas biaya jasa dan suku cadang sampai servis ke-7 atau tahun tiga tahun mana yang paling cepat.
Hal tersebut juga berlaku untuk program T-Care dimana program ini tidak dikenakan biaya jasa dan biaya suku cadang sampai dengan servis berkala ke-7 maksimal 3 tahun atau 60.000 km.
Tentu saja dengan biaya jasa dan suku cadang gratis sampai tahun ketiga atau 60.000 km, maka menjadi keuntungan sendiri bagi setiap membeli mobil Innova Zenix.
Baca juga: Dealer Citroen Masih Sedikit, Bagaimana Untuk Layanan Servisnya?
All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid | ||
---|---|---|
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid | Biaya | |
Service ke-1 | Gratis | |
Service ke-2 | Gratis | |
Service ke-3 | Gratis | |
Service ke-4 | Gratis | |
Service ke-5 | Gratis | |
Service ke-6 | Gratis | |
Service ke-7 | Gratis | |
Service ke-8 | Rp1.557.900 | |
Service ke-9 | Rp3.055.352 | |
Service ke-10 | Rp1.557.900 | |
Service ke-11 | Rp5.374.444 |
Pada bagian komponen mesin yang wajib diperiksa yaitu oli mesin, sistem pendingin mesin, cairan pendingin mesin, cairan pendingin power control unit, pipa-pipa gas buang dan dudukannya, dan baterai.
Selain itu, bagian lain yang harus diperiksa pada bagian sasis dan body, pedal rem dan fungsi rem parkir, minyak rem, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, Kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara.
Pada bagian komponen mesin yang wajib diperiksa yaitu ganti oli mesin, ganti saringan oli mesin, periksa cairan pendingin mesin, baterai, saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, dan kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Untuk bagian sasis dan body yang harus diperiksa yaitu pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, ball joint dan penutup debu, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), Rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, serta periksa alat pemadam api ringan.
Pada service ketiga, ada beberapa bagian komponen mesin yang wajib diganti dan diperiksa, seperti ganti oli mesin dan saringan oli mesin, kemudian periksa cairan pendingin mesin, pipa-pipa gas buang dan dudukannya, baterai, saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Bagian sasis dan body juga harus diperiksa, mulai dari pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, pipa-pipa dan selang-selang saluran minyak rem, roda kemudi dan persambungannya, side slip, boot drive shaft, ball joint dan penutup debu, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), Rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, ganti saringan air conditioner, periksa kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara dan alat pemadam api ringan.
Untuk Service berkala keempat, maka ganti oli mesin dan saringan oli mesin, periksa cairan pendingin mesin, baterai, saringan pembersih udara, ganti saringan masuk pendingin baterai hybrid, periksa kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Bagian sasis dan body juga perlu periksa yaitu pedal rem & fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, ball joint dan penutup debu, periksa kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, dan periksa alat pemadam api ringan.
Ketika memasuki tahun kedua, ada berapa bagian mesin perlu diganti dan diperiksa seperti oli mesin, saringan oli mesin, sistem pendingin mesin, cairan pendingin mesin, cairan pendingin power control unit, pipa-pipa gas buang dan dudukannya, baterai, saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle, tutup tangki bahan bakar, pipa saluran bahan, bakar dan sambungan-sambungannya serta katup kontrol, penguapan bahan bakar dan periksa charcoal canister.
Selain itu, bagian sasis dan body juga diperiksa pedal rem & fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, ganti minyak rem, periksa pipa-pipa dan selang-selang saluran minyak rem, roda kemudi dan persambungannya, side slip, boot drive shaft, ball joint dan penutup debu, minyak transmisi otomatis, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan serta kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, ganti saringan air conditioner, periksa kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara dan alat pemadam api ringan.
Pada service keenam, ada bagian komponen mesin perlu diganti dan diperiksa seperti ganti oli mesin dan anti saringan oli mesin, periksa cairan pendingin mesin, baterai, saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, dan kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Selain itu, bagian sasis dan body juga diperiksa mulai dari pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, ball joint dan penutup debu, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, periksa alat pemadam api ringan.
Pada periode ini, komponen mesin yang perlu diganti dan periksa antara lain oli mesin dan saringan oli mesin, periksa cairan pendingin mesin, pipa-pipa gas buang dan dudukannya, baterai saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, serta kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Bagian sasis dan body juga diperiksa mulai dari pedal rem & fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, pipa-pipa dan selang-selang saluran minyak rem, roda kemudi dan persambungannya, side slip, boot drive shaft, ball joint dan penutup debu, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, periksa kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara, ganti saringan air conditioner, dan periksa alat pemadam api ringan.
Di periode kedelapan, komponen mesin yang perlu diganti dan periksa antara lain ganti oli mesin dan saringan oli mesin, periksa cairan pendingin mesin, baterai, saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, dan kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Selain itu sasis dan body juga perlu diperiksa mulai dari pedal rem & fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, ball joint dan penutup debu, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, dan periksa alat pemadam api ringan.
Service kesembilan perlu dilakukan penggantian dan pemeriksaan seperti ganti oli mesin dan ganti saringan oli mesin, periksa sistem pendingin mesin, cairan pendingin mesin, cairan pendingin power control unit, pipa-pipa gas buang dan dudukannya, baterai, saringan bahan bakar (termasuk saringan dalam tangki), ganti saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle, periksa tutup tangki bahan bakar, pipa saluran bahan, bakar dan sambungan-sambungannya serta katup kontrol, penguapan bahan bakar dan periksa charcoal canister.
Bagian sasis dan body juga wajib diperiksa seperti periksa pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, ganti minyak rem, periksa pipa-pipa dan selang-selang saluran minyak rem, periksa roda kemudi dan persambungannya, side slip, boot drive shaft, ball joint dan penutup debu, minyak transmisi otomatis, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, ganti saringan air conditioner, kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara, dan periksa alat pemadam api ringan.
Periode ini juga harus diganti dan diperiksa pada bagian mesin, seperti ganti oli mesin dan saringan oli mesin, periksa cairan pendingin mesin, baterai, saringan pembersih udara, ganti saringan masuk pendingin baterai hybrid, periksa kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle.
Selain itu, bagian sasis dan bodi juga perlu diperiksa antara lain pedal rem & fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem ball joint dan penutup debu, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, dan alat pemadam api ringan.
Pada service ke-11, ada beberapa komponen mesin diganti seperti oli mesin. saringan oli mesin, busi, kemudian diperiksa juga sistem pendingin mesin, cairan pendingin mesin, cairan pendingin power control unit, baterai, saringan pembersih udara, saringan masuk pendingin baterai hybrid, kandungan CO/HC dan asap gas buang saat idle, tutup tangki bahan bakar, pipa saluran bahan bakar dan sambungan-sambungannya serta katup kontrol, penguapan bahan bakar serta charcoal canister.
Bagian sasis dan bodi juga perlu diperiksa seperti pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, pipa-pipa dan selang-selang saluran minyak rem, roda kemudi dan persambungannya, side slip, boot drive shaft, ball joint dan penutup debu, ganti minyak transmisi otomatis, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, ganti saringan air conditioner dan periksa kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara dan alat pemadam api ringan.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat