5 Kelemahan Jok Racing di Mobil Harian, Petuah Buat Kamu yang Pengen Terlihat Keren

Bagi kalangan anak muda, banyak yang ingin tampil keren dengan cara memodifikasi mobil ala balap. Tak cuma pasang body kit, interiornya juga ikut dirombak dengan memasang jok racing. Ada yang memasang jok balap, tapi ada juga yang memasang jok ala balap alias semi bucket.

Banyak sekali pemilik mobil harian yang memasang jok racing demi sebuah tampilan.Tentu ada perbedaan mendasar antara jok racing untuk keperluan balap dengan jok ala racing untuk pemakaian harian, yang punya ketebalan busa yang berbeda. 

Baca juga:

Lima Fitur Mobil yang Jarang Dipakai, Siapa yang Butuh Pemanas Kursi di Sini?

Alasan Kenapa Bucket Seat Mobil Sport Dipakai Jadi Kursi Pemain Cadangan Klub Eropa

Soal jok balap ini juga ada beberapa perbedaan mendasar, mulai dari fitur hingga soal kenyamanan untuk berkendara. Bagi kalian yang berniat memasang jok racing untuk mobil harian, sebaiknya ketahui beberapa kelemahan mendasar dari jenis kursi tersebut.

Dengan begini, kalian jadi tidak menyesal karena aspek kenyamanan yang berbeda jauh ketimbang jok standar atau semi bucket. Berikut ini 5 kelemahan jok racing asli yang mungkin cuma kelihatan keren.

1. Desain Jok Balap Full Bucket yang Membekap Tubuh

Hal pertama yang harus kamu ketahui soal jok balap, ialah desainnya yang full bucket. Tujuannya, untuk menjaga posisi badan tidak bergeser ketika mobil bermanuver di kecepatan tinggi. Desainnya menyatu hingga headrest, sehingga pada posisi tertentu tidak merasa nyaman.

Bentuk head rest yang paten akan membuat kepala kita kurang mendapat sandaran, karena sebenarnya rancangan awal seperti ini untuk pengemudi yang memakai helm balap. Lebih lanjut, jok racing asli akan kehilangan kenyamanan sebab busa yang ada sangat minim untuk mengejar bobot yang ringan.

Dua aspek tadi membuat kurang cocok untuk mobil harian dan tidak nyaman untuk perjalanan jauh yang butuh posisi berkendara rileks. Alternatifnya, kalian bisa memilih jok untuk racing harian seperti misalnya Recaro LX.

2. Jok Racing Tidak Bisa Reclining atau Diatur Posisi Sandarannya

Jok balap dibuat agar dapat menahan pengemudi dari g-force yang kuat, selain itu bucket seat sandarannya tidak bisa di atur posisinya dengan instan. Bayangkan kalau kalian memakai jok balap ini dalam waktu lama, pasti punggung bisa cepat pegal karena sandaran yang model paten. 

Jadi kalau kalian ingin kursi ala-ala balap tapi tetap digunakan untuk harian, ambil saja semi bucket seat. Bentuknya tetap ada sedikit pelukan dan kadang masih ada handle untuk setelan reclining.

3. Penampilan Interior Agak Kontras Antara Kursi Depan dan Belakang

Umumnya mobil balap atau mobil dengan karakter sport memiliki konfigurasi 2 kursi. Sementara itu, mobil produksi massal untuk masyarakat umum setidaknya punya layout dua baris, dimana kursi belakang untuk penumpang. Permasalahannya bila kita memakai jok balap, maka hanya bisa untuk kursi depan.

Artinya, kursi belakang tetap kita biarkan standar dan ini jelas membuat penampilan interior sedikit aneh. Sebab kursi depan bergaya sport sedangkan kursi belakangnya masih standar.

4. Jok Full Bucket Membuat Pergerakan Jadi Tidak Leluasa

Racing seats diciptakan dengan maksud mengurangi beban mobil dan "membekap" pembalap saat mobil melaju dengan kencang. Hal ini bertujuan agar badan pembalap tidak terhempas ketika mobil bermanuver. Apabila racing seat dipakai harian, bakal menyulitkan kita dalam pergerakan badan.

Untuk itu, lebih disarankan versi daily dengan bentuk semi bucket seperti Recaro LX atau N-Joy. Desainnya yang tidak membekap akan memudahkan kita jika melakukan kegiatan di dalam mobil. Misalnya ambil sesuatu di jok belakang, dan sebagainya.

5. Jok Balap Full Bucket Tidak Nyaman Untuk Perjalanan Dalam Waktu Lama

Hal yang cukup jelas dari rancangan jok balap ialah bobotnya yang ringan. Konsekuensinya ialah busa jok ini tipis meski secara konstruksi lebih lebar daripada jok bawaan mobil. ALas duduk yang keras dan sandaran terlalu tegak membuat pengemudi gampang lelah bila berkendara jarak jauh atau durasi yang cukup lama.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Jurus Jitu 6 Tahun Wuling Konsisten Manjakan Selera Konsumen di Indonesia

Enam tahun jelas bukan perjalanan singkat bagi Wuling Motors di Indonesia. Terlebih punya pekerjaan rumah besar mengubah stigma negatif yang sempat melekat di pikiran masyarakat akan mobil Tiongkok. Tapi siapa sangka dalam kurun waktu enam tahun Wuling di Indonesia justru mampu membuktikan produknya sanggup bersaing dan menjadi andalan konsumen di Tanah Air. Baca juga: Masuk Tahun Keenam, Wuling Buktikan Merek China Sukses Pikat Masyarakat Indonesia Selama kiprah Wuling di Indonesia, Brand and M

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil