Mitsubishi Xpander Cross (Spesifikasi | Berita) facelift diluncurkan melalui ajang GIIAS 2022. Selain mendapat improvement di bagian penampilan, Low SUV 7-seater ini juga memperoleh sejumlah fitur terbaru yang sekaligus memberikan pengalaman berkendara semakin nyaman dan aman.
Bila dibandingkan dengan model sebelumnya yang dirilis pertama kali pada November 2021, generasi facelift Xpander Cross kini jadi lebih atraktif, agresif sekaligus prestisius.
Pada fascianya menggunakan distinctive trapezoid grille, dan untuk lampunya pun berubah dengan mengaplikasikan T-Shape Headlamp. Bukan cuma itu, foglampnya sudah menganut teknologi LED, serta bumper yang dibuat lebih berotot.
Bergeser ke bagian samping, untuk lingkar roda disematkan berupa velg alloy 17 inci two-tone dengan desain lebih sporty. Ubahan lainnya terlihat pada wheel arch, serta side moulding.
Untuk buritannya Xpander Cross 2023 juga memperoleh ubahan pada stoplamp yang mana kini jadi terlihat lebih modern dengan penggunaan LED plasma.
Disebut-sebut cocok untuk keluarga muda yang gemar berpetualang, untuk membuktikan ketangguhan New Xpander Cross kali ini kami mencoba membawanya menuju dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.
Rute yang dilalui tentunya beragam mulai dari jalan yang rata hingga naik-turun halus dan berbatu. Menuju ke sana, kami dengan sengaja melewati tanjakan yang viral, yakni Tol Kahyangan Bawang-Dieng, Bawang, Batang, Jawa Tengah.
Diawali dari Batang, via jalur Deles-Bawang, jalan yang dilalui dominan halus cor beton membelah pegunungan Dieng dengan menyuguhkan pemandangan indah.
Meski transmisi matic New Xpander Cross kini menggunakan teknologi CVT, dari segi berkendara saat melewati tanjakan Krakalan dengan tingkat kemiringan cukup curam, mobil ini terasa mudah dan responsif. Terlebih dengan adanya traction control pada mobil ini memudahkan kami menanjak tanpa harus kehilangan grip.
Baca juga: 5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh
Keunggulan lainnya yang kami rasakan dari New Xpander Cross yakni memiliki kekedapan kabin yang cukup baik. Suara bising dari kendaraan lain di luar mampu diredam termasuk juga gesekan antara permukaan ban dengan aspal.
Tak hanya itu, dari segi berkendara lainnya mobil ini juga terasa ergonomis. Seperti yang kami rasakan di belakang console tengahnya terdapat arm rest dengan material kulit empuk. Bukan cuma itu, tepat di depan arm rest juga terdapat dua buah cup holder yang memudahkan kami untuk menaruh botol.
Hebatnya mobil ini sudah dilengkapi dengan wireless charging yang memudahkan kami hanya dengan meletakan smarpthone di bawah center cluster untuk melakukan pengecasan. Oh iya, New Xpander Cross juga dibekali tilt & telescopic serta pengaturan jok beberapa arah untuk mengatur posisi berkendara nyaman.
Pada New Xpander Cross, Mitsubishi Indonesia juga melakukan ubahan pada sistem suspensinya. Seperti yang diketahui untuk suspensi depan dan belakang mobil ini mendapatkan upgrade dibanding model sebelumnya dengan menggunakan shock absorber atau suspensi kepunyaan Pajero Sport yang mempunyai katup berperforma tinggi.
Dengan penggunaan suspensi Pajero Sport, yang kami rasakan saat dipacu dalam kecepatan tinggi serta mendahului kendaraan didepannya mobil ini terasa stabil. Selain itu bantingan yang dihasilkan terasa empuk jauh berbeda dengan beberapa pesaing terdekatnya.
Penggunaan suspensi Pajero Sport, untuk gorund clearancenya New Xpander Cross jadi lebih tinggi mencapai 220 mm. Dengan permukaan jarak tanah ke kabin yang tinggi, kami juga merasa pede ketika melewat jalan berbatu di sekitaran wilayah Dieng.
Baca juga: Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023
Kehebatan lain pada New Xpander Cross mobil ini sudah dibekali Active Stability Control (ASC) dan Active Yaw Control (AYC). Kami merasakan kedua fitur ini sangat membantu saat kami melakukan manuver dalam kondisi jalan menurun dengan kondisi tikungan cukup dalam.
Ketika melewati kondisi tersebut kami tidak sama sekali merasakan gejala oversteer maupun understeer.
Sebagaiamana fungsinya ASC secara otomatis bekerja mengontrol laju mobil saat bermanuver di jalanan licin sehingga tidak mudah tergelincir. Fitur ini akan otomatis menyala saat mobil dihidupkan dan bekerja berdasarkan perintah dari komputer atau ECU mobil.
Sedangkan AYC dapat menjaga performa dan kestabilan mobil saat menikung. Fitur AYC memastikan penggunanya tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan. Selain itu fitur ini membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika di jalan yang licin, sehingga meningkatkan rasa aman dan nyaman dalam berkendara.
New Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) Cross dibekali mesin berkode 4A91 MIVEC 1.499 cc 4-silinder segaris DOHC 16 valve yang dapat memeras tenaga hingga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm.
Mobil yang kami gunakan dipadukan transmisi CVT. Gearbox ini memiliki teknologi untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan.
Dari segi berkendara di jalan lurus maupun menanjak dan menurun terasa responsif serta perpindahan gigi otomatis yang halus.
Baca juga: 3 Kelemahan di Fitur Mitsubishi Xpander Cross yang Jarang Orang Tahu, Seberapa Mengganggu?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2019 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
34.811 km
4,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
36.463 km
4,5 tahun
Java East