Mazda merupakan pabrikan otomotif yang selalu pakai filosofi-filosofi menarik saat membangun sebuah mobil.
Termasuk filosofi Jinba-Ittai yang ternyata sudah dipakai sejak tahun 1989 saat Mazda merancang MX-5 generasi pertama.
Baca juga: Kemenperin Lobi Mazda Supaya Bikin Pabrik Mobil Listrik di Indonesia
"Filosofi Jinba-Ittai sudah menjadi ideologi yang sangat dikenal khususnya bagi pecinta dan pemilik mobil Mazda. Jinba-Ittai merupakan value yang kami selalu komunikasikan, karena produk Mazda lahir dari para Takumi Jepang dan serat dengan filosofi yang sangat menarik untuk selalu diceritakan kepada konsumen," jelas Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia melalui keterangan tertulisnya.
Baca juga: Mazda CX-60 2023 Segera Meluncur di Indonesia, Lebih Mewah dari Fortuner dan Pajero Sport
Menurut Ricky, ideologi Jinba-Ittai berkembang selama tiga generasi, mengubah pengalaman berkendara dan memikat para penggemar mobil di seluruh dunia.
Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi.
Penciptanya adalah Tetsu Kasahara, Asisten Manajer Departemen Pengembangan Dinamika Chassis, Divisi Pengembangan Kendaraan, yang dipercaya untuk membentuk Mazda MX-5 generasi pertama.
Pada tahap awal, Kasahara mengalami momen transformatif saat mengemudikan prototipe mobil tersebut karena ia merasakan kesatuan yang utuh dengan mobil yang dikendarainya.
Istilah Jinba-Ittai awalnya dikenal sebagai Jinsha Ittai, yang berarti kesatuan antara ikatan gigih antara kuda dan penunggangnya.
Rekayasa tanpa henti yang dilakukan Kasahara bukan untuk kecepatan semata di trek tetapi untuk menciptakan rasa kegembiraan yang unik untuk mengendarai mobil convertible.
Karenanya dia menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan sasis, mengemudikan prototipe berulang-ulang di Miyoshi Proving Ground, dan mengumpulkan data berharga untuk kemudian dengan cermat menyempurnakan penerapannya ke mobil tersebut.
Baca juga: Mazda Segera Punya Pabrik di Indonesia dengan Kualitas Setara Jepang
Selain Kasahara, Yasuyoshi Mushitani, Technical Leader Chassis Dynamics Mazda juga memainkan peran penting dalam mengembangkan konsep Jinba-Ittai.
Bergabung dengan Mazda pada tahun 1988, di bawah bimbingan Kasahara, Mushitani mempelajari seluk-beluk suspensi dan dinamika sasis.
Melanjutkan warisan tersebut, Hiroshi Kawata, Asisten Manajer Dinamika Chassis, Departemen Pengembangan, Divisi Pengembangan Kendaraan Mazda, mengambil tongkat estafet untuk memperkenalkan Jinba-Ittai ke dalam MX-5 saat ini.
Proses pengembangan sasis yang dinamis inilah yang menjadi daar filosofis Jinba-Ittai, seperti yang dikatakan Mushitani, "Selama 25 tahun sensasi manusia tidak berubah, mobil yang sinkron dengan pengemudinya seperti sensasi seseorang menggunakan sarung tangan".
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Mercedes-Benz C 300 AMG 2.0
28.856 km
4 tahun
Banten
2019 Honda MOBILIO E 1.5
18.533 km
4,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5
18.936 km
2 tahun
Banten
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat