Di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023, Suzuki menghadirkan Grand Vitara terbaru untuk pasar otomotif nasional. Menariknya, Suzuki Grand Vitara kali ini ternyata sudah dibenamkan mesin hybrid.
Seperti diketahui, mesin hybrid sendiri merupakan salah satu produk elektrifikasi, yang dianggap paling tepat untuk kondisi otomotif saat ini. Nah, mobil hybrid juga disebut-sebut ramah lingkungan karena jantung pacunya memiliki kombinasi antara mesin berbahan bakar bensin dan juga mesin bermotor listrik bertenaga baterai.
Adapun selama IIMS 2023, selain Suzuki Grand Vitara, ada juga beberapa mobil mesin hybrid yang tak kalah canggih. Nah mau tahu apa saja mobil hybridnya, berikut ulasannya.
Baca juga: 11 Mobil Listrik di IIMS 2023, Mana yang Paling Canggih?
Di ajang IIMS 2023, di jajaran elektrifikasi Mitsubishi memiliki Outlander PHEV, yang sejatinya sudah ada sejak tahun 2019. Mobil ini memadukan baterai, motor dan juga mesin gasoline 2,4 L. Mitsubishi Outlander PHEV dilengkapi teknologi elektrik yang terintegrasi dengan tiga mode berkendara: EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.
Di atas kertas, mobil ini memiliki tenaga maksimal 132 hp dan torsi puncak 211 Nm. Mesin tersebut bukan untuk menggerakkan roda melainkan hanya untuk menjaga daya baterai tetap terisi dan masing-masing as roda terhubung pada motor listrik yang berbeda.
Adapun roda depan digerakkan oleh motor listrik yang mampu menghasilkan daya 60 kw atau setara 80,4 hp dan mampu memiliki daya jelajah 45 kilometer. Sedangkan roda belakang digerakkan oleh motor listrik berdaya 70 kw atau sekitar 93 hp. Menariknya, Mitsubishi Outlander PHEV juga bisa dimanfaatkan sebagai genset listrik dalam kondisi darurat, dengan kapasitas baterai 13.800 watt atau 13,8 Kwh.
Mobil hybrid yang juga ada di IIMS 2023 yaitu Nissan Kicks e-Power. Mobil dibekali mesin bensin berkapasitas 1.198 cc, DOHC, 12 katup, 3 silinder, yang dilengkapi motor listrik dengan menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 2,06 kWh.
Diinformasikan, mesin dan baterai tersebut menghasilkan daya 134 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 280 Nm pada 5.000 rpm.
Nissan Kick e-Power juga sudah dilengkapi berbagai fitur, seperti Smart Rear View Monitor (SRVM), dan Advance Driver Assistance System (ADAS) diantaranya: Lane Departure Warning (LDW), Around View Monitor (AVM) with Moving Object Detection (MOD), Forward Emergency Braking (FEB), Forward Collision Warning (FCW), Cruise Control (CC), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC), dan lainnya.
Selama IIMS 2023, Toyota jadi paling banyak menghadirkan mobil hybrid, mulai dari Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid dan juga yang terbaru Toyota Kijang Innova Zenix hybrid dan Corolla Cross GR Hybrid.
Nah, kali ini kami hanya akan membahas dua saja yaitu Toyota Kijang Innova Zenix hybrid dan Corolla Cross GR Hybrid. Karena keduanya, tergolong baru.
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, sejatinya generasi ketujuh Kijang yang sudah menggunakan platform TNGA, GA-C yang membuat mobil ini jadi lebih rigid, bobot lebih ringan, kabin lebih kedap.
Untuk jantung pacu Toyota Kijang Innova Zenix mesin Hybrid, tipe ini dibenamkan mesin dengan kode M20A-FXS, 4 cylinder, in-line, 16 Valve DOHC, Chain Drive Dual VVT-I, berkapasitas 1.987 cc, Direct Injection, Port Injection D-45 System, dengan kompresi 14,0:1, serta baterai hybrid Ni-MH yang dibenamkan di bawah kedua jok depan.
Adanya mesin tersebut, membuat tenaga yang dimuntahkan mencapai 152 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 19.1 kgm pada 4.400-5.200 rpm. Sedangkan dengan adanya motor listrik, maka ada tambahan daya 113 Ps dan torsi 21 kgm. Alhasil, total inpunya mencapai 186 PS.
Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Mulai Dikirim ke Berbagai Negara, Pasokan untuk Indonesia Aman?
Toyota Corolla Cross GR Hybrid merupakan anak baru, karena resmi meluncur di IIMS tepatnya pada 16 Februari 2023. Diketahui mobil ini dibekali mesin 2ZR-FXE 1.798 cc, 4-silinder, DOHC dengan teknologi VVT-i bertenaga 96 Hp pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 Kgm pada 3.600 rpm.
Nah, jika menggunakan motor listrik, daya yang dikeluarkan mampu menghasilkan 71 Hp dan torsi 16,6 Kgm. Kombinasi tenaga keduanya disalurkan ke roda depan lewat transmisi CVT.
Corolla Cross GR Hybrid juga tersedia driving mode untuk memilih EV (Electric Vehicle) untuk berkendara halus tanpa bensin dan zero emission, ECO untuk mengemudi hemat bensin, dan SPORT untuk memaksimalkan seluruh potensi daya yang dimiliki.
Suzuki Ertiga Hybrid secara resmi diluncurkan pada Juni 2022, dimana perusahaan berlogo huruf S ini disebut menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Dengan teknologi SHVS, mobil ini mengandalkan dua komponen utama pada mesin, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery 6Ah 12V. Kedua komponen ini terintegrasi dengan mesin bensin berkode K15B 1.462 cc 4 silinder 16 katup.
Dengan teknologi tersebut, maka membuat mesin bensin mati sesaat ketika mobil berhenti, misalnya di lampu merah atau kemacetan. Jangan khawatir AC, radio, atau sistem kelistrikan lainnya mati ketika mesin bensin tak bekerja. Karena pada kondisi mesin bensin mati itulah pasokan daya listrik datang dari baterai 6Ah 12V yang diletakkan di bawah jok penumpang depan.
Pada prinsipnya, teknologi yang dibenamkan pada Suzuki Grand Vitara 2023 ini mirip dengan Ertiga Hybrid. Untuk jeroan pacu, Grand Vitara memboyong mesin K15C Dual Jet bertenaga 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm, dan dikencani oleh transmisi otomatis 6-speed.
Ffitur keselamatan pada mobil yaitu 6 airbag, Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Hill Hold Control. Selain itu, ada juga kamera 360 camera, rear parking camera serta parking sensor.
Baca juga: Lewat Ertiga dan Grand Vitara, Suzuki Terus Edukasi Teknologi Elektrifikasi di IIMS 2023
Wuling juga punya teknologi hybrid yang disematkan pada Wuling Almaz hybrid yang diluncurkan pada November 2022 lalu. Wuling Almaz Hybrid dibekali mesin 2.0 liter non turbo yang bersanding dengan motor listrik. SUV ini mengaplikasikan Multi-mode Hybrid Performance yang terdiri dari EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel.
Secara garis besar, teknologi hybrid di Almaz RS ini bisa bekerja menggunakan mode full elektrik atau bersinergi dengan mesin bensin serupa dengan milik Honda CR-V Hybrid saat GIIAS 2022. Dengan mesin hybrid, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 121 Hp dan torsi 168 Nm yang dikombinasikan dengan motor listriknya menghasilkan tenaga puncak 173 Hp dan torsi maksimal 320 Nm.
Wuling Almaz Hybrid juga mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 1,8 kWh. Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi listrik dari baterai Ternary Lithium.
Dalam mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator. Performa maksimal dihasilkan pada mode Hybrid Parallel dimana mesin bensin dan motor listrik beroperasi untuk membuat daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara otomatis menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5
45.271 km
4 tahun
Jakarta
2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4
28.559 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5
28.043 km
4 tahun
Java East
2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5
35.681 km
3 tahun
Jakarta
2018 Mazda CX-9 2.5
53.282 km
5 tahun
Jakarta