Dengan kondisi lalu lintas yang selalu ramai di kota besar, kebutuhan mobilitas masyarakat menuntut suatu kendaraan yang lincah dan minimalis. Bagi kalian yang ingin naik kelas dari pengguna sepeda motor metik bongsor, tak ada salahnya melirik city car seperti Suzuki Splash bekas.
Pasalnya, harga Suzuki Splash bekas relatif terjangkau yaitu masih di kisaran Rp70-100 juta. Secara ukuran, Splash ini cocok untuk mobilnya keluarga kecil berjumlah empat orang.
Sebagai City Car, Splash ini siap digunakan sebagai kendaraan tempur pemiliknya. Ukurannya yang mungil membuatnya leluasa bermanuver di kepadatan lalu lintas kota besar.
Baca juga:
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Splash, Pantaskah untuk Dimiliki?
Harga Bekas Suzuki Splash dan Toyota Etios Valco Bersaing, Mana yang Paling Pas untuk Dipilih?
Dalam sejarahnya, Suzuki Splash ini diciptakan sebagai mobil perkotaan bagi masyarakat Eropa. Mobil ini diluncurkan secara global pada 2007 pada event Frankfurt Motor Show.
Kemudian, Splash dikembangkbiakkan di India untuk pasar Asia. Mobil mungil ini baru masuk ke Indonesia pada Maret 2010 yang langsung diimpor dari India hingga kiprahnya selesai pada 2015.
Lantas, apa sih alasan lain mengapa kalian pengguna skutik bongsor 150 cc perlu upgrade ke roda empat seperti Suzuki Splash ini? Berikut uraiannya.
Pertimbangan utama saat orang berburu mobil perkotaan selain soal ukuran yang imut ialah desainnya. Bicara dimensi, Suzuki Splash memiliki ukuran panjang 3.715 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.618 mm. Desainnya bukan yang paling kekinian tapi tidak bisa disebut usang.
Kalau kita lihat sepintas, siluet Splash ini mirip seperti Ignis versi membulat. Karena awalnya dikembangkan di Eropa, membuat Splash desainnya condong ke gaya elegan dan modis. Ini karena konsep pengembangan Splash berdasarkan masukan konsumen Eropa yang membutuhkan mobil yang ringkas, dinamis, dan berfitur mewah untuk menunjang kenyamanan berkendara.
Sisi depan langsung berhadapan dengan headlamp besar memakai kaca kristal bening. Lebih lanjut, desain grill dan bumpernya sekilas mirip seperti Suzuki Ertiga generasi pertama. Kemudian di bagian kaki-kaki, Suzuki Splash menggunakan velg berukuran 15 inci yang proporsional untuk disematkan pada mobil kecil.
Splash membawa ciri khas Suzuki yaitu atap yang cukup tinggi seperti pada Karimun atau Karimun Wagon R. Aspek yang satu ini soal selera, karena bagi yang tidak suka tentu melihatnya tidak proporsional antara lebar dan tinggi kendaraan.
Dampak dari desain atap tinggi ini bisa dirasakan pada kabinnya yang terkesan luas. Pandangan pun jadi leluasa karena headroom yang lega.
Kemudian untuk rancangan posisi kursi terhadap lantai terbilang cukup tinggi, serasa lupa sedang menaiki mobil MPV. Keleluasaan kabin turut ditunjang dari wheelbase berukuran 2.360 mm yang cukup panjang.
Hal lain yang membuat suasana kabin Splash ini cukup unik ialah karena mobil ini dibangun dari platform yang sama seperti Swift. Splash dirancang dengan dashboard yang ergonomis, mudah terjangaku oleh tangan. Semakin praktis lagi karena Splash menyediakan laci tambahan di bagian tengah atas serta laci berukuran besar di dashboard sisi penumpang.
Desain dashboard dan panel instrumen di mobil mungil ini juga tak biasa. Panel speedometer dan tachometernya terpisah, dimana tachometernya ada di sisi atas dashboard sisi pengemudi dengan panel tersendiri. Tachometer yang terpisah ini membuatnya terlihat sporty ala mobil balap.
Untuk sumber tenaganya, Suzuki Splash dibekali mesin bensin berkode K12M DOHC 4-silinder segaris Multi Point Injection (MPI) berkapasitas 1.197 cc. Menurut data dari Suzuki, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 85 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 113 Nm @ 4.500 rpm.
Untuk transmisinya, Splash ditawarkan dalam dua opsi, manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Dengan torsi yang lumayan berbanding dimensi kendaraan yang mungil, membuat mobil ini responsif pada tarikan bawahnya. Tak heran jika Splash terasa begitu lincah ketika membelah kemacetan di kota-kota besar.
Soal aftersales juga tak perlu cemas, karena Suzuki merupakan merek otomotif yang dikenal dengan layanan purna jual yang baik dan jaringan purna jual yang luas.
Pada umumnya mobil perkotaan didukung suspensi berkarakter stiff agar tidak limbung ketika bermanuver. Namun berbeda cerita dengan Splash, yang sangat nyaman ketika melewati jalan bergelombang.
Suzuki Splash menganut suspensi MacPherson strut dan torsion beam di roda belakangnya. Untuk suspensi ini disebut terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi terlebih ketika melakukan manuver.
Meskipun harga bekasnya terjangkau, tapi soal fitur di Suzuki Splash relatif lengkap untuk sebuah city car. Suzuki membekali mobil ini dengan Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS+EBD, ISOFIX, kerangka Total Effective Strength Structure (TESS) yang diklaim mampu membuat kendaraan menjadi lebih aman. Oh iya, untuk fitur keamannya Suzuki Splash sudah dilengkapi dengan immobilizer & alarm.
Untuk kenyamanan, ada Power Outlet 12V/120W, Keyless Entry plus Start/Stop Engine Button, dan Auto Climate AC with Heater. Fitur hiburannya masih standar mobil era 2010 yang masih memakai head unit 2DIN non touch screen. Head unit bawaannya mendukung format audio radio, CD, MP3, & USB, serta switch control steering. Fitur kenyamanan lainnya pun sudah dilengkapi AC dan power window.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5
15.040 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Toyota AVANZA G 1.3
12.529 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta