Kerusakan pada kaki-kaki bagian depan mobil yang menimbulkan suara saat melewati jalan rusak, serta sistem kendali tidak stabil bisa saja disebabkan dari ball joint dan karet support. Bukan hanya itu, bushing, link stabilizer serta tie rod yang melemah juga bisa menjadi penyebabnya.
Untuk mengetahui bagian yang rusak, kalian disarankan untuk datang ke bengkel spesialis kaki-kaki. Namun sebelum mengunjungi bengkel ada baiknya ketahui bagian mana yang sekiranya sudah melemah.
Tie rod sendiri merupakan salah satu komponen yang sangat krusial pada mobil. Benda ini memiliki peran untuk menstabilkan gerak mobil dan membelokan ban sesuai dengan arah yang dituju.
Selain menstabilkan gerak dan membelokan ban, tie rod dibagi dua menjadi dua, yakni Toe-in dan Toe-out. Dengan adanya selisih toe ini, jarak pada roda depan mobil lebih teratur sehingga roda dapat berjalan secara stabil dan meminimalisir keausan ban yang tidak merata.
Baca juga: Mobil Pekerja Keras atau Cuma Dipakai Weekend Tetap Harus Rutin Ganti Oli, Ini Alasannya
Bunyi berdencit saat setir dibelokan merupakan salah satu gejala rusak atau lemahnya tie rod. Bunyi tersebut disebabkan oleh grease atau gemuk yang habis sehingga menyebabkan karet sobek.
Karet sobek serta grease yang habis tersebut mengakibatkan gesekan lebih besar pada tie rod sehingga muncul suara dencitan.
Hal yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui apakah tie rod lemah yaitu putar naik turun tie rod saat mobil berhenti. Dalam kondisi normal, tie rod akan sulit diputar naik-turun. Apabila cara tersebut bisa kalian lakukan, bisa dipastikan kondisi tie od sudah tidak baik.
Baca juga: 8 Cara Agar Kucing Tidak Naik ke Atas Mobil, Biar Bodi Gak Lecet-lecet
Jika kalian merasakan getaran kuat pada setir saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, ini bisa jadi salah satu indikasi tie rod mobil bermasalah. Apabila gejala tersebut bisa kalian rasakan pada mobil kesayangan, ada baiknya segera lakukan perbaikan karena selain tidak nyaman tentunya sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.
Cara lain yang bisa dilakukan guna mengetahui kerusakan pada tie rod yakni posisi setir ketika jalan lurus. Umumnya saat jalan rata tanpa berbelok, setir juga dalam kondisi lurus.
Jika ditemui posisi setir cenderung condong ke salah satu arah atau tidak presisi atau tidak berada pada posisi center, maka kondisi tie rod harus kalian curigai. Bisa jadi masalah tersebut diakibatkan tie rod yang mulai melemah. Apabila mengalami kejadian seperti itu, ada baiknya ganti tie rod dan lakukan spooring supaya setir tidak lari dengan sendirinya serta menjaga keawetan ban.
Baca juga: 7 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Ingin Pasang Head Unit Aftermarket
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta