Pernah mengalami AC mobil tiba-tiba tidak dingin saat mobil diajak pergi keluar kota atau berkendara cukup lama? Bisa jadi itu masalah AC yang membeku atau ngefrost.
Perlu diketahui dalam sistem AC mobil terdapat cairan fluida yang dinamakan freon. Gas ini mengalir dari kompresor, kondensor hingga ke evaporator yang ada di bawah dashboard yang selanjutnya dihembuskan oleh kipas blower.
Aliran freon bertekanan berjalan dari satu bagian ke bagian lain melalui pipa yang terbuat dari alumunium. Dalam kondisi normal, saat AC dinyalakan pipa bagian atas yang terletak di ruang mesin akan dingin dan berkeringat. Jika ditemui kasus pipa membeku atau diselimuti es, itu merupakan kejadian tidak normal.
“Pipa AC membeku atau ngefrost bisa dipastikan ada yang tidak normal. Kejadian seperti ini bisa disebabkan beberapa hal. Biasanya masalah di evaporator yang mampet. Kalau di Honda Jazz, Nissan Livina terus X-Trail, bisa jadi penggunaan evaporator bukan ori (asli) nya,” ujar Joko, pemilik bengkel New ESA AC Mobil yang terletak di Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur kepada Autofun Indonesia.
Baca juga: AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain!
Ditambahkan Joko, AC mobil yang membeku saat suhu berada di bawah 4 derajat celcius ketika diukur menggunakan thermometer.
“Umumnya AC dengan suhu normal berada di angka 5 sampai 7 derajat celcius. Di bawah itu bisa dipastikan membeku pada pipa dan evaporator. Evaporator yang bermasalah tersebut karena mampet atau tidak ori sehingga membeku, membuat blower kipas tidak bisa menghembuskan udara sejuk ke kabin sehingga semburan AC yang keluar dari kisi-kisi terasa kecil dan tidak dingin,” katanya.
Baca juga: Suka Bikin Tenaga Kedodoran, Ini Alasan AC Mobil Kadang Perlu Dimatikan Saat Jalan Menanjak
Selain mengganti evaporator, terdapat cara lain yang lebih terjangkau untuk membuat AC mobil kembali dingin meski dipakai jarak jauh atau dikendarai dalam waktu cukup lama.
“Alternatif murahnya bisa menambahkan thermostat AC. Ini cara yang paling gampang. Untuk pemasangan thermostat sendiri memakan biaya Rp250 ribu,” imbuhnya.
Thermostat sendiri bisa diatur secara manual sesuai dengan keinginan mau di suhu berapa derajat untuk memutuskan aliran listrik ke kompresor. Adanya thermostat tambahan ini mencegah AC mobil membeku.
“Misalkan setel putus (cut off) kompresor di angka 5 derajat celcius bisa dipastikan evaporator dan pipa tidak akan membeku,” tutupnya.
Baca juga: 7 Hal Sepele Penyebab AC Mobil Cepat Rusak, Ada yang Gak Sadar Sering Kita Lakukan
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta