Pesaing Honda Brio, Toyota Agya 2023 berhasil diperkenalkan secara World Premiere di Tanah Air, Senin (13/2). Generasi kedua Agya yang diperkenalkan kali ini telah mengusung platform baru DNGA seperti yang digunakan Raize, Avanza dan juga Vios.
“Dynamic performace dengan penggunaan platform DNGA pada All New Agya yang diperkenalkan memiliki banyak manfaat. Seperti kenyamanan, keleluasan kabin dan lebih efisien,” ujar Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM).
Ditambahkan Henry, generasi kedua Agya ini nantinya akan dijual dalam dua model, standar dan GR Sport dengan pilihan transmisi manual dan otomatis D-CVT. Hingga berita ini diturunkan, pihak TAM belum merilis berapa harga resmi All New Agya. Namun begitu, pihaknya tetap akan menjual Agya 2023 dengan harga terjangkau.
“Khusus model GR Sport sedikit berbeda. Varian ini ditempatkan satu tingkat di atas Agya biasa. Untuk model satunya (Agya G) tetap membawa DNA Low Cost Green Car (LCGC) sebagai mobil hatchback dengan harga terjangkau, namun dari segi berkendara masih fun to drive dan menyenangkan seperti model GR Sport,” imbuhnya.
Baca juga: Disebut Mirip, Ini Perbedaan Dasbor Daihatsu Ayla 2023 vs Rocky vs Xenia
Secara tampilan Toyota Agya 2023 terlihat jauh lebih agresif dibanding model sebelumnya. Terlihat dari tampilan fasad mobil ini banyak mengimplementasikan garis tegas. Di bagian fascia Agya gen 2 dibekali lampu LED dengan bentuk pipih yang sekilas menyerupai Raize dan Avanza. Di dalam, headlampnya sudah dibekali dengan DRL LED model plasma yang terlihat begitu modis ketika menyala di sisi atas.
Tak hanya itu, kap mesinnya juga terlihat lebih lebar dan kekar berkat bentuk serta lekukan yang diterima. Untuk varian G dan GR Sport, grillnya menggunakan bentuk horizontal yang dibagi menjadi beberapa bilah. Sedangkan pada bumper disematkan DRL LED model vertikal.
Baca juga: Mending Pesan Toyota Agya 2023 atau Pilih Suzuki S-Presso?
Untuk varian GR Sport, Agya kini penampilannya lebih sporty. Hal ini terlihat dari bumpernya yang mana dibuat lebih add on dengan tambahan body kit serta side skirt. Bahkan bumper belakangnya pun sudah dilengkapi difusser.
Bicara lingkar roda, varian G disematkan velg alloy 14 inci berkelir silver model kipas yang dibalut ban berprofil 175/65. Tidak seperti Agya G, tipe GR Sport nya diaplikasikan velg alloy 15 inci two-tone yang diselimuti ban berukuran 185/55.
Agar lebih efisen namun memiliki performa tinggi, Toyota Agya untuk pasar Tanah Air kini menggunakan mesin baru.
“All New Agya pakai mesin baru. Mesinnya memakai kepunyaan Raize,” kata Henry.
Dimas Aska selaku Interactive Head of Public Relation PT TAM mengatakan, untuk Indonesia Agya tidak ada varian 1.0L.
“Kalau mesin pakai kepunyaan Raize yang 1.2L. Secara model dan strutktur sama. Hanya tunning yang berbeda disesuaikan dengan karakter mobil dan kebutuhan,” ucapnya kepada Autofun Indonesia.
Dengan begitu All New Toyota Agya dibenamkan mesin berkodekan WA-VE 3 silinder segaris, 12 valve berteknologi DOHC, Dual VVT-i dengan kubikasi 1.198 cc. Jantung pacu ini sanggup memeras tenaga 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm pada putaran 4.500 rpm.
“All New Agya merupakan mobil perkotaan yang dituntut untuk gesit dan lincah. Untuk itu akselerasinya akan bermain pada putaran bawah,” tutup Henry.
Baca juga: Toyota Agya 2023 Diperkenalkan Hari Ini, Apa Saja yang Berubah?
Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Agya ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten